Doa Pulang Haji, Dibaca Oleh Masing-masing Jamaah

Diposting pada

Doa Pulang Haji, Dibaca Oleh Masing-masing Jamaah – Doa ini tidak juga kalah pentingnya bagi jamaah. Sebaik doa ini dibaca ketika mau pulang dan setelah sampai di kampung halaman masing-masing. Dalam Artikel ini fiqih.co.id akan menberikan satu materi mengenai “Doa Pulang Haji”. Lebih jelasnya silah baca uraian singkatnya di bawah ini.

Doa Pulang Haji, Dibaca Oleh Masing-masing Jamaah

Sebagaiman yang telah kami sampaikan pad artikel yang dulu dalam perihal doa. Untuk diketahui bahwa doa adalah mkhul daripada ibadah. Oleh sebab itu usaghakanlah sebisa mungkin untuk senantiasa berdoa kepada Allah dalam segala kondisi.

Jika Pembaca sependapat dengan kami, maka jangan tinggalkan berdoa, atau jangan sampai anti dengan doa meski mampunya hanya dengan bahasa daerah masing-masing.

Pengertian Doa Pulang Haji

Adapun Pengertiannyaadalah doa yang dibaca ketiak setelah ibadah haji selesai. Pualang dari tanah suci Makkah al-Mukarromah usai menunaikan Ibadah haji itu merupakan keniscayaan sesuai jadwal yang telah dijadwalkan oleh penyelenggara.

Untuk waraga negara Indonesia yang kami ketahui itu ada gelombang pertama dan ada gelombang kedua. Dan biasanya jika jamaah termasuk pada gelombang pertama, maka jamaah pulangnya dari Madinah setelah selesai menunaikan “Arba’in”. Sedangakan bagi jamaah yang gelombang ke dua itu pulang ke Indonesianya dari Makkah Al Mukarromah lewat Bandarai King Abdul Aziz Jeddah.

Unrtuk Jamaah Haji Khusus itu relatif bergantung pada travelnya. Dan di antranya ada istilah program awal dan program akhir. Adapun jadwal kegiatan sebelum miqat haji pada tanggal 8 dzu hijjah juga bergantung pada program PT. Tapi yang jelas dalam pelaksanaan obadahnya sama saja, yang membedakan hanya waktu dan fasilitas sesuai besaran tarif masing masing PT yang juga sesuai standar Pemerintah.

Kapan Doa Pulang Haji Dibaca

Doa ini ya sebenarnya tidak mesti dibaca hanya ketika pulang haji. Bacaan tersebut bisa dibaca kapan saja utamanya setiap pulang dari bepergian jauh.

Akan tetapi bila jamaah menghendaki meembaca doa ini, maka bacalah pada saat kita mau naik Bus dari Madinah menuju Bandara, atau kalau yang gelombang pertama dari Makkah Menuju Jeddah.

Kemudian nan setelah sampai di daerahnya masing-masing sebaiknya masuk dulu ke masjid, kemudian tunaikan shalat tahiyatal masjid dan shalat sunnah safar yakni ba’da safar, lalu setelah shalat sunnah panjatkan doa seperti biasa dan bacalah doa pulang dari haji.

Bacaan Doa Pulang Haji

Adapun lafadz doanya adalah sebagai berikut;

الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر، لااله الآ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. ءَائِبُوْنَ تَائِبُوْنَ  عَابِدُوْنَ سَاجِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ. صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأحْزَابَ وَحْدَهُ

Bacaan tulisan Indonesia;

Allohu-akbar, Allohu-akbar, Allohu-akbar. La-ialaha ilallohu wahdahu lasyarikalah, lahul-mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kuli syai-ing qodir. A-ibuna, ta-ibuna ‘abiduna, sajiduna, lirobina hamidun. Sodaqo wa’dah, wanasoro ‘abdah, wahazamal ahzaba wahdah.

Artinya: Allah Maha Besar 3x. Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, Tidadak ada sekutu bagiNya, milikNya segala kerajaan dan milikNya semua pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Semoga kami termasuk orang-orang yang kembali, orang ahli taubat, ahli ibadah, ahli sujud dan kepada Allah kami semu memuji, benar janjiNya, menolong hambaNya dan menghancurkan sendiri musuh-musuh-Nya.

"<yoastmark

Demikian ringkasan materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Doa Pulang Haji, Dibaca Oleh Masing-masing Jamaah – mudah mudahan materi ini bisa membantu. Mohon kiranya  bagi jamaah yang kurang sependapat dengan materi ini kami harap untuk diabaikan saja. Kami menuliskan materi ini hanya menyiapkan saudara kami yang memang benar benar memerlukan. Terimakasih atas kunjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq. Wal-‘afwu minkum.