Doa Keluar Rumah, Dibaca Oleh Jamaah Haji Ketika Akan Berangkat

Diposting pada

Doa Keluar Rumah, Dibaca Oleh Jamaah Haji Ketika Akan BerangkatDoa ini perlu dihafalkan oleh jamaah haji yang belum hafal. Labbaika  Allahumma Labbaik, Labbaika Laa Syarikalaka lbbaiak. Innal hamda wa ni’mata laka wal muluk laa syarikalak.

Dhuyufullah Assalaamu ‘alaikum wa raohmatullahi wa barokaatuh. Agar dalm pelaksanaan ibadah haji itu meraih banyak kesempurnaan maka ada baiknya kita calaon jamaah sregep menghafalkan doa doanya.

Dalam pada ini kami fiqih.co.id in syaa Allah akan menuliskan doa doa singkat buat dihafalakan. Selengkapnya silahkan saudara dan saudariku semua kiranya berkenan membaca materi kami di bawah ini.

Doa Keluar Rumah, Dibaca Oleh Jamaah Haji Ketika Akan Berangkat

Saudarkau semua calon para Tamu Allah yang berbahagia, mari kita sama-sama belajar dan menghafal beberapa doa yang menueurt kami ini juga tidak kalah pentingnya.

Doa adalah otaknya ibadah, oleh karenanya sebisa mungkin kita hafalkn, paling tidak kita lancar membacanya.

Doa keluar rumah ini tidak mesti harus dihafalkan, terutama bagi yang merasa kesulitan. Akan tetetapi doa tersebut itu boleeh di baca.

Doa Keluar Rumah, Ketika Jamaah Haji Hendak Berangkat

Jamaah haji yang dirahmati Allah, Biasanya ketika di satu kabupaten akan memberangkatkan jamaah hajinya, ia pada umumnya mengadakan acara pelepasan. Jamaah haji biasanya dikumpulkan di satu tempat yang telah disepakati.

Dan beberapa hari sebelumnya semua jamaah diundang agar kumpul tepat waktu. Nah pada saat jamaah haji keluar dari muha masing-masing menuju ketemat di mana mereka dikumpulkan, maka sebaiknya jamaah membaca doa.

Berikut ini bacaan doanya;

Doa keluar rumah:

Doa  ini bukan khusus dibaca ketika mau berangkat haji saja, mleainkan seyogiyanya doa ini dibaca setiap kita keluar dari rumah kita kemana pun kita akan pergi.

Bacaan Doa Kelura rumah tulisan arab, Indonesia dan terjemahnya

بِسْمِ اللهِ ءَامَنْتُ بِاللهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Bismalahi amantu billahi, Tawakaltu’alallohi Lahaula wala quwata ila bilahil ‘aliyil’adzim

Artinya : Dengan nama Allah aku beriman kepad Allah,aku berserah diri kepada Allah tidak ada daya dan kekuatan melainkan atas pertelongan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.

Doa di Kendaraan Setelah Keluar Rumah

Setelah membaca doa keluar rumah, maka tentunya jamaah akan naik kendaraan, baik mobil, motor atau pun yang lainnya.

Nah ketika jamaah sudah duduk di atas kendaraannya dan kendaraan sudah siap berjalan atau sudah bergerak jalan menuju tempat kumpulnya jamaah calon haji, maka bacalah doa berikut ini.

Do’a setelah berada di atas kendaraan:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَهَا اِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرُ رَّحِيْمٌ

Bismilahi majreha wamursaha ina robbi laghofu-rurrohiym.

Artinya: Dengan nama Allah diwaktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhan benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Doa Sewaktu kendaraan mulai berangkat

Sebaiknya doa ini dibaca ketika kendaraan sudah begerak jalan. Akan tetapi tidak mengapa meski doa ini disambungkan dengan doa di atas yakni “Bismilahi majreha” dst…

Berikut Tulisan arab dan Indonesianya;

بسم الله الرّحمن الرّحيم. الله اكبر، الله اكبر، الله اكبر سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhanal ladzi sakhoro lana hdza wama kuna lahu mukriniyna wa ina ila robbina lamunqolibun

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini kepada kami padahal kami tidak kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan, kami pasti akan kembali.

Doa ketika tiba di tempat

Jika jamaah keluar dari rumah dan sudah samapi di tempat ia berkumpul, di mana pun tempatnya maka sebaiknya ia membaca doa berikut ini;

Inilah tulisan arab, Indonesia dan artinya;

اللَّهُمَّ اِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ اَهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ اَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا

Allohumma ini as-aluka khoiroha wakhoiro ahliha wakhoiro mafiha wa-a’udzu bika min syarriha wasyari ahliha wasyari ma fiha

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan atas penghulu kami Muhamad,SAW. dan keluarganya. Ampunilah dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu rahmatMu.

Pentup

Para pembaca yang dirahmati Allah mudah-mudahan menjadi haji yang mabrur dan mabrurah Aamiin. Materi doa tersebut kami tuliskan sekedar berbagi saja buat jamaah yang memerlukannya. Kami tidak bermaksud menggurui, namun barabgkali ada di antara jamaah yang memang membutuhkan ini.

Melalui kesempatan ini kami fiqih.co.id selalu memohon kepada semua jamaah calon haji kiranya tetap terus semangat mempelajari manasik haji semoga lebih mandiri ketika jamaah sudah berada di Makkah al-Mukarromah. Aaamiin

"<yoastmark

Demikian ringkasan materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Doa Keluar Rumah, Dibaca Oleh Jamaah Haji Ketika Akan Berangkat – mudah mudahan materi ini bisa membantu. Mohon kiranya  bagi jamaah yang kurang sependapat dengan materi ini kami harap untuk diabaikan saja.

Kami menuliskan materi ini hanya menyiapkan saudara kami yang memang benar benar memerlukan. Materi ini juga bisa dijdaikan sebagai bahan Pemateri Manasik haji bagian fiqih haji. Terimakasih atas kinjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq.