Bismillah Alhamdulillah, Adalah Kalimat Yang Mulia Disisi Allah

Diposting pada

Bismillah Alhamdulillah, Adalah Kalimat Yang Mulia Disisi Allah – kalimat tersebut penting kita pelajari untuk difahami dan diamalkan. Ada 7 kalimat yang mulia dipandang di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pada halaman ini fiqih.co.id akan menyampaikan materi mengenai 7 kalimat mulia tersebut.

Bismillah Alhamdulillah, Adalah Kalimat Yang Mulia Disisi Allah

Bacaan; Bismillah, Al hamdulliah dan yang lainnya dari 7 kalimat yang kami sebutkan di deskripsi di atas sebagai pengantar akan kami terangkan secara ringkas.

Mengenai kemuliaannya 7 kalimat tersebut yang dianggap mulia di sisi Allah dan Malaikat-Nya ini dterangkan juga oleh para tokoh yang memang ahli di bidangnya. Untuk mengetahui secara rinci dan ringkas mari kit abaca saja materinya di bawah ini.

Menjaga Bismilah Alhamdulillah

Yang kami maksudkn dengan kat menjaga adalah senantiasa mengamalkannya. Jadi penting sekali kita senantiasa mengamalkan 7 kalimat tersebut ayaitu;

  1. Bismillah
  2. Alhamdulillah
  3. Astaghfirullah
  4. Laa Haula wa Laa Quwwata Illa Billah
  5. Laa ilaaha illallah Muhammdur Rosulullah
  6. Inna lillaahi wainna ilaihi raaji’un
  7. In syaa-Allaah

Kalimat kalimat tersebut diterangkan oleh seorang ahli fiqih yaitu beliau Abu Laitsy, Beliau menyampaikan;

Barang siapa menjaga tujuh kalimat, maka dia adalah orang yang mulia disisi Allah dan dikalangan Malaikat, bahkan Allah mengampuni dosa-dosanya meskipun dosa itu sebanyak buih di laut, dan dia akan mendapatkan keharuman taatnya adalah hidup dan matinya menjadi baik.

Rincian Bismillah Alhamdulillah & Seterusnya

Berikut ini kami tuliskan rincian dari 7 kalimat tersebut yakni; Bismillah, Alhamdulillah, Astaghfirullah, Laa Haula wa Laa Quwwata Illa Billah, Laa ilaaha illallah Muhammdur Rosulullah, Inna lillaahi wainna ilaihi raaji’un dan kalimat In syaa-Allaah

1. Bismillah (بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ)

Bismillah maknanya dalam bahasa Indonesia adalah; “Dengan menyebut Nama Allah“.

Seyogiyanya kita sebagai muslim yang mukmin senantiasa pada setiap kali kita beraktivitas apa pun kegitannya kecuali pekerjaan yang dimakruhkan dan apa lagi yang diharamkan, kita selalu dimulai dangan kata; “Bismillah”

2. Alhamdulillah ( اَلْحَمْدُلِلّهِ)

Alhamdulillah dalam bahasa  Indonesia mempunyai arti; “Segala puji bagi Allah“. Mestinya bagi kita muslim beriman, ketika kita sudah memyelesaikan suat pekerjaan jangan sampai lupa mengcapkan lafadz; “Al hamdulillah”.

Dengan mengucapkan lafadz tersebut ini merupakan salahsatu bentuk rasa syukur kita kepada sang Khioliq Allah Subhanahu wa Ta’ala yang selalu memberika ni’mat-Nya kepada kita.

3. Astaghfirullah (اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ)

Lafadz “Astaghfirullah” dalam bahaasa Indonesia artinya; “Saya mohon ampun kepada Allah“.

Terkadang kita terpelsed lidah terucapkan kata-kata yang tidak semestinya kita ucapkan. Dan bahkan kita terkadang secara tidak sengaja bahkan bisa saja disengaja terucap kata yang tidak terpuji. Dari semua itu sangat dimaklumi memang kita bani adam ini, salah dan khilaf hamper setiap saat terjadi, oleh karena itu maka ucapkanlah selalu ; “Astaghfirullah”.

4. Laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyil ‘adziim ( لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّتَ اِلاَّبِاللّهِ)

Kalimat; “Laa haula wa laa quwwata illa billah” dan baik sekali kalau kita tambahkan dengan ; “‘aliyil ‘adziim artinya”, jika kita terjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebihnya adalah; “Tidak ada daya dan ttidak ada kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi Lagi Maha Agung.” .

Maka bila datang semisal perkara atau tindakan yang tidak terpuji atau tidak disukai, maka semestinya ia mengucapkan kalimat ; “لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّتَ اِلاَّبِاللّهِ عَلِيِّ الْعَظِيْمِ”.

5. Laa ilaaha illallaahu Muhammadur Rasulullah (لا اله الا الله محمّد رسول الله)

Ucapan kalimat; “Laa ilaaha illallaahu Muhammadur Rasulullah” maknanya adalah: “Tidak ada Tuhan selain Allah dan nabi Muhammad itu adalh utusan Allah.”

Sebagi orang yang beriman maka sudah sepantasnya baik siang maupun malam, hendaknya selalu mengucapkan kalimat “لا اله الا الله محمّد رسول الله”.

6. Inna lillaahi wainna ilaihi raaji’un ( اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ)

Firman Allah ; “Inna lillaahi wainna ilaihi raaji’un artinya” yang terjemahnnya adalah “Sungguh kami sekalian ini milik Allah dan kepadaNya kami kembali.” Kalimat ini Hendaknya selalu diucapkan ketika terjadi musibah, ujian dan suatu kejadian yang semisalnya.

7. In syaa-Allaah ( اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ)

Kalimat; “Insyaa-Allaah artinya” yang bermakna; “Jika Allah menghendaki.”

Kalimat tersebut jika kita hendak melakukan suatu kegiatan atau sesuatu apapun itu yang akan datang maka katakanlah; “in syaa Allaah” sebab tidak ada yang tahu kejadian pasti yang ada di hadapam kita nanti kecuali hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Yang pasti tidak ada jaminan bagi kita untuk bisa menepati janji kita kecuali karena izin Allah dengan usaha yang maksimal dari kita sendiri.

Bismillah Alhamdulillah
Bismillah Alhamdulillah

Demikianlah materi ringkas tentang; Bismillah Alhamdulillah, Adalah Kalimat Yang Mulia Disisi Allah –  Semoga bermanfaat. Kami mohon utnuk diabaikan saja materi ini, jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab wa billahit-taufiq wal-Hidayah.