Doa Masuk Masjidil Haram, Melihat Ka’bah Dan Melintasi Maqam Ibrahim

Diposting pada

Doa Masuk Masjidil Haram, Melihat Ka’bah & Melintasi Maqam IbrahimDoa tersebut penting sekali dipanjatkan oleh jamaah umrah atau jamaah haji. Labbaika  Allahumma Labbaik, Labbaika Laa Syarikalaka lbbaiak. Innal hamda wa ni’mata laka wal muluk laa syarikalak.

Dhuyufur rahman Rahima kumullah, Assalaamu ‘alaikum wa raohmatullahi wa barokaatuh. Dalam pada ini fiqih.co.id in syaa Allah akan menuliskan doa doa singkat buat dihafalakan oleh jamaah umrah ataupun jamaah haji. Lafadznya adalah untuk dipanjatkan saat masuk Masjid al-haram.

Selengkapnya silahkan jamaah kiranya berkenan membaca materi kami di bawah ini.

Doa Masuk Masjidil Haram, Melihat Ka’bah & Melintasi Maqam Ibrahim

Para Tamu Allah yang berbahagia, mari kita senantiasa bertaqarub kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui panjatan doa ke hadirat-Nya.

Semua jamaah umrah maupun jamaah haji, pada setiap kali masuk masjid al-haram sebaiknya jangan sampai terlupakan memanjatka doa.

Ada beberapa doa yang baik sekali untuk dibaca pada saat kita masuk masjid al-haram dan ketika kita meihat Ka’bah, demikian juga setiap kita melintasi maqam ibrahi.

Doa Masuk Masjidil Haram

Pada setiap kita masuk Masjidl haram semestinya kita panjatka doa kehadirat-Nya. Terlebih saat pertama kalik kita masuk maka berhenti sejenak sempatkan untuk berdoa.

Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ أنْتَ السَّلَامُ وَ مِنْكَ السَّلَامُ وَ إلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَ أدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَ تَعَالَيْتَ يَذَاالْجَلَالِ وَ الْإكْرَامِ. اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ بِسْمِ الله وَ الْحَمْدُلِلَّهِ وَ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ

Allohumma antas salam wa mingkas salam wa-ilayka ya-‘udus salam fahayina robbana bis salam wa adkhilnal jannata daros salam tabarokta robbana wata’alayta yadzal-jalali wal-ikrom.

Allohummaftahli abwaba rohmatika, Bismillahi wal-hamdulillah wassholatu wassala,u ‘ala rosulillah.

Makna Doa Masuk Masjidil haram

Artinya: Ya Allah Engkau sumber keselamatan dan dripadaMulah datangnya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kedalam surga negerikeselamatan. Maha banyak anugerahMu dan Maha tinggi Engkau.

Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmatMu. (Aku masuk masjids ini) sdengan nama Allah dsisertai dengan segala puji bagi Allah serta solawat dan salam untuk Rosulullah.

Setelah memasuki Masjidil haram maka in syaa Allah jamaah dpat melihat ka’bah, maka saat itu tatapkan pandangan mata ke Ka’ab sambil panjatka juga doa.

Do’a Ketika melihat Ka’bah

Dengan khidmat jamaah memandangkan matanya ke arah Ka’bah seraya mengangkat tangan dan berdoa sebagai berikut;

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَ تَعْظِيْمًا وَ تَكْرِيْمًا وَ مَهَابَةً. وَ زِدْ مَنْ شَرَّفَهُ وَ عَظَمَهُ وَ كَرَّمَهُ مِمَنْ حَجَّهُ اَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيْفًا وَ تَعْظِيْمًا وَ تَكْرِيْمًا وَ بِراً

Allohumma zid hadzal-baita tasyrifan wa ta’dziman wa takriman wa mahabah, wa zid man syarrofahu wa ‘adzomahu wa karomahu miman hajjahu awi’tamarohu tasyrifan wa ta’dziman wa takriman wa birro

Artinya: Ya Allah tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Bait (Ka’bah) ini. Dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan dan menghormatinya diantara mereka yang berhaji atau yang berumroh dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan dan kebaikan.

Do’a keti melintasi Maqom Ibrohim

Selesai membaca doa melihat Ka’bah, jamaah langsung menuju area pelataran Ka’abah jika jamah sudah menunaikan kewajiban shalatnya. Jika belum maka mestinya jamaah tunatikan dulu shalat fardunya. Lalu kemudian lanjut menuanaikan tawaf qudum sekaligus tawaf umrah.

Ketika jamaah melintasi maqam ibrahim bacalah doa seperti berikut ini;

رَبِّ أَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِيْ مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانَ نَصِيْرًا. وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَطِلُ اِنَّ الْبَطِلَ كَانَ زَهُوْقًا

Robbi adkhilniy mudkhila shidqin wa-akhrijni mukhroja shidqin waj’aliy miladungka sulthona nashiro. Waqul-ja-al-haqu wazahaqol batilu inal-batila kana zahuqo.

Artinya: Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisiMu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah (wahai Muhamad) yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.

Pentup

Para pembaca yang dirahmati Allah mudah-mudahan jamaah semuanya menjadi haji yang mabrur dan mabrurah Aamiin.

Mudah-mudahan doa yang kami tuliskan di atas ad manfaatnya bagi jamaah calon haji. Dan untuk selanjutnya kami nanti di artikel berikutnya akan menuliskan doa-doa tawaf.

Melalui tulisan ini kami fiqih.co.id berharap kepada semua jamaah calon haji kiranya tetap istiqamah mempelajari manasik haji, semoga lebih mandiri lagi ketika jamaah sudah berada di Makkah al-Mukarromah. Aaamiin yaa robbal ‘aalamiin.

"<yoastmark

Demikian ringkasan materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Doa Masuk Masjidil Haram, Melihat Ka’bah & Melintasi Maqam Ibrahim – mudah mudahan materi ini bisa membantu. Mohon kiranya  bagi jamaah yang kurang sependapat dengan materi ini kami harap untuk diabaikan saja. Kami menuliskan materi ini hanya menyiapkan saudara kami yang memang benar benar memerlukan. Materi ini juga bisa dijdaikan sebagai bahan Pemateri Manasik haji bagian fiqih haji. Terimakasih atas kinjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq.