Keutamaan Bersedekah, Menurut Dalil Qur’an dan Hadits

2 min read

Keutamaan Bersedekah Menurut Dalil Qur'an dan Hadits
Rate this post

Keutamaan Bersedekah, Menurut Dalil Qur’an dan Hadits – Para pembaca yang kami banggakan, pada halaman ini fiqih.co.id  akan memberikan materi mengenai “Keutamaan Bersedekah”. Materi ini kami menuliskannya ringkas dan singkat.

Bicara mengenai soal bersedekah tentu bagi kita ummat islam itu sudah tak asing lagi. bersedekah merupakan bukti dari keiman dan ketaatan manusia kepada Allah Subhanhu wa Ta’ala.

Memang bersedekah itu tidak ada paksaan, akan tetapi itu adal merupakan panggilan hati dan jiwa untuk melakukannya dengan  penuh ikhlas serta membahagiakan hati orang lain.

Keutamaan Bersedekah, Menurut Dalil Qur’an dan Hadits

Membicarakan tentang bersedekah itu sangatlah luas. Karena bersedekah tidak cuman berbentuk harta dan benda saja. Akan tetapi halnya ibadah-ibadah fisik yang bukan materi.

Misal menolong orang lain dengan bentuk tenaga maupun pikiran, memberikan nafkah keluarga, memberikan ilmu, berdizikir, senyum, bahkan melakukan hubungan suami istri pun itu bersedekah.

Akan tetapi, supaya lebih afdholnya harta benda yang kita miliki pun juga harus disedekahkan kepada orang yang membutuhkan.

Keutamaan Bersedekahlah meskipun hanya sedikit

Jangan pernah mersa malu untuk bersedekah meski hanya sebiji kurma. Kalau d8i kita Indonesia jangan pernah mersa malu untuk bersedeka walau hanya dengan Rp. 500,- dari pada tidak sama sekali.

Wallahu a’lam mana tahu justru yang sedikit itulah yang menjadi penyebab tolak bala. Karena dengan yang sdikit itu sudah bisa dipastikan rasa iklashnya. Perhatikan sabda Rasulullah shollallahu ‘laihi wa sallam yang saya kutip dari kitab “Lubabul-Hadits Bab Fadhhila Shodaqah”

BACA JUGA :  Rukun Islam, Dalil hadits, Fiqih dan Penjelasannya

وقال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لاَ تَسْتَحيُوا مِنْ إعطَاءِ القَلِيلِ فَإنَّ الحِرْمَانَ أَقَلُّ مِنْهُ

Artinya; Dan Telah bersabda Nabi Shollallahu ‘alaih wa sallam; “Janganlah kalian merasa malu dari besedkah yang sedikit, sebab tidak bersedakah itu justru lebih rendah lagi dari pada bersedekah yang sedikit tadi”.

Diantara macam bersedekah

Bersedekah tidak mesti harus berbentuk uang, seperti yang sudah kami sampaikan di atas apa pun yang kita curahkan buat membantu yang memerlukan itu juga sedekah. Dan bahkan menyingkirkan rumput di jalan pun adalah sedeka. Dalam Hadits Al-Bukhori diterangka yang artinya sebagai berikut;

Nabi bersabda: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.”(HR. Bukhari).

Kutamaan Bersedekah

Keutamaannya Bersedekah itu sesungguyhnya amat sangat banyak. Bersedak selain dari mendapat keuntungan yang berlipat gada pahala di akhirat, juga dapat langsung dirasakan khasiatnya sewaktu masih hidup di dunia.

Allah Ta’ala berfirman;

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Artinya; “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

Di antara manusia yang akan menmperoleh naungan kelak di hari akhirat ialah orang yang gemar bersedekah. Dan ia memberikan tangan kanan, tangan kirinya tidak mengetahuinya.

Nabi Saw bersabda yang artinya;

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya”. (HR. Bukhari)

Dan masih banyak keutamaan keutamaan yang lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu paerstu pada halaman ini.

BACA JUGA :  Sebelum Sholat Subuh Sunnah Berbaring Setelah Dua Roka'at Fajar

Kecepatan Allah Membalas Sedekah

Setiap orang yang telah bersedekah, itu pasti langsung Allah membalasnya lebih cepat dari pada gerakan orang yang hendak bersedakah.

Dalam Hadits Qudsi, diterangkan yang artinya: “Barang siapa berniat untuk bersedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya”.

Perumpamaan Bersedeka Menurut Al-qur’an

Keutamaan Orang yang bersedekah itu diibaratka ia telah menanam sebiji bibit tanaman yang langsung berbuah ratusan tangkai dan manghasilkan yang berlipat gada.

Allah berfirman;

مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّئَةُ حَبَّةٍ وَاللّهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَاءُ وَاللّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ : سورة البقرة : ٢٦١

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” QS. Al-baqarah : 261

Kutamaan Besedekah bisa Mengobati Penyakit

Ada hal yang tidak kalah pentingnya dengan keutamaan bersedekah ini. Bahwasanya dengan wasilah atau tawasul bersedekah maka penyakit yang tengah diderita bisa sembuh dengan kuasa Allah. Bahkan makan haya satu jenis penyakait saja, melainkan berbagai jenis penyakait.

Mengapa mesti demikian?, Sebab sedekah dapat membersihkan hati, pikiran, dan atas seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala maka akan diringankan dan menyembuhkan penyakit-penyakit yang gemar bersedekah. Rasulullah Saw bersabda: “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah.”

 

Keutamaan Bersedekah Menurut Dalil Qur'an dan Hadits
Keutamaan Bersedekah Menurut Dalil Qur’an dan Hadits

Demikian Materi singkat dan ringkas tentang;  Keutamaan Bersedekah Menurut Dalil Qur’an dan Hadits – Semoga Materi ini dapat menginspirasi para pembaca dan bermanfaat tentunya buat kita semua. Terimakasih. Wallahul-muwaffiq.

BACA JUGA :  Orang yang berilmu Pasti diangkat derajatnya oleh Allah