Dzikir Sirr : Pahalanya setara dengan 35 juta Dzikir Lisan

2 min read

Dzikir Sirr Pahalanya setara dengan 35 juta Dzikir Lisan.jpg

Dzikir Sirr : Pahalanya setara dengan 35 juta Dzikir Lisan – Pada kesempatan kali ini Fiqih.co.id akan menerangkan tentang dzikir sirr. Dzikir sir adala dzikir yang tidak diucapkan dengan lisan.

Dzikir Sirr : Pahalanya setara dengan 35 juta Dzikir Lisan

Mengenai dzikir sirri atau dzikir sirr ini barangkali ada saja oaring yang kurang sependapat. Dalam menjalankan dzikir sir ini bagi jamaah thoriqoh, khususnya Qodiriyyah wa naqsyabandyah itu sudah menjadi suatu kelaziman.

Mukadimah

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ  أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ   اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ:  أَمَّا بَعْدُ

Pembaca yang dirahmati Allah SWT. dalam pembahasan kali  ini Fiqih.co.id Insyah Allah akan menjelaskan tentang keutamaan Dzikir sirr. Maksud dengan dzikir sirr di sini adalah dzikir hati, artinya lisan dilipat ke atas mata dipejamkan bibir tidak bergerak hati berucap Allah-Allah. Untuk lebih ditailnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Asma Allah Laa- Ilaha Illallah

Ketika Asma Allah Subhanahu wa Ta’ala diucapkan oleh lisan sekali saja, itu disebut dzikir lisan atau dzikir jahar, akan tetapi apabila Asma Allah diucapkan oleh hati, maka itu akan setara dengan tiga puluh lima juta ucapan-ucapan (dzikir) lisan. Itulah dzikir hati atau dzikir qalby. Dzikir sirr ini amalan Jama’ah Thoriqoh pada umumnya, maka sebaiknya antum kalau mau lebih memahami tentang dzikir sirr dan dzikir jahar mestinya berbai’at dulu ke Mursyid Thoriqoh agar tidak salah pemahaman.

BACA JUGA :  Shalat Istisqa : Memohon Siraman Air Hujan Dari Allah

Dzikir sirr juga boleh diamalkan oleh setiap muslim muslimat mukmin mukminat akan tetapi statusnya tetap dzikir biasa bukan Thariqoh, jangan mengamalkan Thoriqoh tanpa berbai’at.

Dzikir Sirr

Terkait dengan dzikir sirr sebagaimana dimaksudkan di atas adalah:

Ada 35 juta pembuluh darah dalam tubuh, dan semua terhubung ke jantung. Ketika Asma Allah diucapkan sekali saja (dengan hati) maka semua yang mengalir itu mengucapkan juga. demikian itulah maka dzikir sirr bisa dikatan satu kali dzikir sirr itu setara dengan 35 juta kali dzikir jahar dzikir jahar yang mana tentunya dzikir jahar yang tidak disertai hati yang khusyu’. Jadi  Dzikir jaharpun tak kalah hebatnya, sebab sama saja ketika lisan berdzikr dengan diikuti hati yang khusyu’ tentu akan menggetarkan seluruh pembuluh darah yang ada pada tubuh dan itu semua ikit berdzikirm berarti dzikir. Dzikir jahar dan dzikir sirr kedua-duanya diperintahkan.

dalam hadits Rosululloh SAW dzikir sir itu adalah dzikir yang paling sempurna namun yang di maksud dengan dzikir sir itu adalah kurang lebihnya dzikir hati dan perasaan dengan tanpa menggerakkan bibir dan lisan cukup dalam hati berucap اللهُ اللهُ اللهُ …..

Petunjuk Dzikir Sirr

Kami membaca dalam Tsamrotul-Fikriyah halaman 34 tertulis sebagai berikut:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُ الذِّكْرِ الْخَفِي وَخَيْرُ الرِّزْقِ مَا يَكْفِى : (رواه احمد بن حنبل وابن حبّان والبيحقي بسند متصلٍ صحيحٍ انظر ثمرة الفكرية ص ٣٤

Artinya: Nabi SAW Beliau bersabda: Sebaik-baik dzikir adalah dzikir rahasiah (maksudnya Dzikir dalam hati yang tanpa di lisankan dengan penuh kekhusyuan) dan sebaik-baik rizqi adalah rizki yang cukup.  (H.Riwayat Imam Ahmad bin Hanbal dan Ibnu Hiban dan Al-baihaqiy  dengan sanad yang  bersambung lagi shohih. Lihat Tsamrotul Fikriyah. hl. 34.)

BACA JUGA :  Dzikir Di Waktu Petang dan Faidahnya yang Luar biasa

Mendawamkan Dzikir Rahasia & Jahar

Dzikir Jahar maupun dzikir sir kedua-duanya itu penting sekali didawamkan oleh hamba beriman. Terkait dengan dzikir Jahar dan dzikir sir, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam berabda:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِسَيِّدِنَا عَلِى كَرَمَ اللهُ وَجْهَهُ *عَلَيْكَ بِمُدَاوَمَةِ ذِكْرِ اللهِ عَـزَّ وَجَلَّ سِـرًّا وَجَـهْـرًا * الحدث.(ثمرة الفكرية ص ٣٤

Artinya: Nabi,Shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Sayidina ‘Ali Karomallohu wajhah. ” Kamu harus  membiasakan Dzikrulloh ‘Aza waJalla dengan sirr dan jahar”. Al-hadits. Ya’ni Sayidina ‘Ali di wajibkan oleh Rosulullah,SAW, untuk berdzikir secara kontinyu dangan cara dzikir yang sir  juga dzikir yang keras.(dinuqil dari Tsamrotul-Fikriyah,halaman 34)

Sikatnya Hati

Jiak ada kotoran yang membandal in syaa allah bila cuci lalu disikat ia akan bersih. Bila hati kotor segeralah cuci dan disikat dengan Dzikir. Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bnersabda:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ لِكُلِّ شَيْئٍ صِقَالَةٌ : وَاِنَّ صِقَالَةَ الْقُلُوْبِ ذِكْرُ اللهِ : وَمَا مِنْ شَيْئٍ اَنْجَى مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ مِنْ ذِكْـرِ اللهِ ، الحدث (ثمرة الفكرية ص ٣٥

Artinya: Sabda Nabi SAW, Sesungguhnya bagi setiap sesuatu itu ada sikatnya, dan sesungguhnya sebagai sikatnya hati itu adalah Dzikrulloh. Dan tidak ada suatu perkara yang lebih bisa menyelamatkan  siksa kubur dari dzikrulloh. (Dinuqil dari Tsamrotul-Fikriyah, halaman. 35)

Cara Mmenjalankan Dzikir Sirr

Dzikir artinya mengingat Allah atau ingat kepada Allah. Sirr artinya rahasia atau samar tidak terdengar dan tidak terlihat oleh siapapun kecuali hanya Allah dan pelakunya. Mengenai dzikir sir Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَقَالَ النَّبِيُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِسَيِّدِنَا عَلِىْ كَرَمَ اللهُ وَجْهَهُ : يَا عَلِيُ اَغْـمِضْ عَيْنَيْكَ وَاَلْصِقْ شَفَتَيْكَ وَاعْلِ لِسَانَكَ وَقُلْ الله-الله-الله: رواه الطبرانيّ والبيهقيّ بسند متّصل صحيحٍ . (ثمرة الفكرية ص ٣٦

Artinya: Nabi SAW beliau bersabda kepada Sayidina ‘Ali  Karomallohu wajhah. Wahai ‘Ali, Pejamkan kedua matamu! Bungkamkan kedua bibir mu….! Dan lipatkan lidahmu…! Dan Ucapkan : Alloh-Alloh-Alloh… (Hadits Riwayat Imam Tobroni dan Al-Baihaqiy dengan  sanad yang bersambung lagi Sohih). (Dinuqil dari Tsamrotul-Fikriyah, halaman .36)

BACA JUGA :  Fadhilah Dzikir : Diantaranya Adalah Menjadikan Wajah Bercahaya

Ringkasan Penegrtian Uraian Di Atas

Hadits-hadits di atas memberikan pengertian kepada kita bahwa:

  1. Dzikir qalby adalah sebaik-baik dzikir
  2. Dzikir sirr merupakan perintah dari Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam.
  3. Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam mengharuskan kita untuk membiasakan dzikir baik jahar maupun dzikir rahasia.
  4. Dzikir merupakan sikatnya hati
  5. Tidak ada suatu perkara yang lebih bisa menyelamatkan  siksa kubur dari dzikrulloh.

"<yoastmark

Demikian ulasan tentang Dzikir Sirr : Pahalanya setara dengan 35 juta Dzikir Lisan – Semoga bermanfaat untuk kita semua terutama yang sefaham dengan kami. Mohon Abaikan saja uraian kami ini, jika pembaca tidak sependapat.Terima kasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab.