Doa Panjang Umur, Sehat badan, Terang Hati, Tetap iman & Banyak rezeki

3 min read

Doa Panjang Umur, Sehat badan, Terang Hati, Tetap iman & Banyak rezeki

Doa Panjang Umur, Sehat badan, Terang Hati, Tetap iman & Banyak rezeki – Para pembaca yang baik hati yang yang dirahmati Allah. Pada halaman ini Fiqih.co.id akan menuliskan Doa panjang umur. Selain dari panjang umur juga minta rezeki lapang. Lengkapnya antum baca hingga selesai di bawah ini.

Doa Panjang Umur, Sehat badan, Terang Hati, Tetap iman & Banyak rezeki

Setiap kita tentunya menginginkan umur panjang. Sesungguhnya usia Bani Adam itu telah ditentukan Allah. Doa itu adalah otaknya ibadah dan itu perintah Allah, setidaknya jika kita sudah berdoa maka tentuny mempunyai nilai ibadah dui sisi Allah.

Mukadimah

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بِسْمِ اللهِ الحَمْدُ للهِ العالمين، وَهُوَ أَمَرَ عَلَيْنَا أَنْ نَّدْعُوَ إِلَيْهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ،   اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ:  أَمَّا بَعْدُ

Segala Puji milik Allah. Al-hamdulillahi robbil-‘aalamiin,  Ia telah memerintahkan kita semua agar berdoa kepada-Nya. Shalawat serta Salam mudah-mudahan tetap tercurah ke kepada Nabi Agung Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Selanjutnya mari kita simak uraian dutadakwah tentang; Doa Panjang Umur, Sehat badan dan dilapangkan rezeki. Lebih lengkapnya baca uraian fiqih.co.id di bawah ini.

Panjang Umur

Allah sangat mencintai pada hamba-Nya yang selalu berdoa. Meskipun usia manusia itu telah ditentukan tapi tidak salah jika kita minta kepa-Nya panjang umur untuk beribadah kepada-Nya. Sebab jika kita diberi umur panjang dan perbanyak kebaikan di dalamnya tentu itu lebih baik dan lebih disukai Allah. Dalam sabda Rasulullah sebagai berikut;

BACA JUGA :  Doa Malaikat Jibril ketika nabi sakit, Ini bisa Buat Meruqiyah Diri kita

فَعَنْ أَبِيْ صَفْوَانٍ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُسْرٍ الْأَسْلَمِيِّ  قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: خَيْرُ النَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ، وَحَسُنَ عَمَلُهُ. رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ

Artinya: Dari Abu Sofwan, yaitu Abdullah bin Busr Al-Aslamiy ia telah berkat; Brsabda Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam; “Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan bagus amalannya. HR. Tirmidzi.

Sehat Badan

Kesehatan itu adalah anugerah Allah. Kita harus berusaha agar selalu mejaga kesehatan badan kita. Yang tidak kalah pentingnya adalah doa minta kesehatan fisik kepada Allah. Dengan doa dan usaha secara lahiriyah maka hasilnya In Syaa Allah akan lebih maksimal.

Terang hati

Hati yang terang bersinar akan menimbulkan kecerahan dalam segala hal. Hati yang gelap gulita itu tidak akan bisa menerima kebaikan. Oleh karena itu sangat perlu adanya terang hati dengan cahaya ilahi agar kita mudah menerima segala macam keabikan untuk ibadah. Kita bisa nyaman karena hati kita terang, kita akan selalu merasa susah dan sempit dalam khidupan jika hati kita gelap, oleh karena itu mintalah kepada-Nya agar diterangkan hati.

Tetap Iman

Ketetapan iman islam itu sang penting. Wallahu a’lam jika tidak ditolong Allah maka bisa tetapkah iman kita?, oleh karenanya mintalah kepada Allah agar ditetapkan iman. Panja umur, sehat badan, terang hati semua itu akan jadi sia-sia jika iman kita tidak tetap, yang pasti di akhirat akan merugi, na’udzu billah min dzalik.

Baiknya Segala amal

Apapun yang kita kerjakan jika tidak dapat hidayah Allah itu pasti akan menyimpang. Ketika kita sedang lapang misalnya, kebanyakan diantara kita banyak yang lupa kepada jalan kebaikan, oleh karenanya mintalah kepad robb kita agar selalu dibimbing dalam segala amal kita berada dalam amalan yang baik.

BACA JUGA :  Sayyidul Istigfar, Arab Indonesia Terjemah dan Keutamaannya

Lapang Rezeki

Siapa yang tidak ingin rezekinya lapang?, tentu semua kikta menginginkan lapangnya rizki. Sesungguhnya rizki itu bukan berbentuk harta saja, melainkan sehat badan dan pikiran tenang itu juga rizki yang luar biasa. Namun kebanyakan yang terlintas dalam pikiran kita bahwa yang dimaksudkan dengan rizki itu pada umumnya adalah uang dan semisalnya. Tidak ada yang  bisa memberi rizki kepada kita kecuali Allah. Maka mintalah kepada-Nya agar dilapangkan rizki.

Dekat kepada kebaikan

Kebaikan yang dimaksudkan di sini adalah kebaikan menurut Allah dan Rasul-Nya, bukan kebaikan menurut kita. Sebab menilai kebaikan itu kalau manusia yang menilainya tentu berbeda-beda, sebab terkadang ia menilainya hanya  berdasarkan pada pikirannya atau menurt nafsunya bukan menurut akalnya. Kita akan faham kebaikan itu jika Allah telah menganugrahinya kepada kita faham yang baik. Oleh karena itu mintalah kepada Allah agar kita senan tiasa didekatkan pada kebaikan.

Jauh dari Kejahatan

Kita semua tidak adak yang mampu menghindari dari sifat buruk dan jahat kecuali karena adanya pertolongan Allah Ta’ala. Dengan demikian mintalah kepada-Nya agar dijauhkan dari segala kejahatan.

Terpenuhinya segala kebutuhan

Siapa yang tidak ingin dipenuhinya segala keperluannya dalam hidup ini, Sesungguhnya tidak adak yang bisa memenubhi kebutuhan kecuali Allah lah yang maha bisa. Mintala kepada Allah supaya segala hajatnya dipenuhi baik hajat dalam agama, dunia maupun hajat di akhirat kelak.

Doa Panjang Umur

Dia dalam bacaan doa panjang umur ini sudah mencakup semua yang telah kami tuliskan di atas yaitu;

  1. Panjang Umur.
  2. Sehat Badan.
  3. Terang hati.
  4. Tetap Iman.
  5. Baiknya Segala amal.
  6. Lapang Rezeki.
  7. Dekat kepada kebaikan.
  8. Jauh dari Kejahatan.
  9. Terpenuhinya segala kebutuhan.

Doa Panjang Umur Buat Sendiri Tulisan Arab

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدَيْ وَنَوِّرْ قَلْبِيْ وَثَبِّتْ إِيْمَانِيْ وَأَحْسِنْ أَعْمَالَيْ وَوَسِّعْ رِزْقِيْ وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنِيْ وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنِيْ وَاقْضِ حَوَائِجِيْ فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Doa Panjang Umur Buat Sendiri Tulisan Indonesia

Allaahumma thowwil umriy, wa shohhih jasadiy, wa nawwir qolbiy, wa sabbit iimaaniy wa ahsin a’maaliy, wa wassi’ rizqiy, wa ilal khoiri qorribniy wa ‘anisy-syarri ab’idniy, waqdhikhawaa-ijiy fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

BACA JUGA :  Dzikir Sirr : Pahalanya setara dengan 35 juta Dzikir Lisan

Makna Doa Panjang Umur Buat Sendiri

Artinya :”Ya Allah, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, terangilah hatiku, tetapkanlah imanku, baikkanlah amalanku, luaskanlah rezekiku, dekatkanlah aku pada kebaikan dan jauhkanlah aku dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhanku dalam agama, dunia, dan akhirat. sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Panjang Umur Buat Umum Tulisan Arab

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Doa Panjang Umur Buat Umum Tulisan Indonesia

Allaahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhikhawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Makna Doa Panjang Umur Buat Umum

Artinya :”Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Panjang Umur, Sehat badan, Terang Hati, Tetap iman & Banyak rezeki
Doa Panjang Umur, Sehat badan, Terang Hati, Tetap iman & Banyak rezeki

Demikian Materi tentang; Doa Panjang Umur, Sehat badan, Terang Hati, Tetap iman & Banyak rezeki – Semoga bermanfaat buat pembaca dan kita semua. Abaikan saja materi ini jika pembaca meras tidak cocok. Wallahul-muwafiq. Wassalaamu ‘alaikum warahmutullaahi wa barakaatuh.