Hijir Ismail, Shalat di Dalamnya Sama dengan Sholat Dalam Ka’bah

Diposting pada

Hijir Ismail, Shalat di Dalamnya Sama dengan Sholat Dalam Ka’bah – Ini suatu kemuliyaan bagi jamaah yang ada kesempatan menunaiakannya. Asslaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.

Dhuyfullah yang kami banggakan jangan sia-siakan kesempatan waktu jika memang memungkinkan, keculai tidak, kiranya bisa menunaikan sholat di dalam hijir ismail meski hanya dua rakaat. Fiqih.co.id pada halaman ini akan menerangkan mengenai sholat di hijri ismail secara ringkas.

Hijir Ismail, Shalat di Dalamnya Sama dengan Sholat Dalam Ka’bah

Setiap Muslim merindukan kesempatan untuk berdoa di Ka’bah. Ka’bah adalah bangunan paling megah di dunia. Setiap tentu sangat menginginkannya.

Biasanya pintu Ka’bah dibuka oleh petugas pada tanggal 1 Dzulhijah untuk kemudian membersihkannya. Setiap kali dibuka, banyak umat Islam yang histeris dan kemudian menjadi krodit dengan harapan bisa masuk ke dalam.

Shalat Di Hijir Ismail Sama Dengan Shalat Dalam Ka’bah

Jika Anda termasuk orang yang ingin masuk ke dalam Ka’bah dan shalat di dalamnya, kenapa tidak shalat di Hijr Ismail saja? Ya, shalat di sana sama dengan shalat di Ka’bah! ‘Aisyah Radhiyallahu amha, seorang ummul mukminin, pernah berkata;

“Saya dulu ingin masuk Baytullah dan sholat di dalamnya, kemudian Rasulullah memegang tangan saya, membawa saya ke dalam hijir dan bersabda: “Jika Anda ingin memasuki Ka’bah, maka sholatlah di sini (Hijir Ismail) karena ini ialah merupakan bagian dari Ka’bah. Kaum-kaummu mengurangi ini sambil membangunnya kembali.” (HR An Nasa’i)

Hajir Ismail Adalah Bagian Dari Ka’bah

Hijir Ismail Bangunan setengah melingkar ini adalha bagia dari K’abah. Sebab, menurut Rasulullah Shollahu ‘alaihi wa sallam, Hijrah Ismail itu termasuk dalam Ka’bah. Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu menegaskan bahwa Rasulullah Shollahu ‘alaihi wa sallam tidak menyentuh dua sudut yang berlawanan Hijir (saat Tawaf), tetapi Baytullah tidak sempurna, seperti yang dibangun oleh Nabi Ibrahim Alaihi salam. (HR Bukhari no. 1583) Menurut keterangan dari hadits Ibnu Umar di atas, seseorang tidak boleh melakukan tawaf ketika memasuki Hijr Ismail, karena Hijir Ismail adalah bagian dari Ka’bah, dan tawaf harus dilakukan di sekitar Ka’bah tanpa memasuki Ka’bah. Bukan berart masuk ke dalamnya.

Ibnu Abbas Ra pernah berkata, “Lakukanlah sholat di tempat orangorang pilihan, dan minumlah minuman orang-orang baik! Ada orang yang bertanya, Dimana tempat sholat orang-orang pilihan itu? Ibnu Abbas Radiyallahu ‘anhu menjawab, Di bawah Midzab (pancuran emas)! Orang itu mengejar lagi, Lalu apa minuman orang-orang baik? Ibnu Abbas Radiyallahu ‘anhu menjawab, Air Zamzam!”

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Hijir Ismail. Dan bagi jemaah haji yang berkeinginan menunaikan sholat   dalam Ka’bah maka silahkan mereka melakukannya   dalam Hijir Ismail.

Mengarjakan sholat di dalam hijir ismail, Antum bisa mmenunaikan sholat sunnah apa saja sesuai keinginan Antum. Setidak-tidaknya sholat sunnah mutlak 2 rakaat yang mesti antum kerjakan. Namun perlu juga diingat, bila Antum sudah mengerjakannya segeralah keluar setelah sebentar memanjatkan doa pendek, sebab masih banyak saudara dan saudari kita kaum muslimin yang juga ingin menunaikan sholat di Hijir Ismail ini

Do’a setelah solat mutlak dihijir Isma’il

Jika antum sudah selesai shalat angkat tengan sebisanya panjatkan Sayidul Istigfar dan doa berikut ini;

اللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّي لَااِلَهَ اِلَّا اَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَاَنَا عَبْدُكَ وَاَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااْسْتَطَعْتُ اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِيْ فَاِنَّهُ لَايَغْفِرُ ذُنُوْبَ اِلَّا اَنْتَ، اللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَاسَأَلَكَ بِهِ عِبَادُكَ الصَّالِحُوْنَ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَااسْتَعَاذَكَ مِنْهُ عِبَادُكَ الصَّالِحُوْنَ

Allahuma anta robiy, la-ilaha ila angta, kholaktani wa-ana ‘abduka wa-ana ‘ala ahdika, wawa’dika mastato’tu, a’udzu bika misyari masona’tu, abu-ulaka bini’matika ‘alaya, wa-abu-u bidzanbi fagfirli fa-inahu layagfiru dszunuba ila angta.

Allahuma ini as-aluka, min khoiri masa-alaka bihi ‘ibaduka sholihun, wa-a’udzubika mingsyari masta-‘asdzaka minhu ‘ibaduka sholihun.

Makana Doa Stelah Sholat di Hijir Ismail

Artinya: Ya Allah Engkaulah Pemeliharaku, Tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku. Aku ini hambaMu dan aku terikat pada janji dan ikatan padaMu sejauh kemampuanku. Aku berlindung padaMu dari kejahatan yang telah kuperbuat, aku akui segala ni’mat dariMu kepadaku dan aku akui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau Sendsiri. Ya Allah aku mohon padaMu kebaikan yang dsiminta oleh hamba-hambaMu yang soleh. Dan aku berlindung padaMu dari kejahatan yang telah dimintakan perlindungan oleh hamba-hambaMu yang soleh.

Hijir Ismail
Hijir Ismail

Demikian ringkasan materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Hijir Ismail, Shalat di Dalamnya Sama dengan Sholat Dalam Ka’bah – mudah mudahan materi ini bisa membantu. Mohon kiranya  bagi jamaah yang kurang sependapat dengan materi ini kami harap untuk diabaikan saja. Kami menuliskan materi ini hanya menyiapkan saudara kami yang memang benar benar memerlukan. Terimakasih atas kinjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq.