Keutamaan Shalat Tahajud : Kedudukan Terpuji Dan Masuk Surga

2 min read

Keutamaan Shalat Tahajud Kedudukan Terpuji Dan Masuk Surga

Keutamaan Shalat Tahajud : Kedudukan Terpuji Dan Masuk Surga – Pada kesempatan ini kami Fiqih.co.id akan menerang tentang Keutamaan Shalat Tahajud. Dalam uraian ini kami sampaikan secara singkat, padat dan spesifik.

Keutamaan Shalat Tahajud : Kedudukan Terpuji Dan Masuk Surga

Mengenai Keutamaan Shalat Tahajud ini tentunya kita semua sudah mengetahui. Namun barangkali masih ada diantara kita yang ingin mengetahuinya. Untuk itu silahkan baca saja uraiannya di bawah ini.

Mukadimah

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ سَنَّ عَلَيْنَا صَلَاةَ اللَّيْلِ، أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله، اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ:  أَمَّا بَعْدُ

Puji dan syukur senantiasa ita panjatka ke hadhirat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Shalawat dan Salam semoga tetap tercurah ke haribaan Nabi Agung Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Para Pembaca yang kami banggakan menmgenai keutamaan Tahjud mari kita sama-sama ikuti saja uraiannya berikut ini.

Berniat Bangun Untuk tahajud Sebelum Tidur

Berkata Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah ebagai berikut: Hendaklah sebelum tidur berniat untuk bangun shalat tahajud sehingga jika ia tertinggal (tidak bisa bangun), tetap mendapat pahalanya.

Sunnah Bersiwak Sebelum Shalat Tahajud.

Sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu, bahwasanya sebelum memulai shalat tahajud, disunnahkan untuk memakai siwak. Juga disunnahkan mengawalinya dengan shalat dua rakaat ringan.

BACA JUGA :  Dalil Taubat, Kautamaan dan Waktu pelaksanaan Shalatnya

Jumlah Raka’at Tahajud

Shalat tahajud dilaksanakan dua rakaat satu salam. Di kalangan para ulama terdapat berbeda pendapat tentang batasan jumlah rakaat Shalat tahajud. Saya membaca dalam beberapa kitab fiqih diaantaranya dalam Kifayatul-Akhyar ddan yang lainnya. Di sana diterangkan sedikitnya shalat tahjud itu dua rok’at, dan paling banyak ialah delapan roka’at, tapi ada juga yang mengatakan dua belas roka’at, namun demikian juga ada yang berpendapat bahwa tidak ada batasan jumlah roka’at. (wallahu ‘alam).

Rasulullah terkadang melaksanakan 11 rakaat termasuk witir dan terkadang 13 rakaat termasuk witir.

Keutamaan Shalat Tahajud

Mengenai Keutamaan shalat tahajud itu sangat luar biasa. Keutamaanya membuat kita semestinya termotivasi untuk dapat mengerjakannya dan membiasakannya.

Dan diantara keutamaannya adalah:

Kedudukan Terpuji

Siapa saja yang sudah ahli shalat tahajud mak ia akan diangkat Allah ke tempat/kedudukan yang terpuji. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surat Al Isra ayat 79 sebagai berikut:,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا، الإسراء : ٧٩

Artinya : ” Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”.

Kunci Masuk Surga

Pintu Surga akan terbuka karena fadhilah Tahajud

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 قَالَ لَمَّا قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ اسْتَشْرَفَهُ النَّاسُ فَقَالُوا قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ فَخَرَجْتُ فِيمَنْ خَرَجَ فَلَمَّا رَأَيْتُ وَجْهَهُ عَرَفْتُ أَنَّ وَجْهَهُ لَيْسَ بِوَجْهِ كَذَّابٍ فَكَانَ أَوَّلُ مَا سَمِعْتُهُ يَقُولُ يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلَامَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الْأَرْحَامَ وَصَلُّوا وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ

Artinya : “Tatkala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam datang ke Madinah, orang-orang menyambut beliau dan berkata, “Rasulullah telah datang, Rasulullah telah datang! Kemudian aku keluar di antara orang-orang yang keluar itu, maka ketika aku melihat wajahnya aku mengetahui bahwa wajahnya bukanlah wajah seorang pendusta. Dan pertama yang aku dengar beliau mengatakan: “Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah hubungan kekerabatan dan shalatlah saat orang-orang sedang tidur maka kalian akan masuk surga dengan selamat.” (Hadits Darimi Nomor 1424)

BACA JUGA :  Dzikir 'Ataqah 2 : Sughro (Fidak Sughro) 70.000 Kali Baca Tahlil

Shalat Sunnah Paling Utama

Shalat Tahajud atau Shalatul-lail yakni Qiyamul-lailadalah shalat sunnah yang paling utama.

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam berdsabda:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

Artinya : “Shalat yang paling afdhol setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. An Nasa’i)

Kemuliaan dan Kewibawaan

Orang yang senatiasa mengerjaka shalat sunnah tahajud, maka nanti di akhiratnya mendaptkan kemuliaan.

Tidak hanay di akhirat, akan tetapi di duniapu aia akan mendapatkan kedudukan yang mulia. Dan Allah akan memberinya kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

Artinya : “Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

Dikabulkan Doanya

Orang yang selalu mengerjakan shalat tahajud klalu ia berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, in syaa Allah doanya maqbul. Terlebih jika ia melakukannya pada sepertiga malam yang terakhir.

In Syaa Allah Termasuk Orang Shalih

Shalat tahajud adalah kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Oleh karena itu baranga siapa yang saat ini istiqamah mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang shalih.

Rasulullah shollallahu ‘aal;aihi wa sallam bersabada:

عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ وَهُوَ قُرْبَةٌ إِلَى رَبِّكُمْ وَمَكْفَرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ لِلْإِثْمِ قَالَ أَبُو عِيسَى وَهَذَا أَصَحُّ مِنْ حَدِيثِ أَبِي إِدْرِيسَ عَنْ بِلَالٍ

Artinya : “Dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda: “Hendaknya kalian melakukan shalat malam karena shalat malam adalah hidangan orang-orang shalih sebelum kalian, dan mendekatkan kepada Tuhan kalian, menghapus keburukan, serta mencegah dosa.”Abu Isa berkata; hadits ini lebih shahih daripada hadits Abu Idris dari Bilal”. (Hadits Tirmidzi Nomor 3472)

Pencegah dan Penghapus Dosa

Pada umumnya bagi setiap insan itu pasti mempunyai dosa. Maka dosa-dosa kecil akan rontog berjatuhan wasilah dengan mengerjakan shalat sunnah tahajud ini.

BACA JUGA :  Dzikir 70.000 : Fatwa Para Masyayikh Membacanya Untuk 'Ataqah

Tahajud juga dapat mencegah dari perbuatan dosa. Orang yang istiqamah shalat tahajud akan mendapatkan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga dirinya terhindar dari maksiat dan perbuatan dosa.

Tolak Bala Atau Penyakit

Diantara keutamaan shalat tahajud ialah menolak penyakit. Dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala, orang yang mendawamkankan shalat sunnah tahajud ini, ia akan dijaga kesehatannya oleh Allah dan ia akan dijauhkan dari penyakit.

Keutamaan Shalat Tahajud Kedudukan Terpuji Dan Masuk Surga
Keutamaan Shalat Tahajud Kedudukan Terpuji Dan Masuk Surga

Demikian ulasan tentang Keutamaan Shalat Tahajud : Kedudukan Terpuji Dan Masuk Surga Semoga bermanfaat untuk yang mau mengamalkannya. Mohon Abaikan saja uraian kami ini, jika pembaca tidak sependapat.Terima kasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab.