Doa Umrah, Dibaca Oleh Jamaah Haji Ketika Miqat & Di Setiap Titik

Diposting pada

Doa Umrah, Dibaca Oleh Jamaah Haji Ketika Miqat & Di Setiap TitikDoa ini penting dibacaka oleh jamaah umrah yang mulai dari Miqat. Labbaika  Allahumma Labbaik, Labbaika Laa Syarikalaka lbbaiak. Innal hamda wa ni’mata laka wal muluk laa syarikalak.

Dhuyufullah Assalaamu ‘alaikum wa raohmatullahi wa barokaatuh. Agar dalam pelaksanaan ibadah umrahnya bisa meraih banyak kesempurnaan maka ada baiknya kita menunaikan ibadah umrah bacalah doa-doanya.

Dalam pada ini fiqih.co.id in syaa Allah akan menuliskan doa doa singkat buat dihafalakan. Selengkapnya silahkan jamaah kiranya berkenan membaca materi kami di bawah ini.

Doa Umrah, Dibaca Oleh Jamaah Haji Ketika Miqat & Di Setiap Titik

Saudarkau semua calon para Tamu Allah yang berbahagia, mari kita senantiasa bertaqarub kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Semua jamaah haji yang memilih tamattu, maka tentunya jamaah akan menunaikan ibadah umrah terlebih dulu. Hanya saja apakah jamaah berangkatnya di gelombang pertama atau di gelombang ke dua?

Kita tentunya mengerti bahwa doa adalah otaknya ibadah, oleh karenanya kita akan sebisa mungkin mengupayakan membaca doa yang kita bisa.

Doa Umrah

Yang kami maksud dalam doa umrah di sini ialah doa yanng mestinya dilafdzkan ketika menunaik ibadah umrah baik umrah wajib maupun umrah sunnah.

Umrah wajib misalnya adalah umrah yang pertama kali dikerjakan pada haji tamttu. Bapak ibu jamaah rahima kumullah, jika keberangkatan kita dari indonesia masuk pada gelombang pertama, maka pastinya kita tetap berpakaian seragam haji mulai dari tanah air sampai ke Kota Madinah.

Namun bila kita keberangkatannya masuk pada gelombang kedua maka mestinya pakaian seragam kita hanya sampai di embarkasi. Dan dari embarkasi kita sudah mulai menganakan kain ihram, kemudian stelah hampir sampai sekira 30 atau 15 menit lagi peswat akan tiba, maka di atas peswat itulah kita mulai miqat.

Keberangkatan Haji Gelombang Pertama

Doa Umrah belum kita bacakan jika kita adalah jamah haji gelombang ke dua, maka pada keberangkatan kita mulai tanah air hingga sampai di Madinah masih keadaan bebas. Dan kita belum mengerjakan umrah. Dengan Demikian tentunya kita aka ke Madinah terlebih dahulu.

Nah jika seperti ini, maka apabila kita sudah memasuki kota Madinah mohon kiranya bacakan doa masuku kota Madianh

Do’a masuk kota Madinah

Adapun doa masuk kota madina adlah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ هَذَا حَرُمُ رَسُوْلِكَ فَاجْعَلْهُ لِيْ وِقَايَةً مِنَ النَّارِ وَأٰمَانَةً مِنَ الْعَذَابِ وَسُوْءِ الْحِسَابِ

Allohuma haza haromu rosulika faj’alhu li wiqoyatan minanar, wa-amanatan minal-‘azab wasu-ilhisab.

Artinya: Ya Allah, negeri ini adalah tanah haram RosulMu Muhamad,SAW, maka jadikanlah penjaga bagiku dari neraka, aman dari siksa dan buruknya hisab.

Setelah kita menepati hotel dan sudah memasuki waktu shalat, maka kita upayakan menunaikan shalat jamaah di Masijid Nabawi sbanya 40 kali berjamaah di masjid ini. Waktu kita di Madinah hanya 8 smapai 9 hari karena hanya untuk menunaikan arba’in.

Namun setiap kita memasuki masjid nabawi maka bacakanlah doanya yakni doa masuk masjid Nabawi

Do’a masuk Masjid Nabawi

Masuku Masjid Nabawi sebaiknya dulukan  kaki kanan sembari baca doa berikiut ini;

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ وَافْتَحْلِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allohumma sholi ‘ala sayidina Muhammad wa’ala ali sayidina Muhammad waghfirli dzunubiy waftahli abwaba rohmatik.

Artinya:  Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan atas penghulu kami Muhamad,SAW. dan keluarganya. Ampunilah dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu rahmatMu.

Dan setelah selesai menuanikan arba’in di Madinah, maka jamaah akan berpindah menuju Makah.

Nah saat inilah jamaah kan menunaikan Umrah Wajib. Jamaah sudah mengenakan kain ihram mulai dari Madinah.

Setelah sampai di Masjid Bir Ali jamaah harus turun ambil air wudhu, kemudian shlat tahatul masjid di masjid Bir Ali dan kemudia shalat sunnah ihram dua rakaat.

Selesai dari sini maka jamaah naik lagi ke mobilnya masing-masing.

Doa Umar Yakni Niat Umroh

Seteha sempurna jamaah duduk di masing-masing kursinyapada mobil tersebut, maka jamaah haru s ektra hati-hati, karena di sinilah miqat Umrah.

Khusus bagi kauk laki-laki harus memeriksa ulang supaya tidak mengenakan pakaian berjahit.

Jamaah mulai dibimbing oleh pembimbing untuk melafadzkan niat dan doa umrah sebagai berikut;

لَبَيْكَ اللَّهُمَّ عُمْرَةً

Labbayka Allohumma ‘umrotan.

Artinya: Aku sambut panggilanMu Ya Allah untuyk ber umroh

Semua jamaah yang sudah mengucapka lafadz uni maka dari situla sudah berlaku semua larangan Ihram.

Bacaan Talbiyat

Talbiyah ini disambungkan dengan bacaan niat umrah yakni doa umrah. Bacaan talbiyah adalah sebagai berikut;

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ

Labbayka Allohuma Labbayk  Labbayka la-syari kalaka labbayk, inal-hamda wanni’mata laka walmulk la-syarikalak.

Artinya:  Aku datang memenuhi panggilanMu Ya Allah, Aku datang memenuhi panggilanMu, Aku datang memenuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, Aku datang memenuhi panggilanMu, sesungguhnya puji, ni’mat dan segenam kekuasaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu.

Solawat & Doa dalam umrah wajib

Sholawat dan doa ini juga disambungkan dengan bacaan talbiyah di atas. Sholawat serta doa ini masuk juga dalam pengertian doa umrah Adapun bacaan sholawatnya adal seperti ini;

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اللَّهُمَّ إنِّيْ أسْئَلُكَ رِضَاكَ  وَالْجَنَّةَ وَأعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ رَبَّنَا ءَاتِنَافِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma sholi ‘ala sayidina Muhammad wa’ala ali sayidina Muhammad, Allohumma iniy as-aluka ridhoka waljannata wana’udzubika min sakhotika wanar Robbana atina fidunia hasanah wafil-akhiroti hasanata waqina ‘adzaabannar.

Artinya: Ya Allah berikan rahmat dan keselamatan atas penghulu kami Nabi Muhamad dan atas keluarganya. Ya Allah sesungguhnya aku bermohon kepadaMu keridhoanMu dan surga. Dan aku berlindung padaMu daripada murkaMu dan siksa neraka.  Wahai Tuhan kami brilah kami kebaikkan di dunia dan kebaikkan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.

Doa Ihrom Umrah

Doa ihram ini bisa juga disebut doa umrah, dan bacaanna juga sama perakteknya disambungkan langsung dengan bacaan doa di atas. Bacaan doa ihram adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ اِنِّيْ اُحَرِّمُ نَفْسِيْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ  عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِيْ يَاأرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allohumma ini uharimu nafsiy mingkuli ma haromta ‘alalmuhrimi farhamniy ya-arhamar rohimiyn.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diriku dari segala yang Engkau haramkan kepada orang yang ber ihrom karena itu rahmatilah aku ya Allah yang maha pemberi rahmat.

Ketika Jamaa sudah tiba di kota suci Makakah al-Mukarromah, jamaah akan disambut oleh panitia dan ia kan masuk ke hotel tempat jamaah teonggal smentara selama musim haji sebelum pulang ke tanah air.

Hati-hati jamaah jangan sampai terjadi pelanggaran ihram sebab jamaah belum mneklesaikan ibadah umrahnya yakni belum tahallul.

Do’a memasuki kota mekah

Setelah jamaah memasuki kota Makah sebaiknya jamaah membaca doa berikut ini;

اللَّهُمَ هَذَا حَرَمُكَ وَاَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَءَامِنِيْ مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ اَوْلِيَاِئكَ وَاَهْلِ طَاعَتِكَ 

Allohomma hadza haromuka wa-amnuka faharim lahmiy wadamiy wasya’ri wabasyari ‘alannar, wa-aminiy min’adzabika yauma tab’atsu ‘ibadaka waj’alniy min auliya-ika wa-ahli tho’atik.

Artinya: Ya Allah kota ini adalah Tanah HaramMu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut dan kulitku dari neraka. Dan selamtkanlah diriku dari siksaMu pada hari Engkau membangitkan kembali hambaMu , dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepadaMu.

Masih ada sambungan doa yang mesti jamaah baca pada waktu tawaf dan sa’i serta menggunting ranmbut yang aka kami sampaikan di materi berikutnya. baca aja pada link ini: Doa Masuk Masjidil Haram

Doa Umar Mulai dari Miqat

لَبَيْكَ اللَّهُمَّ عُمْرَةً لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اللَّهُمَّ إنِّيْ أسْئَلُكَ رِضَاكَ  وَالْجَنَّةَ وَأعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ رَبَّنَا ءَاتِنَافِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ اللَّهُمَّ اِنِّيْ اُحَرِّمُ نَفْسِيْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ  عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِيْ يَاأرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Tulisan Indonesianya sebagai berikut;

Labbayka Allohumma ‘umrotan, Labbayka Allohuma Labbayk  Labbayka la-syari kalaka labbayk, inal-hamda wanni’mata laka walmulk la-syarikalak. Allohumma sholi ‘ala sayidina Muhammad wa’ala ali sayidina Muhammad, Allohumma iniy as-aluka ridhoka waljannata wana’udzubika min sakhotika wanar Robbana atina fidunia hasanah wafil-akhiroti hasanata waqina ‘adzaabannar. Allohumma ini uharimu nafsiy mingkuli ma haromta ‘alalmuhrimi farhamniy ya-arhamar rohimiyn.

Pentup

Para pembaca yang dirahmati Allah mudah-mudahan jamaah semua menjadi haji yang mabrur dan mabrurah Aamiin. Materi doa tersebut kami tuliskan sekedar berbagi saja buat jamaah yang memerlukannya. Kami tidak bermaksud menggurui, namun barangkali ada di antara jamaah yang memang memmerlukan ini untuk kaafdolan hajinya.

Melalui kesempatan ini kami fiqih.co.id selalu tetap memohon kepada semua jamaah calon haji kiranya terus semangat mempelajari manasik haji semoga lebih mandiri ketika jamaah sudah berada di Makkah al-Mukarromah. Aaamiin

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/

Doa Umrah
Doa Umrah

Demikian ringkasan materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Doa Umrah, Dibaca Oleh Jamaah Haji Ketika Miqat & Di Setiap Titik – mudah mudahan materi ini bisa membantu. Mohon kiranya  bagi jamaah yang kurang sependapat dengan materi ini kami harap untuk diabaikan saja. Kami menuliskan materi ini hanya menyiapkan saudara kami yang memang benar benar memerlukan. Materi ini juga bisa dijdaikan sebagai bahan Pemateri Manasik haji bagian fiqih haji. Terimakasih atas kinjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq.