Doa Di Muzdalifah, Dibaca Ketika Jamaah Telah Sampai

Diposting pada

Doa Di Muzdalifah, Dibaca Ketika Jamaah Telah Sampai Setelah selesai wuquf di Arafah jamaah mulai diangkut ke Muzdalifah. Apabila jamaah dapat giliran setelah magrib berangkat ke Muzdalifah, maka sebaiknya jamaah menunakan sholat magrib sekalian qoshor jama’ taqdim isya.

Selanjutnya jamaah akan dibawa ke Muzdalifah dengan menngunakan bis. Sesampainya di Muzdalifah Jamaah turun sampai menunggu gilirannya dibawa ke Mina.

Dhuyufur rahman Rahima kumullah, Pada halaman ini fiqih.co.id akan menuliskan doa yang sebaiknya dibaca oleh jamaah ketika sudah sampai di Muzdalifah.

Selengkapnya silahkan jamaah kiranya berkenan membaca tulisan kami di bawah ini.

Doa Di Muzdalifah, Dibaca Ketika Jamaah Telah Sampai

Para Tamu Allah yang rahima kumullah, pada pelaksanaan haji jangan sia-siakan waktu untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kewajiban haji bagi kita hanya sekali dalam seumur hidupnya, kecuali ada nadzar. Apalagi di akhir-akhir ini pendaftaran haji regular sudah dibatasi bagi yang sudah pergi haji, kecuali Pembimbing yang diizinkan.

Akhir-akhir ini daftar tunggu haji reguler untuk warga Indonesia rata-rata sudah 20 tahunan. Oleh karena itu bagi jamaah yang mendapat kesempatan pergi ke tanah suci, manfaatkanlah sebaik mungkin dengan bertaqarub ilallah.

Doa Di Muzdalifah

Setelah jamaah beberapa rombongan samapi di Muzdalifah, dan sudah mendapatkan tempat serta berkumpul dengan rombongannya maka bacalah doa.

Adpun doa yang sebaiknya dibaca adlah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ إنَّ هَذِهِ مُزْدَلِفَةُ جُمِعَتْ فِيْهَا ألْسِنَةٌ مُخْتَلِفَةٌ نَسْئَلُكَ حَوَائِجَ مُتَنَوِعَةً فَاجْعَلْنِيْ مِمَّنْ دَعَاكَ فَاسْتَجَبْتَ لَهُ وَتَوَكَلْ عَلَيْكَ فَكَفَيْتَهُ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allohuma ina hazihi muzdalifatu, jumi’at fiha alsinatun mukhtalifah, nas-aluka hawa-ija mutanawi-‘tan, faj’alni miman da-‘aka, fastajabta lahu watawakal ‘alaika, fakafaitahu ya-arhama rohimin.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya ini Muzdalifah telah berkumpul bermacam-macam bahasa yang memohon kepadaMu hajat keperluan yang aneka ragam. Maka masukkanlah aku kedalam golongan orang yang memohon kepadaMu, lalu orang yang memohon kepadaMu terus Engkau penuhi permintaanya, yang berserah diri padaMu, lalu Engkau lindungi dia. Wahai Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.

Jamaah Di Muzdalifa

Semua jamaah haji akan berkumpul di muzdalifah baik yang regurler maupun yang khusus. Di Tempat ini juga jamaah mencari batu kerikil guna untuk melontar jumrah. Sedikitnya masing-masing jamaah mesti mengumpulkan batu 49 biji ini jika jamaam akan melaksanakan nafar awal. Jia tidak maka persiapan batu mesti 70 biji.

Pada saat itu terlihat lautan manusia. Di sini akan muncul sifa aslinya masing-masing manusia.

Pada Tampat ini tidak ada pepohonan, juga tidak ada tenda MCK pun terbatas, oleh karena itu ada banyak kemungkinan orang akan mudah emosi disebabkan berbagai faktor.

Di sinilah tempat ujian, terlebih saatnya antri dan nunggu giliran naik bis yang ingin segera melubcur ke Mina.

Hati-hati jamah ingat baik-baik kita sedang ibadah haji. Jangan sampai keplesed ucapan yang tidak selayakanya. Mohon jagalah haji kita.

Doa ketika sampai di Mina

Setelah jamaah sampai di Mina perhatikan arahan petugas jangan sampai salah menempati tenda. Setelah sempurna jamaah memasuki Tenda  dan sudah ditata dengan rapih apa yang harus dikerjakan?. Di sini jamah masih banyak tugas yang belum terselesaikan.

Pertama bagi jamaah yang belum sempat shalat subuh di Muzdalifah, maka di Mina ini ia harus menuniakan sholata subuh meskipun bukan pada waktunya, kecuali yang ada kesempatan telah menunaikan sholat subuh di Muzdaliofah.

Kedua Jamaah masih dalam keadaan ihram dan belum tahallul awal, oleh karenanya hati-hati jangan sampai terkena pelanggaran ihram.

Ketiga di tempat ini tidak mungki dibimbing doa oleh pembimbing oleh karean itu bacalah oleh masing-masing saja doa di temapat ini.

Adapun doa yang dibaca adlah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ هَذَا مِنَى فَامْنُنْ عَلَيَّ بِمَا منَنْتَ بِهِ عَلَى اَوْلِيَائِكَ وَاَهْلِ طَاعَتِكَ

Allohuma haza mina, famnun ‘alaya bima mananta bihi ‘ala auliya-ika, wa-ahli to-‘atik.

Artinya: Ya Allah tempat ini adalah Mina, maka anugerahilah aku apa yang Engkau telah dekat dan ta’at kepadaMu.

Doa Melontar Jamrah

Jika jamah sudah dipandu oleh pemandu sesuai jadawal yang telah dijadwalakan untu melontar jumrah ‘aqobah, maka jamaah tinggal ikuti pemandu menuju marama ke 3 di jamarot.

Setelah samapai di Jamarot jamaah melontar jumroh ‘aqobah 7 kali dengan sambil melafadzkan tasmiyah wa takbir sebgai berikut;

بَسْمِ اللهِ وَاللهُ اَكْبَرْ 

Bismilahi Wallohu-akbar

Artinya: Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar

Dan jika ini sudah dilaksanakan dengan sempurna, maka jamaah bleh langsung mengguntuing rambut dekat kotak sampah yang tersedia, atau nanti setelah sampai tenda. Denagan telah menggunting rambut ini maka jamah sudah tahallul awal.

Dari sini jamah sudah boleh melakukan yang tadinya dilarang selama ihram, kecuali bersebggama.

Pentup

Para pembaca rahima kumullah mudah-mudahan jamaah semuanya menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurah Aamiin.

Tulisan doa di muzdalifah, mina dan melontar jumroh yang kami tuliskan di atas itu semoga berkenan. Kami mohon maaf bila ada uraian kami yang barangkali tidak cocok dengan pendapat para pembaca.

Doa Di Muzdalifah
Doa Di Muzdalifah

Demikian ringkasan materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Doa Di Muzdalifah, Dibaca Ketika Jamaah Telah Sampai – mudah mudahan materi ini bisa membantu. Mohon kiranya  bagi jamaah yang kurang sependapat dengan materi ini kami harap untuk diabaikan saja. Kami menuliskan materi ini hanya menyiapkan saudara kami yang memang benar benar memerlukan. Terimakasih atas kinjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq.