Isim Masdar, Dhomir, Faa’il, Isyarah dan Tashripannya

2 min read

Isim Masdar, Dhomir, Faa’il, Israh dan Tashripannya

Isim Masdar, Dhomir, Faa’il, Isyarah dan Tashripannya – Bismillahir rohmaanir rohiim. Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh.  Al-hamdulillahi wa Syukru lillah laa haula wa laa quwwata illa billah wa shollallahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa aalihi wa shahbihi wa man tabi’ah wa ba’du.

Para santri yang kami banggakan semoga kaliant sehat dan tetap semangat belajar Aamiin. Pada kesampatan ini fiqih.co.id akan memberikan pelajaran lanjutan tentang Isim mashdar, Isim Dhomir, isim faa’il, isim isyarah dan tasripannya.

Isim Masdar, Dhomir, Faa’il, Isyarah dan Tashripannya

Isim Masdar ini adalah tasrip ketiga dari mauzun “ فَعَلَ يَفْعُلُ فَعْلًا ” pada tsulatsi mujarrod bab awal atau pada ; “ فَعَلَ يَفْعِلُ فَعْلًا dalam mauzun tsulatsi mujarrod bab dua yang muta’ad. Sedangkan isim isyarah ini tidak masuk pada bab tashrif yang 35 bab. Sebab isim dhomir ini mengikuti pada semuanya.

Isim Faa’il adalah kalimat isim yang terdapat pada tashrif yang setelah isim masdar seperti dalam wazan; “ فَعَلَ يَفْعُلُ فَعْلًا مَفْعَلًا فَعْلَةً فِعْلَةً فَهُوَ فَاعِلٌ ”.

Kemudian Isim Isyarah juga tidak masuk pada tasrif yang 35 bab tapi isim isyarah ini juga mengikutinya.

Tashrif Isim Masdar

Para santri yang kami banggakan, Tasrif isim masdar ini hanya sampai tiga tasripan. Hanya saja isim masdar ini ada bermacam masdar yaitu;

  1. Masdar Taukid seperti : “نَصْرًا”.
  2. Masdar Mimi seperti lafadz ; “مَنْصْرًا”.
  3. Isim Masdar marroh contoh : “نَصْرةً ”.
  4. Dan masdar Nau’ contoh; “نِصْرةً”.
BACA JUGA :  Bab Haal   dan Tamyiz Disertai Terjemahannya

Adapun tasripannya adalah sebgai berikut;

تصريف إسم مصدر

نَصْرًا  نَصْرَيْنِ  نَصْرَاتٍ،  مَنْصْرًا  مَنْصْرَيْنِ  مَنْصْرَاتٍ،  نَصْرةً  نَصْرَتَيْنِ  نَصْرَاتٍ،  نِصْرةً  نِصْرَتَيْنِ  نِصْرَاتٍ

Itulah contoh tasrif isim masdar yang perlu kalian hafalakan.

Tashrif Isim Dhomir

Para santri rahimakumullah, Isim Dhomir ini tasripannya ada empat belas. Lalu apa yang dimaksdukan dengan isim dhomir ini ?, jadi begini, kata “Dhomir” ini bahasa araba sedangakan  dalam bahasa Indonesia adalah kata ganti.

Adapun definisi  dhomir ini adalah Isim Ma’rifat yang Mabni yang berfungsi  untuk menggantikan yakni penyebutan sesuatu.

Misal kita mau mengatakan : “Dia berdua” maka dalam isim dhomir kalimatnya adalah ; “هُمَا” adapun I’rab dari kata : “هُمَا” adalah sebagai berikut; هُ Isim Isyarah mabni dhommah, ميم huruf ‘imad, اليف  harfun dalun ‘alat tatsniyah. Demikian seterusnya.

Adapun tassripannya isim dhomir itu adalh sebagai berikut;

تصريف إسم ضمير

هُوَ هُمَا هُمْ هِيَ هُمَا هُنَّ أَنْتَ أَنْتُمَا أَنْتُمْ  أَنْتِ  أَنْتُمَا أَنْتُنَّ أَنَا نَحْنُ

Tabel Isim Dhomir

NoIsim DhomirMa’nanyaNoIsim DhomirMa’nanya
1هُوَDia laki-laki8أَنْتُمَاKalian berdua laki-laki
2هُمَاDia berdua9أَنْتُمْKalian semua laki-laki
3هُمْMereka laki-laki10أَنْتِKamu perempuan
4هِيَDia Perempuan11أَنْتُمَاKalian berdua perempuan
5هُمَاDia Berdua12أَنْتُنَّKalian semua perempuan
6هُنَّMereka Perempuan13أَنَاSaya
7أَنْتَKamu Laki-laki14نَحْنُKami

Tasrif Isim Faail Tingkah Rofa’

Isim Faa’il adalah diambila dari kata kerja “فَعَلَ” ma’nanya “ia sudah bekerja” sedangkan kata “فاعل” menurut lughot atau bahasa ia berasal dari kata “الفاعل” yang berma’na “yang mengerjakan ya’ni pelaku”.

Tasrif isim faa’il ini jumlahnya ada tujuh terdiri dari mufrod mudzkar, tatsniyah mudzkar, jama’ mudzakar, mufrod muanats, tatsniya muanats jama’ muanats dan sighat muntahal jumu’.

BACA JUGA :  Tsulatsi Mujarrod Bab Lima sampai dengan Enam

Adapun tasrif isim faa’il tingkah rofa’ itu adalah sebagai berikut;

تصريف إسم فاعل تڠكه رفع

فَهُوَ نَاصِرٌ  فَهُمَا نَاصِرَانِ فَهُمْ نَاصِرُوْنَ  فَهِيَ نَاصِرَةٌ  فَهُمَا نَاصِرَتَانِ  فَهُنَّ نَاصِرَاتٌ  وَهُنَّ نَوَاصِرُ

Tasrif Isim Faa’il Tingkah Nashab

Setalah antum semua hafal tasrif pada tingkah rofa’nya maka kalian harus menghafal lagi isim faa’i yang posisi pada tingkan nashabnya.

Adapun tasrif yang tingkan nashabnya adalah seperti berikut;

تصريف إسم فاعل تڠكه نصب

رَأَيْتُ نَاصِرًا  رَأَيْتُ نَاصِرَيْنِ  رَأَيْتُ نَاصِرِيْنَ  رَأَيْتُ نَاصِرَةً  رَأَيْتُ نَاصِرَتَينِ  رَأَيْتُ نَاصِرَاتٍ  وَ رَأَيْتُ نَوَاصِرَ

Tasrif Isim Faa’il Tingkah Jar

Selanjutnya kalian hafalkan lagi tasrif isim faa’il tingkah jar seperti berikut ini;

تصريف إسم فاعل تڠكه جر

مَرَرْتُ بِنَاصِرٍ  مَرَرْتُ بِنَاصِرَيْنِ  مَرَرْتُ بِنَاصِرِيْنَ  مَرَرْتُ بِنَاصِرَةٍ  مَرَرْتُ بِنَاصِرَتَينِ  مَرَرْتُ بِنَاصِرَاتٍ  وَ مَرَرْتُ بِنَوَاصِرَ

Isim Isyarah

Isim isyarah ini adalah kata Tunjuk seperti kita hendak menunjukan denga menggunakan kata: “tu, ni, itu, ini dan itu semua”. Nah pada isim isyarah ini juga ada tasripannya dan pada isim isyarah ini mempunyai 13 tasripan.

Adapun tasrif isim isyarah ini adalah sebagai berikut.

تصريف إسم إشارة

ذَاكَ  ذَاكُمَا  ذَاكُمْ  ذَاكِي  ذَاكُمَا  ذَاكُنَّ تَاكَ تَاكُمَا  تَاكُمْ  تَاكِيْ  تَاكُمَا  تَاكُنَّ  هَؤُلآءِ

Itulah tasrif isim isyarah yang harus kalian pelajari, fahami dan hafalkan. Saudar para pembaca sekalian yang kami banggakan semua tasripan yang kami tulis ini adalahmengutip dari hasil karaya saya sendiri ketika saya masih di pesantren dana nama kitabnya saya beri nama “TASHRIF ASYMAWI”.

Isim Masdar, Dhomir, Faa’il, Israh dan Tashripannya
Isim Masdar, Dhomir, Faa’il, Isyarah dan Tashripannya

Demikian Materi singkat tentang ; Isim Masdar, Dhomir, Faa’il, Isyarah dan Tashripannya – semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian para santri yang sudah mempelajarinya. selanjutnya kalian baca pada link ini : ⇒ Isim Maf’ul, Fi’il Amar, Fi’il Nahyi dan Tashripannya Wallahul-muwaffiq. Terimakasih atas kunjungannya.

BACA JUGA :  Tsulatsi Mazid Warna Tiga Mazid 3 Bab Awal sampai dengan Empat