Doa Akhir Tahun Hijriyah, Dibaca tanggal 29 atau 30 Dzul-Hijjah

2 min read

Doa Akhir Tahun Hijriyah

Doa Akhir Tahun Hijriyah, Dibaca tanggal 29 atau 30 Dzul-Hijjah – Saudara dan saudariku seiman Rahimakumullah. Pada halaman ini Fiqih.co.id akan menuliskan doa akhir tahun hijriyah.

Doa Akhir Tahun Hijriyah, Dibaca tanggal 29 atau 30 Dzul-Hijjah

Penanggalan hijriyah itu berbeda dengan penanggalan miladiyah. Kalau miladiyah menggunakan kalender Syamsiyah, sedangkan Hijriyah itu menggunakan kalender qomariyah. Untuk lebih jelasnya mari kit abaca saja sampai selesai uraiannya di bawah ini.

Mukadimah

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ  أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ، اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ:  أَمَّا بَعْدُ

Segal puji bagi Allah yang telah memberi kita umur panjang. Mudah-mudahan umur yang diberi Allah ini berkah, Aamiin. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah ke haribaan nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam. Semoga kita semua mendapatkan Syafa’at beliau kela di kemudiaan hari, Aamiin.

Pembaca yang kami kagumi perkenankan kami dalam lembaran yang ini akan menuliskan doa akhir tahun. Berikut uraiannya.

Tahun Hijriyah

Tahun hijriyah yang kami maksudkan di sini ialah tahun yang digunakan oleh muslim pada umumnya. Hijriyah ini menggunakan kalender qomariyah, yakni perjalanan bulan. Kalender qomariyah ini lebih cepat dibanding dengan kalender syamsiyah. Adapun nama bulan satu dari tahun hijriyah adalah Muharam. Sedangkan nama bulan yang ke dua belasnya adalah Dzul-Hijjah. Pada bulan Dzul-hijjah ini yang disebut bulan akhir tahun. Jadi akhir tahunnya adalah pada tanggal 30 dzul-hijjah jika sempurna 30 hari. Sedangkan jika hanya sampai 29 hari, maka akhir tahunnya adalah tanggal 29 dzul-hijjah.

BACA JUGA :  Shalat Sunnah Fajar, Tata Cara Dan Yang Dilakukan Setelahnya

Akhir tahun Hijriyah

Akhir tahun hijriyah adalah bertepatan dengan akhir waktu asar pada tanggal 29 atau 30 dzul-hijjah. Untuk tahun ini 1441 hijiriyah menurut kalender yang kami lihat hanya sampai 29 hari. Maka dari itu untuk akhir tahun pada tahun 1441 hijriyah jatuh pada:

Hari : Rabu.

Tanggal : 29 Dzul-hijjah bertepatan dengan tanggal; 19 Agustus 2020 Masehi.

Waktu : Setelah shalat ‘asar di masing-masing daerah.

Membaca Doa akhir tahun

Pembacaan doa ini sebaiknya dibaca setelah shalat asar pada akhir waktu asar di masing-masing daerah. Mengapa kami katakan demikian?, sebab waktu kita tidak sama. Jadi dalam pembacaannya diperkirakan saja menurut pendapat masing-masing yang tepat. Kalau menurut kami tepatnya adalah 30 menit sebelum masuk waktu magrib pada tanggal tersebut.

Teks doa akhir tahu hijriyah

Adabanyak macam teks doa akhir tahun. Namun pada lembaran ini yang kami tulis adalah mengutip dari Kitab Parukunan karya Tuan Abdur-Rasyid Banjar. Tertulis pada halaman : 74.

Pada tulisan ini kami tidak merubah sedikitpun, kami tulis sesuai aslinya. Memperhatikan teks doa ini adalah Mutakalim wahdah (perorangan), maka sebaiknya juga dibaca secara perorangan. Akan tetapi boleh saja diadalam satu keluarga secara berjama’ah di rumah masing-masing dan diaminkan oleh keluarga yang ada dengan catatan :. Ya Mutakalim wahdah harus dirubah dengan Na dhomir mutakalim ma’al-ghair.

Doa Akhir Tahun

Teks arabnya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَ نَسِيْتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلٰى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جَرَآءَتِيْ عَلٰى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اَللّٰهُمَّ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَاىِٔيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ. وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، (٣×)ۥ

Teks Indonesia

Bismillahir-rohmaanir-rohiim.

BACA JUGA :  Doa Awal Tahun Hijriyah, Dibaca tanggal satu muharrom

Wa shollallahu ‘ala sayidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Allahumma ma ‘amiltu fi hadzihis-sannati mimma nahaytanii ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhohu. Wanasiituhu walam tansahu wa halimta ‘alaya ba’da qudrotika ‘ala ‘uqubatii wa da’autanii ilat-taunatii minhu ba’da jaroo-atii ‘ala ma;siyatika.

Fa innii astaghfiruka faghfirlii wa ma ‘amiltu fiha mimma tardhohu wawa’adtanii ‘alaihits-stawaba fa as-aluka.

Allahumma ya dzal-jalalaali wal-ikromi an ttataqobbalahu minnii wa la taqtho’ rojaa-ii minka ya kariim.

Wa shollallahu ‘ala sayidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Makna Doa

Artinya : Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

“Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Ya Allah, laranglah apapun dari-Mu yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya. Dan Engkau tidak meridhainya,aku telah melupakannya sedangkan Engkau tidak melupakannya.

Engkau bersikap penyantun kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku. Dan Engkau telah menyeruku untuk bertaubat sesudah aku berani berbuat durhaka kepada-Mu. Maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada Engkau, ampunilah aku.

Dan hal-hal apapun yang Engkau ridhai yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada Engkau, Ya Allah.

Wahai yang Mahamulia, wahai yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, sudilah Engkau menerimanya, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu. Wahai Yang Mahamulia. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam-Nya kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ juga pada keluarga dan para sahabatnya.”

Sebaik bacaan

Doa akhir tahun tersebut sebaiknya di baca sampai 3 kali, iaitu akhir waktu ashar pada tangga ke 29 atau 30 Dzulhijjah.

BACA JUGA :  Keutamaan Shalat Tahajud : Kedudukan Terpuji Dan Masuk Surga

Dalam kitab tersebut tertulis:

فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَقُوْلُ تَعْبَنَا مَعَهُ طُوْلَ السَّنَةِ فَأَفْسَدَ تَعْبَنَا فِيْ سَاعَةٍ وَاحِدَةْ

Artinya: Maka sesungguhnya Syetan ia berkata:. “Kami sudah bersusah payah bersamanya sepanjang tahun, maka telah menghancurkan terhadap kerja keras kami dalam satu saat”.

Penjelelasan

Pengertiannya adalah: “Kata syetan kami ini sudah bersusah payah ful setahun menemani orang ini (aku menggodanya dan dia telah menjadi temanku kata syetan). Ee tiba-tiba pada akhir tahun dia malah minta pengampunan kepada Allah dan Allah mengampuninya. Siyal kita celaka kita sia-sialah kerja keras kita. Itulah kurang lebih ungkapan syetan.” Baca link ini ⇒: Doa awal tahun

Doa Akhir Tahun Hijriyah
Doa Akhir Tahun Hijriyah

Demikian Penjelasan fiqih.co.id tentang Doa Akhir Tahun Hijriyah, Dibaca tanggal 29 atau 30 Dzul-Hijjah – Semoga bermanfaat untuk kita semua terutama yang sefaham dengan kami. Mohon Abaikan saja uraian kami ini, jika pembaca tidak sependapat.Terima kasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab.

Doa Khatam Al-Quran, Arab, Indomesia dan Terjemahannya

Rate this post Doa Khatam Al-Quran, Arab, Indomesia dan Terjemahannya – Pada halaman ini fiqih.co.id akan menuliskan tentang Doa Khatam Al-Quran. Di dalam penulisan...
admin
4 min read

Doa Setelah Khatam Al-Quran Praktis tinggal baca Arab dan…

Rate this post Doa Setelah Khatam Al-Quran Praktis tinggal baca Arab dan Indonesianya – Para Pembaca Rahimakumullah, di halaman yang ini fiqih.co.id akan menulis...
admin
4 min read