Doa Awal Tahun Hijriyah, Dibaca tanggal satu muharrom

3 min read

Doa Awal Tahun Hijriyah

Doa Awal Tahun Hijriyah, Dibaca tanggal satu muharrom – Pembaca seiman Rahimakumullah. Pada lembaran ini Fiqih.co.id akan menuliskan doa awal tahun. Awal tahun di sini maksukdnya adalah tahun hijriyah.

Doa Awal Tahun Hijriyah, Dibaca tanggal satu muharrom

Penanggalan hijriyah itu berbeda dengan penanggala miladiyah. Kalau miladiyah menggunakan kalender Syamsiyah, sedangkan Hijriyah itu menggunakan kalender qomariyah. Untuk lebih jelasnya mari kit abaca saja sampai selesai uraiannya di bawah ini.

Mukadimah

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

  الحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ،  أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ، اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ:  أَمَّا بَعْدُ

Puji syukur Al-hamdulillah. Semoga umur yang diberi Allah ini berkah, Aamiin. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah ke haribaan nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam. Mudah-mudahan kita mendapat Syafa’at beliau kela di kemudiaan hari, Aamiin.

Pembaca yang kami budiman izinkzn kami dalam halaman ini akan menuliskan doa awal tahun. Dan di bawah inilah uraiannya.

Hijriyah

Hijriyah adalah tahunnya ummat islam, sebagaimana yang telah kami sampiakan sebelumnya. Yakni yang kami maksudkan ialah tahun yang digunak oleh muslim pada umumnya. Tahun Hijriyah ini tahun qomariyah karena menmggunaka kalender peredarannya bulan. Adapun Tahun Masehi itu menggunaka kalender Syamsiyah, yakni peredaran mata hari. Maenurut para ahli katanya perbedaan antara Masehi dan Hijriyah itu 10,5 hari dalam setahunnya lebih cepat Hiriyah.

Awal tahun Hijriyah

Awal tahun hijriyah ialah bertepatan dengan awal waktu magrib pada tanggal satu Muharrom. Pada tahun depan 1442 hijiriyah menurut kalender yang kami lihat jatuh pada hari kamis awal waktu magrib. Kalender Masehinya bertepatan dengan :

BACA JUGA :  Doa Menyembelih Kambing, Arab, Indonesia dan Penjelasannya

Hari : Rabu

Tanggal; 19 bulan agustus 2020.

Waktu : pas berbarengan dengan saat adzan magrib dikumandangkan di masing-masing daerah.

Membaca Doa

Dalam Pembacaan doa ini dibaca setelah shalat magrib di masing-masing daerah. Mengapa kami mesti katakan demikian?, sebab waktu kita njelas tidak sama. Maka dalam membacaannya diperkirakan saja menurut pendapat masing-masing yang tepat. Kalau menurut kami tepatnya adalah dibaca untuk menyambung doa setelah wirid rutin setelah shalat magrib berjama’ah. Tapi juga tidak mengapa jika membuat acara khusus setelah selesai wiridan shalat magrib baik dengan keluarga atau dengan jama’ahnya. Misal diawali dengan baca hadhorot dan mendoakan ahli kubur atau tahlilan. Kemudia diadakan santapan ruhani sebelum shalat isya. Atau barangkali setelah itu mengadakan acara pengajian, kami pikir selama kegiatn tersebut jelas manfa’atnya maka akan ternilai baik di sisi Allah Ta’ala.

Teks doa awal tahu hijriyah

Dalam pada ini kami menuqil tulisan doa awal tahu hijriyah dari Kitab Parukunan karya Tuan Abdur-Rasyid Banjar. Tertulis pada halaman : 75.

Tetap dalam tulisan ini kami tidak merubah sedikitpun, kami tulis sesuai aslinya. Kami baca teks doa ini adalah dhomir nahnu yakni Mutakalim ma’al ghoir (untuk jama’ah), pada kaliam (نَسْأَلُكَ) maka sebaiknya juga dibaca secara berjama’ah. Tapi pada kalimat (يُقَرِّبُنِى) ini nun wiqoyah Ya mutakalim wahdah artinya untuk sendiri. Maka jika untuk berjama’ah ini di rubah menjadi (يُقَرِّبُنَا).

 Akan tetapi boleh saja dibaca secara perorangan setelah shalat magrib. Bahka berulang-ulang dibaca itu akan lebih baik. Akan tetapi jika mau dibaca perorangan sebaiknya Na dhomir mutaklim ma’al ghoir itu dirubah menjadi mutakalim wahdah atau nanti kami tuliskan arabicnya khusus untuk perorangan.

Doa Awal Tahun

Teks arabnya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ نَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ. وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Teks indonesianya

Bismillahir-rohmaanir-rohiim.

BACA JUGA :  Shalat Istisqa : Memohon Siraman Air Hujan Dari Allah

Wa shollallahu ‘ala sayidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Allahummaa Antal-abadiyul-qodimul-awalu wa ‘ala fadhlikal-‘adzimi wa judikal-mu’awali. Hadza ‘amunjadidun qod aqbala. Nas-alukal-‘ishmata fihi minasy-ysaithooni wa auliya-ihi wa junudihi. Wal-‘auna ‘ala hadzihin-nafsi al-amaroti bis-suu-I wal-isytigholi bimaa yuqorribunii ilaika zulfa.

Yadzal-jalalaali wal-ikromi. Wa shollallahu ‘ala sayidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Subhana robbika robbil’izzati ‘amma yashifun wa salamun’alal-mursalin walhamdulillahi robbil’alamiin.

Keterangan Pembacaan Doa

Pada doa awal tahun tersebut seandainya dibaca untuk perorangan itu juga boleh meski tidak dirubah sedikit pun.

Makna doa

Artinya: Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

“Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Ya Allah, Engkau yang Maha kekal. Maha terdahulu lagi Maha awa. Dan berkat kemurahan-Mu yang besar serta karunia-Mu yang menjadi sumber (semuanya terjadi).

Dan kini tahun baru telah tiba, pada tahun ini kami memohon kepada-Mu agar terpelihara dari godaan setan, para pendukungnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon agar terpelihara dari hawa nafsu kami yang selalu memerintahkan berbuat keburukan.

Dan kami memohon semoga Engkau menjadikan diri kami disibukkan dengan hal-hal yang mendekatkan diri kami kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya. Wahai Tuhan yang memiliki kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan yang maha Penyayang diantara para penyayang.

Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami, tuan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.”

“Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan semoga kesejahteraan tercurahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.

Doa awal tahun dibaca perorangan

Arabic

BACA JUGA :  Dzikrullah : Amalan Yang Diperintahkan Rasulullah.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ. وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Teks Indonesianya

Bismillahir-rohmaanir-rohiim.

Wa shollallahu ‘ala sayidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Allahummaa Antal-abadiyul-qodimul-awalu wa ‘ala fadhlikal-‘adzimi wa judikal-mu’awali. Hadza ‘amunjadidun qod aqbala. As-alukal-‘ishmata fihi minasy-ysaithooni wa auliya-ihi wa junudihi. Wal-‘auna ‘ala hadzihin-nafsi al-amaroti bis-suu-I wal-isytigholi bimaa yuqorribunii ilaika zulfa.

Yadzal-jalalaali wal-ikromi. Wa shollallahu ‘ala sayidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Subhana robbika robbil’izzati ‘amma yashifun wa salamun’alal-mursalin walhamdulillahi robbil’alamiin.

Diantara keutamaan doa awal tahun

Dalam Parukunan tersebut tertulis sebagai beriku:

فَمَنْ دَعَا بِهَذَا الدُّعَاءِ أَوَّلَ يَوْمِ مِنَ الْمُحَرَّمِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَقُوْلُ اِسْتَأْمَنَ عَلَى نَفْسِهِ فِيْمَا بَقِيَ مِنْ عُمْرِهِ فَإِنَّ اللهَ يُوَكِّلُ بِهِ مَلَكَيْنِ يَحْرُسَانِهِ مِنَ الشَّيْطَانِ، وَاللهُ الْمُسْتَعَانُ

Artinya:. “Maka barang siapa berdoa dengan doa ini pada hari pertama bulan Muharroam, maka sesungguhnya Syetan barkata:.

“Dia sudah minta pengamanan atas jiwanya dalam sisa umurnya. Maka sesungguhnya Allah menugaskan dua malaikat agar menjagnya dari godaan syetan. Allah lah yang dimintai pertolongan.”

"<yoastmark

Demikian Penjelasan fiqih.co.id tentang Doa Awal Tahun Hijriyah, Dibaca tanggal satu muharrom – Semoga bermanfaat untuk kita semua terutama yang sefaham dengan kami. Mohon Abaikan saja uraian kami ini, jika pembaca tidak sependapat.Terima kasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab.