Doa Tawaf, Ringkas Dibaca Setiap Putaran Satu Sampai ke Tujuh

Diposting pada

Doa Tawaf, Ringkas Dibaca Setiap Putaran Satu Sampai ke TujuhDoa tersebut adalah doa yang ringkas mudah dihafal dan diperaktekan oleh jamaah. Labbaika  Allahumma Labbaik, Labbaika Laa Syarikalaka lbbaiak. Innal hamda wa ni’mata laka wal muluk laa syarikalak.

Dhuyufur rahman Rahima kumullah, Assalaamu ‘alaikum wa raohmatullahi wa barokaatuh. Pada halaman ini fiqih.co.id akan menuliskan doa tawaf yang sangat ringkas buat dihafalakan oleh jamaah umrah ataupun jamaah haji. Semoga ini dapat membantu jamaah yang memerlukan.

Selengkapnya silahkan jamaah kiranya berkenan membaca tulisan kami di bawah ini.

Doa Tawaf, Ringkas Dibaca Setiap Putaran Satu Sampai ke Tujuh

Para Tamu Allah yang dirahmati Allah Ta’ala, mari kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Semua jamaah umrah maupun jamaah haji, baik gelombang pertama maupun gelombang ke dua sudah dipastikan aka menunaikan tawaf. Pada saat jamaah menunaikan tawaf ada beberapa doa yang mesti dilafadzkan, baik itu tawaf qudum, umrah wajib, sunnah ataupun tawaf iafdhah.

Pada halaman ini kami tuliskan doa yang pendek hanya dengan bertasbih saja setiap putaran, silahkan pelajari tulisannya di bawah ini.

Doa Tawaf

Tawaf dimulai dari searah hajar aswad dengan menghadapkan badan lurus ke hajar aswad dan melambaikan tangan serta mengecupnya.

Jadi diawali dengan mengucapkan Bismilahi Allohu akbar (بسم الله والله اكبر) sambil mengecup tangan kanan, lalu bergerak.

Dalam setiap perjalanan dari hajar aswad sampai rukun yamani membaca :

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلِّا بِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Subhanallohi wal-hamdulillah wala-ilaha ilalloh wallohu-akbar walahaula wala quwata ila billahil-‘aliyil’adziym.

Artinya: Maha Suci Allah segala puji milik Allah tidak ada Tuhan melaikan Allah, Allah Maha Besar dan tiada daya dan kekuatan melainkan atas pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Doa Antara Rukun yamani dan hajar Aswad

Doa tawaf jamaah yang sedang melaksanakannya ketika ia sudah sampai ke sudut rukun yamani, atau sudah posisi searah dengan rukun yamani, maka jamaah melambaikan tangan kanannya dan melafadzkan “Bismilahi Allohu akbar” tanpa mengecupnya.

Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa sampai posisi searah dengan hajar aswad.

Doanya adalah sebagai berikut;

رَبَّنَا ءَاتِنَافِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbona atina fidunia hasanah wafil-akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar.

Artinya: Wahai Tuhan kami brilah kami kebaikkan di dunia dan kebaikkan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.

Dan ketika sudah suearah dengan hajar aswad, jamaah kembali melambaikan tangan kanannya sambil menghadapkan badannya ke arah hajar aswad jika memungkinkan, jika tidak maka boleh dengan ukuran sebisanya saja, ucapkan “Bismilahi Allohu akbar” dan mengecupnya. Demikian ini dilakukan sampai putaran ke tujuh.

Doa Tawaf yang aga panjang

Doa tawaf bisa juga memakai doa yang agak panjang, namun doa yg ini, saya hanya menulisnya dengan tulisan ‘arabnya saja.

Do’anya seperti berikut ;

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلِّا بِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ إيْمَانًا بِكَ وَتَصْدِيْقًا بِكِتَابِكَ وَوَفَاءً بِعَهْدِكَ وَاتِّبَاعًا لِسُنَةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ اِنِّيْ أسْئَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْأخِرَةِ وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ

Arti Doa Tawaf Bahasa Indonesia

Artinya: Maha Suci Allah segala puji milik Allah tidak ada Tuhan melaikan Allah, Allah Maha Besar dan tiada daya dan kekuatan melainkan atas pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Solawat dan salam bagi Rosululloh,SAW. Ya Alloh aku towaf ini karena beriman kepadaMu membenarkan kitabMu dan memenuhi janjiMu dan mengikuti sunah NabiMu Muhamad, SAW. Ya Alloh-sesungguhnya aku mohon kepadaMu ampunan, kesehatan dan perlindungan yang kekal dalam menjalankan agama, di dunia dan akhirat dan beruntung memperoleh surga dan terhindar dari siksa neraka.

Doa Tawaf Antara Rukun Ayamni Dan Hajar Aswad

Pada setiap kali  sampai di rukun yamani maka mengangkat tangan tanpa dikecup sambil mengucapkan :

بسم الله والله اكبر

Sertelah itu langsung membaca doa berikut ini sampai di hajar aswad atau searah dengan hajar aswad;

رَبَّنَا ءَاتِنَافِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ  وَ أدْخِلْنَا الْجَنَّةَ مَعَ الْأبْرَارِ يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Robana atina fidunia hasanah wafil-akhiroti hasanah wa qina ‘adzabannar, wa adkhilnal-janata ma’al abror ya ‘azizu ya ghoffar ya Robal- ‘alamin

Artinya: Wahai Tuhan kami brilah kami kebaikkan di dunia dan kebaikkan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka. Dan masukkanlah kami kedalam surga bersama orang-orang yang berbuat baik, whai Tuhan yang Maha Perkasa, Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam.

Pentup

Para pembaca yang rahima kumullah semoga saja jamaah semuanya menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurah Aamiin.

Tulisan doa tawaf yang kami tuliskan di atas adalah doa yang pendek bisa dibaca stiap putaran, atau boleh memilih yang ke dua juga dibaca setiap putaran. In Syaa Allah di artikel berikutnya kami akan tuliskan doa tawaf putaran ke dua dan seterusnya.

Doa Tawaf
Doa Tawaf

Demikian ringkasan materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Doa Tawaf, Ringkas Dibaca Setiap Putaran Satu Sampai ke Tujuh – mudah mudahan materi ini bisa membantu. Mohon kiranya  bagi jamaah yang kurang sependapat dengan materi ini kami harap untuk diabaikan saja. Kami menuliskan materi ini hanya menyiapkan saudara kami yang memang benar benar memerlukan. Terimakasih atas kinjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq.