Puasa Weton; Yakni Puasa Hari Kelahiran dan Manfaatnya

Diposting pada

Puasa Weton; Yakni Puasa Hari Kelahiran dan Manfaatnya – Pembca yang budiman semoga rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala tetap pada kita semua Aamiin. Pada kesempatan ini fiqih.co.id akan menyampaikan materi Mengenai Shaum di hari kelahiran yakin puasa sunnah pada hari kelahiran masing-masing dan beberapa manfaatnya.

Puasa Weton; Yakni Puasa Hari Kelahiran dan Manfaatnya

Setiap Manusi yang terlahir ke alam dunia yang fana ini sudah pasti ada pada satu hari saja. Sudah menjadi ketetapan Allah Ta’ala bahwa hitungan hari itu hanya 7 hari. Adapun hari yang pertama ialah hari ahad sedangkan hari ke 7 nya adalah hari sabtu. Di antara kita semua yang sudah terlahir ke dunia ini sudah pasti dilahirkan pada salah satu dari hari yang tujuh tersebut. Lalu kemudian adakah dibolehkan berpuasa pada hari kelahiran tersebut?, simak penjelasannya di bawah ini.

Puasa Hari Kelahiran

Shaum pada hari ia dilahirkan, dalam istilah jawa amalan tersebut disebut dengan “puasa weton”. Lalu bagaiman islam memandang amaln tersebut?. Dan apa manfaatnya atau keutamaannya dari malan itu?. Adakah pahalanya bagi yang mengamalkannya?.

Saudar ku yang dirahmati Allah, untuk kita kertahui bahwa segala perbuatan itu bergantu pada niatnya. Jika kita nitkan karena Allah maka sudah pasti akan mendapatkan ridha Allah Ta’ala. Sebagaimana telah kita maklumi bersama bahwa terdapat dalam ketranga sebagai berikut;

“Setiap perbuatan (hanya sah) dengan niat dan setiap orang akan mendapatkan pahala sesuai dengan niatnya”. (HR Bukhari Muslim).

Dalil Puasa Hari Kelahiran

Jelas sekali Islam sanagt membolehkan puasa hari kelahiran. Diterangkan dalam sebuah hadits yang tertulis dalam kitab Bulughul Marom seperti berikut:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اَلِاثْنَيْنِ, قَالَ: ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ, وَبُعِثْتُ فِيهِ, أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: Dan ketika beliau ditanya mengenai puasa hari Senin, beliau menjawab: “snin adalah hari kelahiranku, dan pada hari itu juga aku diutus, dan hari diturunkan al-Qur’an padaku.” Riwayat Muslim.

Dalil ini menunjukkan kepada kita bahwa di hari kelahiran sebagai tanda bsrsyukur kepada Allah Ta’ala sebaiknya kita berpuasa sunnah pada hari tersebut. Akan tatapi jangan sampai keliru dalam memahaminya. Jadi intinya jika kita tidak terhutang puasa wajib, maka amat baik sekali kita shaum pada hari kita dilahirkan.

Keutamaan Puasa Hari Kelahiran

Anatara lain mengenai keutaman puasa hari kelahiran itu ialah;

  1. Diridhai Allah Ta’ala.
  2. In Syaa Allah besok di hari kiamat ia akan mendapat Syafa’at Rasulullah.
  3. Diijabah Doanya.
  4. Dijauhkan dari Musibah.
  5. Badan Menjadi sehat.
  6. Kuat Mentalnya.
  7. In Syaa Allah Akan Harmonis dalam rumah tangganya.

Uraian Ringkas dari 8 keutamaan Puasa Hari Kelahiran

Saudaraku semua yang dirahmati Allah Ta’ala. Secara ringkas kami akan uraikan mengenai delapan keutamaan shaum hari kelahiran sebagi berikut;

  • Adapun yang dimaksudkan dengan “Diridhai Allah” ini adalah; karena puasa kita tersebut diniati karena Allah dan mengingnkan keridhan-Nya karena rasa Sykur kepada-Nya. Dalam Hadits qudsi Allah Berfirman “Aku ada pada prasangka hambaKu  PadaKu”.
  • Adapun mendapat “Syafaat Rasulullah” ini karena itba’ dan ta’atnya kita kepada Rasulullah Shollallahu ‘a;aihi wa sallam.
  • Kemudian “Diijabahnya Doa”, Sebab pada dasarnya setiap orang yang dalam keadaan lapar karena Allah dan dalamkeadaan sedang berpuasa, maka semua doanya itu dikabul Allah seperti juga diterangkan dalam hadits qudsi.
  • Yang dimaksud dengan “Dijauhkan dari musibah”, ini karena selalu istikomah di daslam doa dan prilakunya yang selalu munajat kepada Allah yang maha segalanya.
  • “Badan Menjadi Sehat” hal ini diterangkan juga oleeh baginda Rasulu dalam sabdanya yang artintinya: “Puasalah kalian maka kalian aka sehat”.
  • Lalu “Kuat Mentalanya”, Kenapa tidak dia dengan ikhlas karena Allah menjalankan ibadah sunnah dengan bertujuan sebagaimana disebutkan dalam uaraian di atas.
  • Selanjutnya “Harmonis dalam rumah tangganya”. Pada umumnya orang yang berpuasa itu ia selalu menjaga rasa dan perasaan, ia todak akan menyakiti meski dia tersakit.

Nia Hari Kelahiran

Sebagaimana telah kami terang di artikel-artikel sebelumnya bahwa niat itu adalh pekerjaan hati, tapi jika diucpkan itu lebih sempurna. Kenapa mesti mengucapkan niat itu dikatakan lebih sempurna?. Sebab dengan mengucapkan niat tersebut hati akan lebih tertolong untuk menghadirkan niat.

Oleh karena itu bila antum mau melafadzkan nitnya, ini lafazdnya;

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ،  بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ يَوْمَ وُلِدْتُ فِيْهِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

A’udzu billahi minasy-syaithonir rojiym. Bismilahir rohmanir rohim. Nawaitu Shauma ghodin yauma wulidtu fihi sunnatal lilahi ta’ala

Artinya: Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. “Aku Niat Puasa besok pagi yaitu pada hari aku dilahirkan di ahri itu sunnah karena Allah Ta’ala.

"<yoastmark

Demikian uraian ringkas materi tentang; Puasa Weton; Yakni Puasa Hari Kelahiran dan Manfaatnya Mudah mudahan materi ringkas ini dapat meberikan manfaat bagi kita semua. Mohon Abaikan saja uraian kami ini, jika pembaca tidak sependapat. Terimakasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab.