Doa Bercermin : Makna, Cara, Arab, Indonesia  dan Penjelasannya

2 min read

Doa Bercermin

Doa Bercermin : Makna, Cara, Arab, Indonesia  dan Penjelasannya – Pada kesempata ini, Fiqih.co.id akan menuliskan mengenai Doa ketika becermin. Dalam tulisan ini kami lengkapi dengan arab, latin dan maknanya. Silahkan Antum Baca urai ini sampai selesai.

Doa Bercermin : Makna, Cara, Arab, Indonesia  dan Penjelasannya

Doa merupakan perintah Allah. Siapa pun yang berdoa maka berart ia telah melaksanakan salah satu perintah Allah. Selain tenilai sebagai ibadah juga doa itu adalah senjatanya orang briman. Oleh karenanya bagi kita muslimin muslimat di dalam berbagai aktivitas mestinya selalu diringi doa.

Mukadimh

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بِسْمِ اللهِ  الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، الحَمْدُ للهِ الذي أمرنا بالدعاء، وَ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ:  وَ بَعْدُ

Puji dan syukur senantiasa kita panjatka ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Shalawat serta Salam Allah senantiasa kita bacakan untuk baginda nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Pembaca yang dirahmati Allah, pada lembaran ini kami sampaikan tulisan doa buat yang perlu.

Bercermin (Ngaca)

Ngaca atau (Bercermin) itu bukan kebiasaan saja, tapi lain daripada dari itu juga menjadi kebutuhan. Bercermin bagi yang usia muda itu seolah menjadi keharusan hampir pada setiap waktu ia selalu ngaca. Oleh karena itu jadikanlah ngaca itu sebagai ibadah. Islam itu apapun aktivitasnya jika saja tahu maka akan dinilai ibadah. Lantas bagaimana caranya ngaca supaya ternilai ibadah dan berpahala?, Jawabnya adalah tergantung pada niatnya. Maka oleh karena itu semua pasanglah niat denga baik karena Allah, In Syaa Allah menjadi mulia di sisi-Nya.

BACA JUGA :  Dzikir 'Ataqah : Sughro (Fidak Sughro) Tujuh Puluh Ribu kali

Doa Bercermin Tulisan Arab

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Saudaraku mukmin mukminat rahmtullahi ‘alaikum ajma’in. Jika kita mengamati bacaan kalimat doa tersebut berawal dari bacaan “اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ” yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah adalah “Ya Allah sebagaimana Engkau telah membaguskan kejadianku (Penciptaanku)”. Ini artinya ada sebuah pengakuan kita rasa bersykur kepada Allah yang telah menciptakan diri kita masing-masing yang begitu cukup sempurana. Kemudia setelah itu kita bermohon kepada Allah dengan kata “فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ” yang mempunyai arti : “Mak Semoga Engkau membaguskan akhlakku”.

Doa Bercermin Tulisan Indonesia

ALLAHUMMA KAMA HASANTA KHOLQIY, FA HASSIN KHULUQIY

Saudaraku muslimin muslimat kami mengajak saudaraku seiman untuk senantiasa mebacakan doa tersebut setiap kita bercermin. Sebagaimana telah kami jelaskan bahwa doa tersebut meruppakan sebuah pengakuan kepada Allah dan rasa syukur kepada sang maha pencita. Bagaimana pun bentuk kita itulah yang Allah ciptakan dan itulah yang terbaik buat kita. Kemudian teta selalu bermohon kepada Allah agar senantiasa dibimbing Allah melalui ajaran Rasulullah yang baerakhlak mulia.

Makna Doa Bercermin

Arti dari Doa tersebut adalah: “Ya Allah Sebagaimana Engkau Telah Membaguskan terciptanya aku, Maka Semoga kiranya Engkau Membaguskan Akhlakku”.

Syarah Dari Makna Doa Bercermin

Dari Ucapan “اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ” Ya Allah Sbagaimana telah Engkau baguskan, ini adalah suatu pujian dan pengakuan kita kepada yang mah mebaguskan. Siapa yang maha membaguskan?, tentu jawabannya adalah: Yang maha membaguskan itu adal Allah ‘Azza wa Jalla. Karena bagaimanapun yang telah terjadi dari ciptaan-Nya itu tetap bagus, sebab tidak ada satupun dari makhluk Allah yang bisa membanding ciptaan Allah.

BACA JUGA :  Bacaan Doa Nurbuat, Arab, Indonesia, Terjemah dan Khasiatnya

Lalu pada kalimat “خَلْقِـيْ” artinya : “kejadiannya aku” atau adanya diriku dengan kenytaannya yang seperti ini. Demikian itu bila tumbuh dari kesadaran hati yang paling dalam, itu adalah sifat dari qona’ah, (menerima apa adanya). Selanjutnya kita memohon kepada Allah dengan ucapan : “فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ” artinya “MakaSemoga kiranya Engkau membaguskan Akhlakku” permohonan ini adalah sipat rendah diri, karena setinggi apapun pendidikan kita jika kita tidak mempunyai akhlak yang baik maka derajat kita akan runtuh dan sangat tidak terpuji. Oleh sebab itu penting bagi kita muslim senantiasa mohon bibmbingan kepada-Nya meski kita sudah merasa mengerti segalanya.

Caranya Membaca Doa Bercermin

Untuk membaca doa bercermin itu adalah setiap kita berada dihadapan kaca cermin, maka di situ pula kita ucapkan basmallah dan kemudian sambung dengan doa tersebut.

Adapun perakteknya adalah sebagai berikut:

Jika kaca cermin itu kecil katakanlah kaca cermin saku yang biasa dibawa-bawa kaum hawa kemanapun ia pergi. Maka di setiap bercermin cukup mengucapkan:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Bismillahir-Rohmanir-Rohiim. ALLAHUMMA KAMA HASANTA KHOLQIY, FA HASSIN KHULUQIY.

Dan apabila kita hendak bercermin di kaca cermin yang besar seperti pada Almari dalam kamar rumah, maka tidak perlu setiap lewat Almari mesti membaca. Jadi membaca doanya hanya setiap kita mau melihat wajah kita dalam cermin.

Doa Bercermin
Doa Bercermin

Demikian ulasan Kami tentang; Doa Bercermin : Tulisan Arab, Indonesia, Makna dan Penjelasannya Semoga bermanfaat. Mohon diabaikan saja uraian kami ini, apabila pembaca tidak sependapat.Terima kasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab wa billahit-taufiq wal-Hidayah. Sumber; dutadakwah