Kedua Orang Tua Dan Keutamaannya Dalam Agama Islam

3 min read

Kedua Orang Tua Dan Keutamaannya
Rate this post

Kedua Orang Tua Dan Keutamaannya Dalam Agama Islam – Ibu dan Ayah dalam Islam sangatlah banyak memiliki keistimewaan tersendiri. Tidak hanya memiliki kemuliaan, akan tetapi juga memiliki perjuangan.

Dan Allah anggap berjuang terhadap anak dan keluarga adalah bagian dari jihad fi sabilillah. Oleh karenanya pada halaman ini fiqih.co.id akan menjelsknanya, silahkan baca uaraian singkatnya di bawah ini.

Kedua Orang Tua Dan Keutamaannya Dalam Agama Islam

Saudarku seiman, kita semua tentunya sama memiliki rasa cinta dan sayang yang sangat besar terhadap ibu dan bapak kita. Kita pasti menyadari bahwa oranmg tua kita lah yang mengasuh kita, membesarkan, mendidik, serta menyayangi secara tulus dari lubuk hati mereka yang palang dalam.

Mereka tidak pernah mengeluh dan juga tidak meminta balasan. Mereka begitu ikhlas merawat kita menjaga kita sejak kita lahir hingga kita dewasa bahkan sampai kita berumah tangga.

Wasilah Adanya kita di Dunia

Semua kita tentu sepakat bahwa bahwa kedua ibu dan bapak kita lah penyebab adanya kita di dunia ini. Karena mereka kita jua lah kita bisa mengenal agama serta masih banyak lagi hal lainnya. Maka oleh sebab itu sangatlah pantas jika Allah SWT menaruh keridhoan-Nya pada ridhonya keduanya.

BACA JUGA :  Doa Pagi Petang, Arab Indonesia Faidah dan penjelasannya

Oleh karenanya, kita diharuskan agar berbakti kepada ibu dan ayah, taat serta tunduk kepada mereka. Kita dilarang menyakiti mereka, bahkan apabila keduanya menyuruh atau meminta tolong maka kita tidak dibolehkan berkata “ah, uh, cihh” itu saja sudah dilarang apalagi sampai dengan melakukan perbuatan atau perkataan yang menyakiti mereka.

Kedudukan Orang Tua

Ibu dan Bapak dalam Agama Islam, mereka ditempatkan pada tempat yang mulia, sebab keistimewaannya yang benar-benar luar biasa. Sampai-sampai bisa mencapai cita-cita untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

Lalu kemudia apa saja sih keutamaan Ibu dan Bapak tersebut dalam Islam?, berikut penjelasannya:

Keutamaan Orang Tua

Adapun keutamaan Ibu dan Ayah dalam Islam adalah sebagai berikut:

  1. Kita tidak akan mendapat ridho Allah jika ibu dan ayah kita murka kepada kita.
  2. Mereka adalah jalan menuju syurga bagi anak-anaknya.
  3. Ibu dan Bapak akan mendapatkan pertolongan Allah disebabkan doa anaknya yang sholih.
  4. Semua Pengorbanan Orang Tua itu akan dinilai Allah sebagai Jihad fi Sabilillah.
  5. Beliau adalah guru terbaik dan paling utama.
  6. Ayah dan Ibu itu iala salah satu rzeki serta sumber ni’mat.
  7. Doa Orang Tua buat anak-anaknya ialah doa yang paling mustajab.
  8. Kasih sayang mereka tidak ada putusnya kepada anak-anaknya, dan mereka selalu memikirkan anak-naknya.
  9. Ayah dan Ibu adalh Jembatan menuju surganya Allah. Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan yang lainnya.

Adapun Uraian ringkasnya adalah sebagai berikut:

1. Ridho dan Murkanya Allah Tergantung Pada Ridhonya Ibu dan Bapak

Seorang anak haruslah berbakti kepada kedua orang tua. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw:

 رِضَى اللهُ فِى رِضَى الوَالِدَيْنِ، وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ اْلوَالِدَيْنِ

Artinya: “Keridhoan Allah itu di dalam keridhoan orang tua dan kemarahan Allah itu di dalam kemarahan kedua orang tua.”(HR. al-Tirmidzi)

Begitulah cara Allah SWT memuliakan Ibu dan bapak kita. Oleh karena itu, raihlah ridho kedua orang tua, maka di dalamnya terdapat ridho Allah, dan sebaliknya murka Allah terletak pada murkanya orang tua.

BACA JUGA :  Bacaan Doa Nurbuat, Arab, Indonesia, Terjemah dan Khasiatnya

2. Mendapat Pertolongan Dari Allah Karena Doa Anak Sholeh

Mendapatkan pertolongan dari Allah SWT karena doa anak yang sholeh dan sholihah. Ada tiga amalan yang tidak akan terputus dan terus mengalir meskipun sudah mati. Salah satunya adalah memiliki seorang anak yang sholeh sholihah.

Anak yang sholeh dan sholihah akan mendoakan kedua orang tuanya dan menjadi pahala bagi kedua orang tuanya kelak di akhirat.

3. Sebagai Jembatan Surga Buat Anaknya

Seorang anak yang taat dan berbakti kepada kedua orang tua baik yang masih ada maupun yang sudah tiada, karena berbakti dan berbuat baik kepada keduanya tidak berbatas oleh waktu. Maka surga bagi anak-anak nya jika berbakti kepada kedua orang tua, dan anak yang durhaka tidak akan mendapatkan surga.

4. Jalan arah Masuk Surga

Sebagaimana Nabi Muhammad Saw bersabda: “Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya dan tidak lebih mengutamakan anak laki-laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga”. (HR. Abu Daud). Menjadi orang tua merupakan suatu hal yang paling membahagiakan karena perjuangan dan pengorbanannya orang tua yang sesuai dengan syariat Islam maka baginya surga.

5. Ternilai Sebagai Jihad Fii Sabilillah

Orang yang tua yang  bertanggung jawab terhadap amanah yang diberikan Allah SWT yakni seorang anak dengan baik dan sesuai dengan perintah-Nya, maka pengorbanan dan perjuangan tersebut sama halnya dengan jihad.

6. Guru yang Terbaik

Ayah dan Ibu adalah madrasah yang pertama dan terbaik bagi anak-anaknya. Karena melalui ayah dan ibu lah anak mendapatkan pendidikan akhlak yang baik, juga menjadi orang yang sukses.

Dalam ajaran Islam amat banyak pembahasan tentang birrul walidain dan anak, baik buat hubungan keduanya, cara berbuat baik, fadhilahnya, bertutur kata yang santun dan tidak menyakitinya, adab-adab ketika bersamanya, jauh dari keduanya dan lain sebagainya.

BACA JUGA :  Ikhlas Artinya : Pengertian, Penafsiran, Perbedaan Dan Cirinya

Akan tetapi bukan berarti, orang tua bisa seenaknya terhadap anak-anaknya. Orang tua yang bertanggung jawab dan yang terpercaya ia akan menjalankan peranannya secara baik. Dan akan mendapatkan keutamaan seperti diatas.

Sebagai halnya ayah dan ibu juga bisa dikatakan “orang tua durhaka” apbila mereka tidak mendidik anaknya dengan baik dan agama yang kuat. Peranan orang tua yang luar biasa pada anak sehingga pantaslah Allah memuliakannya dengan kemuliaan yang juga luar biasa.

7. Orang Tua Salah Satu Rezeki dan Sumber Nikmat

Jika seorang anak lahir tanpa bersama ayah dan ibu, mungkin ia akan liar. Tidak terdidik, tidak mendapatkan kasih sayang dan juga tida dinafkahi. Mereka adalah sumber nikmat, rizki dan kebahagiaan yang tidak dapat diuangkan. Dan kasih sayangnya pun sepanjang masa.

8. Doa Orang Tua Sangatlah Mustajab

Keutamaan orang tua salah satunya adalah mustajab doanya. Terutama doanya seorang ibu. Oleh karena itu, ayah dan ibu dilarang berkata dan mendoakan anaknya yang jelek-jelek. Sebab Allah SWT  bisa saja mengabulkan ucapan ataupun doa tersebut.

9. Selalu Memikirkan Anaknya

Keutamaan ayah dan ibu adalah selalu memikirkan anaknya walaupun dia sudah tua. Sedangkan seorang anak belum tentu memikirkan ibu dan ayahnya, belum tentu memperhatikan ibu dan ayahnya, dan juga belum tentu nmeberikan kasih sayangnya sebagaimana orang tua melakukannya.

"Kedua

Demikianlah Penyampaian Materi tentang; Kedua Orang Tua Dan Keutamaannya Dalam Agama Islam – Mudah-mudahan materi ini bermanfaat bagi para pembaca. Abaikan saja materi ini jika pembaca tidak cocok. Terimakasih atas kunjungannya. Wallahul muwaffiq.