Isim Zaman, Makan, Alat dan Fiil Mudhori’ Dimasuki Lam Juhud

1 min read

Isim Zaman, Makan, Alat dan Fiil Mudhori’ Dimasuki Lam Juhud

Isim Zaman, Makan, Alat dan Fiil Mudhori’ Dimasuki Lam Juhud Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh. Bismillahir rohmaanir rohiim.  Al-hamdulillahi robbil ‘aalamiin wa bihii nas ta’iin ‘alaa umurid dunia wad diin, wa shollallahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa aalihi wa shahbihi wa man tabi’ahu bi ihsanin ilaa yaumid diin, wa ba’du.

Isim Zaman, Makan, Alat dan Fiil Mudhori’ Dimasuki Lam Juhud

Pada halaman in aka diterang tasrif dari Isim Zaman, Makan, Alat dan Fiil Mudhori’ Dimasuki Lam Juhud. Para santri yang berbahagia ayoo tetap semangat belajarnya semoga dapat ‘ilmu yang manfaat Aamiin. Pada kesampatan ini fiqih.co.id akan memberikan pelajaran lanjutan tentang Isim zaman, Isim makan, Isim Alat dan fiil mudhori dimasuki lam juhud.

Lalu bagaimana carany?, baca uraian ini sampai selesai dan hafalkan.

Isim Zaman, Isim Makan dan Isim Alat

Isim Zaman adalah kata benda yang menunnjukkan ma’na waktu. Sedangka Isim makan ialah Kata mufrodat yang menunjukkan makna tampat. Adapun Isim Alat adalah Kata yang menunjukkan makna alat.

Isim Zaman dari Fiil Madhi (نَصَرَ)

Adapun isim zaman dari fiil; madhi lafadz (نَصَرَ) itu adalah (مَنْصَرٌمَنْصَرٌ) ini tasrif awalnya yang maknanya “waktu menolong”. Adapun tasripannya ialah sebagai berikut;

BACA JUGA :  Fiil Madhi, Pengertian, Beberapa contoh dan Pejelasannya

Isim Zman tingkah rofa’

Contoh berikut ini adalah isim zaman posisi pada tingkah rofa’, sebab statusnya ia menjadi khobar mubtada yaitu sebagai berikut;

تصريف إسم زمان إسم مكان تڠكه رفع

فَهُوَ مَنْصَرٌ  فَهُمَا مَنْصَرَانِ فَهُمْ مَنْصَرُوْنَ  فَهِيَ مَنْصَرَةٌ  فَهُمَا مَنْصَرَتَانِ  فَهُنَّ مَنْصَرَاتٌ وَهُنَّ مَنَاصِرَ

Isim Zman tingkah nashab

Adapun pada contoh berikut ini adalah isim zaman posisi pada tingkah nashab, sebab statusnya ia menjadi maf’ul dari “رَأَيْتُ” yaitu sebagai berikut;

تصريف إسم زمان إسم مكان تڠكه نصب

 رَأَيْتُ مَنْصَرًا  رَأَيْتُ مَنْصَرَيْنِ رَأَيْتُ مَنْصَرِيْنَ  رَأَيْتُ مَنْصَرَةً  رَأَيْتُ مَنْصَرَتَيْنِ  رَأَيْتُ مَنْصَرَاتٍ وَ رَأَيْتُ مَنَاصِرَ

Isim Zman tingkah jar

Kemudian pada contoh di bawah ini adalah isim zaman posisi pada tingkah jar, sebab statusnya ia majrur, yakni dijarkan oleh huruf jar berupa huruf “Ba” dan tasrifnya adalah sebagai berikut;

تصريف إسم زمان إسم مكان  تڠكه جر

مَرَرْتُ بِمَنْصَرٍ  مَرَرْتُ بِمَنْصَرَيْنِ مَرَرْتُ بِمَنْصَرِيْنَ  مَرَرْتُ بِمَنْصَرَةٍ  مَرَرْتُ بِمَنْصَرَتَيْنِ  مَرَرْتُ بِمَنْصَرَاتٍ وَ مَرَرْتُ بِمَنَاصِرَ

Isim Alat dari Fiil Madhi (نَصَرَ)

Isim alat dari; fi’il madhi lafadz (نَصَرَ) itu adalah (مِنْصَارٌ) ini tasrif awalnya yang maknanya “alat penolong”. Adapun tasripannya ialah sebagai berikut;

Isim Alat tingkah rofa’

Contoh berikut ini ialah isim alat posisi pada tingkah rofa’, sebab statusnya ia menjadi khobar mubtada yaitu adapun tasrifnya adalah sebagai berikut;

تصريف إسم آلة تڠكه رفع

فَهُوَ مِنْصَارٌ  فَهُمَا مِنْصَارَانِ فَهُمْ مِنْصَارُوْنَ  فَهِيَ مِنْصَارَةٌ  فَهُمَا مِنْصَارَتَانِ  فَهُنَّ مِنْصَارَاتٌ وَهُنَّ مَنَاصِرَ

Isim Zman tingkah nashab

Dalam contoh berikut ini adalah isim alat posisi pada tingkah nashab, sebab statusnya ia menjadi maf’ul dari “رَأَيْتُ” tasrifnya adalah sebagai berikut;

BACA JUGA :  Tiga Kalimat Yang Alamat I’robnya Dikecualikan

تصريف إسم آلة تڠكه نصب

رَأَيْتُ مِنْصَارًا  رَأَيْتُ مِنْصَارَيْنِ رَأَيْتُ مِنْصَارِيْنَ  رَأَيْتُ مِنْصَارَةً  رَأَيْتُ مِنْصَارَتَيْنِ  رَأَيْتُ مِنْصَارَاتٍ وَ رَأَيْتُ مَنَاصِرَ

Isim Alat tingkah jar

Dan pada contoh di bawah ini ialah isim alat posisi pada tingkah jar, sebab statusnya ia majrur, yakni dijarkan oleh huruf jar berupa huruf “Ba” dan tasrifnya ialah sebagai berikut;

تصريف إسم آلة تڠكه جر

مَرَرْتُ بِمِنْصَارٍ  مَرَرْتُ بِمِنْصَارَيْنِ مَرَرْتُ بِمِنْصَارِيْنَ  مَرَرْتُ بِمِنْصَارَةٍ  مَرَرْتُ بِمِنْصَارَتَيْنِ  مَرَرْتُ بِمِنْصَارَاتٍ وَ مَرَرْتُ بِمَنَاصِرَ

Fi’il Mudhori’ dimasukin Lam Juhud

Adapun لَامُ الجُحُوْدِ (Lam Juhud) itu adalah suatu jenis lam yang menjadikan fi’il mudhari’ nashab (manshub) dan juga ia mempunyai arti untuk menyangkal. Cirinya didahului oleh; “مَاكَانَ”atau “لَمْ يَكُنْ”atau yang dapat ditashrifkan dari keduanya.

Tasrif fi’il mudhori’ mbani lil-maf’ul dimasuki lam juhud

Contoh yang pertama ini adalah yang didahului oleh; “مَاكَانَ” tasrifnya sebagai berikut;

تصريف فعل مضارع بناء معلوم / مبني للمفعول ديمسوكي لام جحود

مَاكَانَ لِيَنْصُرَ  مَاكَانَا لِيَنْصُرَا  مَاكَانُوْا لِيَنْصُرُوْ مَاكَانَتْ لِتَنْصُرَ  مَاكَانَتَا لِتَنْصُرَا  مَاكُنَّ لِيَنْصُرْنَ  مَاكُنْتَ لِتَنْصُرَ  مَاكُنْتُمَا لِتَنْصُرَا  مَاكُنْتُمْ لِتَنْصُرُوْ  مَاكُنْتِ لِتَنْصُرِيْ  مَاكُنْتُمَا تَنْصُرَا مَاكُنْتُنَّ لِتَنْصُرْنَ  مَاكُنْتُ لِأَنْصُرَ  مَاكُنَّا لِنَنْصُرَ

Contoh yang kedua ini adalah yang didahului oleh; “لَمْ يَكُنْ” tasrifnya sebagai berikut;

لَمْ يَكُنْ لِيَنْصُرَ  لَمْ يَكُوْنَا لِيَنْصُرَا  لَمْ يَكُوْنُوْا لِيَنْصُرُوْ لَمْ تَكُنْ لِتَنْصُرَ  لَمْ تَكُوْنَا لِتَنْصُرَا  لَمْ يَكُنَّ لِيَنْصُرْنَ  لَمْ تَكُنْ لِتَنْصُرَ لَمْ تَكُوْنَا لِتَنْصُرَا  لَمْ تَكُوْنُوْا لِتَنْصُرُوْ  لَمْ تَكُنِيْ لِتَنْصُرِيْ  لَمْ تَكُوْنَا تَنْصُرَا لَمْ تَكُنَّ لِتَنْصُرْنَ  لَمْ أَكُنْ لِأَنْصُرَ  لَمْ نَكُنْ لِنَنْصُرَ

"<yoastmark

Demikian Materi singkat tentang ; Isim Zaman, Makan, Alat dan Fiil Mudhori’ Dimasuki Lam Juhud – semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian para santri yang sudah mempelajarinya. Wallahul-muwaffiq. Terimakasih atas kunjungannya. baca selanjutnya pada : ⇒ Tsulatsi Mujarrod Bab Tiga Muta’ad dan Lazim