Tiga Kalimat Yang Alamat I’robnya Dikecualikan

1 min read

Tiga Kalimat Yang Alamat I’robnya Dikecualikan

 

Tiga Kalimat Yang Alamat I’robnya Dikecualikan – Para santri yang berbahagia rohimakumullah. Berikut ini fiqih.co.id menyambungkan tentang; وَخَرَجَ عَنْ ذَلِكَ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ dalam bab Al-mu’robatu qismani. Pada halaman ini kami akan jelaskan sedikit biar santri lebih memahaminya.

Tiga Kalimat Yang Alamat I’robnya Dikecualikan

Sebagaimana telah diterangkan bahwa ada tiga kalimat yang dikecualikan alamat i’robnya yaitu seperti yang tertulis pada matannya;

وَخَرَجَ عَنْ ذَلِكَ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ، جَمْعُ الْمُؤَنَثِ السَّالِمُ يُنْصَبُ بِالْكَسْرَةِ، وَالْإِسْمُ الَّذِيْ لَا يَنْصَرِفُ يُخْفَضُ بِالْفَتْحَةِ وَالْفِعْلُ الْمُضَارِعُ الْمُعْتَلُّ الْأَخِرُ يُجْزَمُ بِحَذْفِ أَخِرِهِ

Untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan Tiga Kalimat Yang Alamt I’rabnya Dikecualikan

Adapun tiga kalimat yang alamat i’rabnya dikeculikan itu adalah sebagai berikut;

  1. Isim Jama’ Muanats Salim.
  2. Isim Ghoir Munshorif.
  3. Fi’il Mudhori’ Mu’tal Akhir (yakni Fi’il Mudhri’ yang huruf akhirnya ada huruf ‘ilat).

Jadi dari tiga kalimah tersebut yang seyogianya kalau pada posisi nashab  mesti “fathah” tapi ini bukan, malah ketika dia ada di posisi nashab maka dia alamatnya kasrah itulah isim jama’ muanats salim.

Demikian juga dengan Isim Ghoir Munshorif, ketika dia ada di posisi Khofdz atau pada tingkah jar, dia tidak kasrah melainka alamatnya dia adalh “Fathah”, itulah isim ghoir munshorif.

Begitu juga fiil mudhori’ yang mu’tal akhir, ketika tingkah rofa’ dia muqaddaroh, dan katika dia berada di posisi jazm dia tidak sukun melaikan dia membuang huruf yang terakhir dari kalimah tersebut.

BACA JUGA :  Bab Haal   dan Tamyiz Disertai Terjemahannya

Contoh Isim Jama’ Muanats salim

Isim Jamak Muanats Salim seperti kalimat: “السَّمَاوَاتُ” Kalimah tersebut berada pada posisi tingkah Rofa’ dan ketika kalimah tersebut berada di posisi tingkah Nashab maka harokatnya bukan fathah akan tetapi harokatnya menjadi Kasrah sebagaiman I’rob di atas:

Mengi’rab Isim Jama’ Muanats Salim

ٴ[ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ.] خلق كليمة فعل مضارع تداك أدا عامل يڠ ممرينتهكن، مَكَ ديا هروس رفع علامة رفعۑا ضمة ظاهر، فاعلۑا ضمير مُسْتَتَرْ جَوَّازًا تقديرۑا هُوَ هو يعود على الله، السَّمَاوَاتِ جدي مفعول خَلَقَ، هروس نصب علامة نصبۑا كسرة كرنا كليمة إسم جمع مؤنث السالم].ٴ

Contoh Isim Ghoir Munshorif

Isim Ghoir Munshorif seperti kaliamt “أَحْمَدُ” Kalimat tersebut berada pada posisi tingkah Rofa’ dan ketika kalimat tersebut berada posisi tingkah Jar, maka harokatnya bukan Kasrah melainkan Fathah karena kalimat tersebut adal ghoir munshorif. Lafadz: “أَحْمَدُ” ini aslinya adalah kalimah fi’il mudhori’ tasrif ke 13 dari lafadz “يَحْمَدُ يَحْمَدَانِ يَحْمَدُوْنَ” sehubungan kalimat tersebut digunakan untuk nama orang maka statusnya berubah manjadi isim ghoir munshorif. Sebagaimana i’rob di atas:

Mengi’rob Isim Ghoir Munshorif

 مَرَرْتُ بِأَحْمَدَ. مَرَرْتُ، مَرَرْ فعل تُ مبني ضمة محل رفع جدي فاعل، بِ حروف جار أَحْمَدَ مجرور هروس جار علمة جارۑا فتحة كرنا كليمة إسم غير منصرف

Conrtoh Fi’il Mudhori’ Mu’tal Akhir

Fi’il Mudhori’ Mu’tal Akhir contoh seperti kalimat: “يَرْمِيْ” kalimat tersebut adalah mu’tal akhir, lam fi’ilnya adalah huruf ‘ilat yaitu hruf “Ya” maka ketika masuk amil jazm pada kalimat seperti ini mesti huruf terakhir harus dibuwang seperti yang sudah kami tuliskan dalam i’rabnya yaitu: “يَرْمِيْ” masuk Lam Nafi Jazm Qolab, maka menajadi : “لَمْ يَرْمِ” jadi i’robnya seperti ini:

BACA JUGA :  Bab Manshubatil-Asma Dan Maf’ul-bih Beserta Terjemahannya

Mengi’rob Fiil Mudhori’ Mu’tal Akhir

لَمْ يَرْمِ أصلۑا يَرْمِيْ مسوك لم نفي جزم قلب مك منجدي لَمْ يَرْمِ . لم حروف نفي جزم قلب يَرْمِ كليمة فعل مضارع ديفرينته أوليه حروف لم ديفرينته جزم علامة جزمۑا ڠبواڠ حروف يڠ ترأخر كرنا معتال

Coba kalian Perhatikan pada contoh I’rab di atas; fiil mudhori’ yang mu’tal akhir yakni huruf yang terakhir pada fiil mudhori’ tersebut adalah huruf ‘ilat yaitu huruf “Ya” Kalimat ini yang disebut dengan “mu’taal lam”. Artinya lam fiilnya huruf ilat.

Masih banyak kalimat-kalimat lainnya yang mu’tal lam. Semua fiil mudhori yang mu’tal akhir itu pasti apabila dimasuki amil jazm maka wajib dibuang huruf yang akhir.

Selanjutnya antum baca saja pad link ini ; Yang Diirobi Dengan Huruf Kalimat Itu Ada Empat Macam

Tiga Kalimat Yang Alamat I’robnya Dikecualikan
Tiga Kalimat Yang Alamat I’robnya Dikecualikan

Demikian Materi singkat tentang; Tiga Kalimat Yang Alamat I’robnya Dikecualikan – Semoga membantu dan bermanfaat. Terimaksih sudah belajar bersama kami semoga ilmu kalian manfaat Aamiin. Wallahul muwaffiq.