Puasa Sunnah, Hikmah dan Penjelasannya Menurut beberapa sumber

Diposting pada

Puasa Sunnah, Hikmah dan Penjelasannya Menurut beberapa sumber – Pada halaman ini fiqih.co.id akan memberikan materi tentang beberapa hikmah puasa sunnah. Pada uaraian kalui ini kami sampaikan pula beberapa keterangannya. Lebih jelasnya mari kit abaca ringkasan ini sampai selesai.

Puasa Sunnah, Hikmah dan Penjelasannya Menurut beberapa sumber

Untuk menjalakan sunnah Nabi adalah kebaikan dari seluruh ummat islam. Adapun hukum dari ibadah sunnah tersebut memang tidak seperti hukum melaksanakan ibadah wajib. Hanya saja dalam ibadah sunnah tentu akan sangat bernilai lebih apabila sunnah-sunnah ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sempurna.

Pengertian Hikmah

Di anatara Pengertiannya ialah; Hikmah ini tidak hanya dari ilmu yang telah kita pelajari dari berbagai buku dan juga bukan pula dari berbagai peristiwa-peristiwa yang kita alami. Hikmah ialah suatu renungan dan kesungguhan memanfaatkan ilmu yang didapat dari pelajaran dan peristiwa yang berharga baginya.

Jadi Hikmah itu adalah suatu renungan serta kesungguhan memanfaatkan ilmu-ilmu dan peristiwa-peristiwa. Selain itu juaga mesti melihat keterkaitan yang ada di dalamnya. Oleh seabab  itu sudah semestinya menjadi tugas kita untuk menumbuhkan rasa cinta pada hikmah untuk kemaslahatan kita.

Jika kita berbicara hikmah, tentu kita dapat melihat, mempelajari dan mengamalkan tentang kearifan, kebaikan dalam beragama yang semuanya bersumber dari Al qur’an.

Ibadah Memiliki Hikmah

Semua perintah Allah serta apa pun yang dicontohkan oleh Rasulullah sudah barang tentu memiliki hikmah dan manfaat bagi pengamalnya. Kesemuanya itu bukan hanya sebagai bentuk ibadah kepada Allah, akan tetapi dapat juga dirasakan manfaatnya bagi yang menjalankan. Perihal ini karena islam adalah agama penerang dan penyelamat manusia. Dengan menjalankan ajarannya sudah pasti ia akan gemilang dan terhindar dari keseatan.

Demikian juga ketika menjalankan ibadah puasa sunnah. Berpuasa sunnah sudah pasti akan ada manfaat yang dapat kita peroleh. Yang Pasti hikmah apa yang dijalankan setiap orang akan berbeda-beda, hanya saja dalam menjalankan-nya ada beberapa hal yang kita rasakan bersama. Diterang dalam sebuah hadits;

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ مَا شَاءَ اللَّهُ يَقُولُ اللَّهُ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: “Setiap amal anak Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kebaikan sekehendak Allah, Allah berfirman, “Kecuali puasa, puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, ia tinggalkan makan dan minumnya karena Aku. Orang yang berpuasa itu mempunyai dua kebahagiaan, satu kebahagiaan ketika tiba waktu berbuka, dan satu kebahagiaan lagi ketika berjumpa dengan Rabbnya. Dan sungguh, bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari bau minyak kesturi. ” (Hadits Ibnu Majah Nomor 1628)

Hadits tersebut memberikan pengertian kepada kita bahwa; ibadah puasa sunnah tentunya akan mendapatkan banyak sekali kebaikan dan kebahagiaan yang dirasakan oleh pengamalnya.

Hikmah Menjalankan Ibadah Puasa Sunnah

Di antara hal-hal yang bisa diambil hikmah ketika menjalankan ibadah sunnah. Akan tetapi tentunya hikmah setiap ibadah itu bergantung pada penerapan ibadah masing-masing. Antara lain mengenai hikmahnya menjalankan ibadah puasa sunnah ialah;

  1. Melatih Diri Melawan Hawa Nafsu.
  2. Mengajarkan Untuk Hidup Sederhana.
  3. Ikut merasakan sebagimana yang dirasakan oleh saudaranya yang hidup dalam kesederhanaan.
  4. Menjaga Kesehatan.
  5. Melatih Diri Membiasakan Istiqomah Beribadah.
  6. Mendapatkan Kenikmatan Menjadi Bagian dari Ummat Rasu.

Adapun penjelasannya mengenai dari hikmah hikmah tersebut ialah sebagai berikut;

Melatih Diri Melawan Hawa Nafsu

Puasa yang ditunaikan mulai subuh sampai adzan magrib berkumandang jelas bukan hal mudah jika kita tidak terbiasa dengan menahan diri. Larangan ketika berpuasa seperti makan dan berhubungan pasutri tentu mengajarkan agar kita dapat mengelola emosi dan dorongan hawa nafsunya. Perihal tersebut tentu saja bukan untuk dihilangkan akan tetapi dapat dikelola dengan baik agar supayat mencapai tujuan hidup menurut islam, dan tujuan penciptaan manusia.

Puasa sunnah ini dapat melatih kita agar tidak mudah terbawa emosi, amarah, dan juga hawa nafsu yang mendesak. Lain dari itu, berpuasa sunnah juga mengajarkan kita untuk bersabar dan tidak serta merta terbawa oleh rayuan atau godaan setan. Puasa hanya dijalankan selama kurang lebih 16 jam, sehingga kita tetap bisa makan dan minum secukupnya saat sahur dan berbuka.

Mengajarkan Untuk Hidup Sederhana

Dengan berpuasa sunnah kita pun juga dapat melatih untuk hidup sederhana. Ketika berpuasa kita tidak banyak untuk membeli makanan atau minuman, dan menahan diri dari segala hal duniawi. Hal ini juga sekaligus mengajarkan kita untuk hidup berempati sosial pada lingkungan sekitar yang mungkin hidupnya lebih kurang beruntung dari kita.

Menjaga Kesehatan

Manfaat dari puasa sunnah adalah kesehatan tubuh lebih terjaga dan dapat melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat membuat tubuh kita lebih fit dan sehat. Ketika tubuh kita beristirahat dari segala macam makanan atau minuman yang tidak sehat serta dibatasi agar tidak berlebihan maka kesehatan kita akan terjaga.

Beberapa pakar kesehatan banyak merekomendasikan orang-orang yang sedang mengalami penyakit tertentu untuk melakukan puasa. Seperti penyakit diabetes, obesitas, dan lain-lain. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berusaha menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit, puasa sunnah dapat membantu hal tersebut terselesaikan.

Melatih Diri Membiasakan Istiqomah Beribadah

Jenis puasa sunnah sangat banyak. Jika dilakukan terus menerus maka hal ini akan menambah keistiqomah kita dalam beribadah dan juga melaksanakan perintah-perintah Allah lainnya. Jika terbiasa dilakukan tentu saja akhirnya menjadi suatu akhlak atau moral dan keistiqomahan beribadah dapat kita terus tuju.

Mendapatkan Kenikmatan Menjadi Bagian dari Ummat Rasul

Ketika ibadah sunnah ini dijalankan terus menerus dan sebaik-baiknya maka akan ada manfaat yang terus mengalir dan kita dapatkan. Hal ini tentu akan menambah kenikmatan kita menjadi bagian dari ummat Rasul. Kita tidak akan pernah mendapatkan kenikmatan menjadi ummat rasul jika kita tidak pernah menjalankannya. Untuk ibadah sunnah dapat membuat kita semakin bermakna dan nikmat menjadi ummat Rasulullah SAW. Sumber : dutadakwah.co.id

"<yoastmark

Demikian uraian ringkas materi tentang; Puasa Sunnah, Hikmah dan Penjelasannya Menurut beberapa sumber – Mudah mudahan dari materi ringkas ini dapat meberikan manfaat pada kita semua. Mohon Abaikan saja uraian kami ini, jika pembaca tidak sependapat. Terimakasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab.