Bab Empat Lazim Empat Tsulatsi Mujarrod (4 sampai ke 7)

1 min read

Bab Empat Lazim Empat Tsulatsi Mujarrod sampai lazim ke 7

Bab Empat Lazim Empat Tsulatsi Mujarrod (4 sampai ke 7) – Para pembaca yang kami baggakan pada kesempatan ini fiqih.co.id akan melanjutkan uraian meteri shorof yaitu; Tsulatsi Mujarrod Bab empat Lazim yang keempat sampai dengan lazim ketujuh.

Bab Empat Lazim Empat Tsulatsi Mujarrod (4 sampai ke 7)

Dalam Penampaian materi tasrif kali ini adalah tentang tsulatsi mujarrod lanjutna dari bab sebelumnya dan hanya mengenai wazan dan mauzunnya.

Adapun Tashrif Tsulatsi Mujarrod Bab empat lazim kesatu sapai dengan ketiga sudah kami uraikan pada halaman sebelumnya, dan pada kesempatan ini kami hanya menulis bab empat tsulatsi mujarrod lazim keempat sampai ketujuh. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini dengan seksama:

BabEmpat Lazim Keempat Tashrif Tsulatsi Mujarrod

تصريف ثلاثي مجرد باب أمفت لازم كأمفت 

فَعِلَ يَفْعَلُ فُعْلَةً مَوْزُنُهُ حَمِرَ يَحْمَرُ حُمْرَةً مَحْمَرًا حَمْرَةً حِمْرَةً فَهُوَ اَحْمَرُ وَذَاكَ مَحْمُوْرٌ بهِ اِحْمَرْ  لَا تَحْمَرْ مَحْمَرٌ مَحْمَرٌ

Sebagaimana yang sudah kami bahas pada bab empat tsulatsi mujarrod Lazim satu sampai lazim ketiga, maka pada bab ini juga tentu ada kesamaan.

Untuk ciri bab empat tsulatsi mujarrod tetap sama iaitu harokat ‘ain fi’il pada fi’il madhinya kasrah dan harokat ‘ain fi’il pada fi’il mudhri’nya fathah, dan utuk membedakan antara Lazim keempat dan Lazim kelima adalah perbedaan pada isim masdar dan isim fa’il. Silahkan diperhatikan lazim keempat:

BACA JUGA :  Tashrif Fiil Mudhori’ Tsulatsi Mujarrod Bab Awal Yang Muta’ad

فَعِلَ يَفْعَلُ فُعْلَةً مَوْزُنُهُ حَمِرَ يَحْمَرُ حُمْرَةً مَحْمَرًا حَمْرَةً حِمْرَةً فَهُوَ اَحْمَرٌ

sedangkan pada lazim kelima adalah sebagai berikut:

Mujarrod Bab Empat Lazim Kelima Tashrif Tsulatsi Mujarrod

Pada bab empat ini wazannya adalah : “فَعِلَ يَفْعَلُ فُعْلَةً” dan mauzunnya ialah “صَغِرَ يَصْغَرُ صُغْرَةً” adapun isim fa’ilnya juga bisa disebut dengan; “isim sifat” sepert pada lafazd: “اَحْمَرٌ dan اَصْغَرٌ” berikut ini wazan dan mauzunnya;

تصريف ثلاثي مجرد باب أمفت لازم كليما  

فَعِلَ يَفْعَلُ فُعْلَةً مَوْزُنُهُ صَغِرَ يَصْغَرُ صُغْرَةً مَصْغَرًا صَغْرَةً صِغْرَةً فَهُوَ اَصْغَرٌ وَذَاكَ مَصْغُوْرٌ بِهِ اِصْغَرْ  لَا تَصْغَرْ مَصْغَرٌ مَصْغَرٌ

Bab Empat Lazim Keenam Tashrif Tsulatsi Mujarrod

Adapun Wazan dan mauzun tasrifnya adalah seperti berikut ini;

تصريف ثلاثي مجرد باب أمفت لازم كئنم 

فَعِلَ يَفْعَلُ فَعَلًا مَوْزُنُهُ بَكِمَ يَبْكَمُ بَكَمًا مَبْكَمًا بَكْمَةً بِكْمَةً فَهُوَ اَبْكَمٌ وَذَاكَ مَبْكُوْمٌ بِهِ  اِبْكَمْ  لَا تَبْكَمْ مَبْكَمٌ مَبْكَمٌ

Dalam bab ini aism fa’ilnya adalah lafadz; “اَبْكَمٌ”.

Bab Empat Lazim Ketujuh Tashrif Tsulatsi Mujarrod

Pada bab ini mauzunnya adalah mu’tal lam artinya pada lam fi’ilnya huruf ‘ilat yaitu huruf “Ya” seperiti yang tertulis pada mauzunnya yaitu “عَمِيَ”.

Berikut inilah tasrifnya;

تصريف ثلاثي مجرد باب أمفت لازم كتوجه

فَعِلَ يَفْعَى فَعًى مَوْزُنُهُ عَمِيَ يَعْمَى عَمًى مَعْمًى عَمْيَةً عِمْيَةً فَهُوَ اَعْمَ وَذَاكَ مَعْمَيٌ بِهِ اِعْمَ  لَا تَعْمَى مَعْمَيٌ مَعْمَيٌ

Contoh Tasrif Fiil madhi

عَمِيَ عَمِيَا عَمُوا عَمِيَتْ عَمِيَتَا عَمِيْنَ عَمِيْتَ عَمِيْتُمَا عَمِيْتُمْ عَمِيْتِ عَمِيْتُمَا عَمِيْتُنَّ عَمِيْتُ عَمِيْنَا

Itulah salah satu contoh yang kami tulis tasrif fi’il madhi yang mu’tal lam. Para santri yang berbahagia itulah pelajara tasrif bab 4 lazim 4 sampaia dengan lazim 7 dari tsulatsi mujarrod yang perlu dihafalkan dan difahami.

BACA JUGA :  Awamil Yang Masuk Pada Mubtada Dan Khobar

Perbedaan yang perlu diperhatikan

Untuk selanjutnya mari kita perhatikan perbedaannya pada kalimat yang kami tandai dengan tulisan merah:

Pada Lazim keempat adalah sebagai berikut:

فَعِلَ يَفْعَلُ فُعْلَةً مَوْزُنُهُ حَمِرَ يَحْمَرُ حُمْرَةً مَحْمَرًا حَمْرَةً حِمْرَةً فَهُوَ اَحْمَرُ

Pada Lazim kelima seperti berikut:

فَعِلَ يَفْعَلُ فُعْلَةً مَوْزُنُهُ صَغِرَ يَصْغَرُ صُغْرَةً مَصْغَرًا صَغْرَةً صِغْرَةً فَهُوَ اَصْغَرٌ

Kemudian rankaian di Lazim keenam sebagai berikut :

فَعِلَ يَفْعَلُ فَعَلًا مَوْزُنُهُ بَكِمَ يَبْكَمُ بَكَمًا مَبْكَمًا بَكْمَةً بِكْمَةً فَهُوَ اَبْكَمٌ

Lazim ketujuh perhatikan ada beberapa perbedaan karena mu’tal yaitu sebagai berikut;

فَعِلَ يَفْعَى فَعًى مَوْزُنُهُ عَمِيَ يَعْمَى عَمًى مَعْمًى عَمْيَةً عِمْيَةً فَهُوَ اَعْمَ

Adik-adik santri pemula yang kami banggakan semoga kalian mendapat ilmu yang manfaat. Kami sarankan bahwa semua tasrif ini penting sekali kalian hafalkan, selain itu juga kalia haru faham perbedaannya.

Bab Empat Lazim Empat Tsulatsi Mujarrod sampai lazim ke 7

Demikian Penyampaian Materi Sorrof tentang; Bab Empat Lazim Empat Tsulatsi Mujarrod (4 sampai ke 7) – Semoga tulisan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan untuk para santri pemula. Selamat mempelajair dan sinau. Terimakasih atas kunjungannya.