Miqat Haji, Dan Beberapa Doa Yang Mesti Dilafadzkan

Diposting pada

Miqat Haji, Dan Beberapa Doa Yang Mesti DilafadzkanNiat Haji Dari Miqat dan doa ketika masuk Arafah yang semestinya difahami jamaah. Semua jamaah haji Ketika sudah sampai waktunya yakni tangal 8 Dzul Hijjah, sesuai jadwal yang telah dijadwalkan oleh panitai maka semuanya akan melaksanakan miqat dri masing-masing Pemodokannya.

Dhuyufur rahman Rahima kumullah, Pada artikel ini fiqih.co.id akan menuliskan niat haji dari miqat da nada beberapa doa yang juga tidak kalah pentingnya untuk dibaca.

Selengkapnya silahkan jamaah kiranya berkenan membaca tulisan kami di bawah ini.

Miqat Haji, Dan Beberapa Doa Yang Mesti Dilafadzkan

Para Tamu Allah yang dibanggakan Allah Subhanahu wa Ta’ala, Jika sudah sampai pada tanggal 8 dzul hijjah semua jamaah akan berangsur diangkut ke arafah untuk melaksankan wuquf di padang arafah.

Oleh karena itu semua, maka mulai subuh sudah persiapan. Sagala pakaian yang sekira diperlukan untuk gantin anti setelah tahallul awal di mina maka perlu dimasukkan ke tas kecil.

Jamaah boleh setelah shalat isa dia melaksankan mandi sunah atau sebelum subuh ia mengerjakan mandi sunnah.

Kemudian sebelum shalat sunnah fajar mereka boleh mengerjakan sholat sunnah ihram dua rakaat. Lalu kemudian shalat sunnah fajar dan shlat subuh. Biasanya jika dapat giliran jam 7 waktu setempat untuk diangkut ke arafah, maka setelah subuh jamaah sudah mengenakan pakaian iharam dan bagi laki-laki tentunya melepaskan semua pakaian yang berjahit.

Miqat Haji

Miqat haji ini dilaksanakan dari Pemondokan masing-masing. Setelah mengenakan kain ihrm secara sempurna maka boleh langsung niat haji mulai dari hotel. Akan tetapi biasanya niat ahjinya akan dibimbing oleh pembimbing ketika jamaah sudah di atas mobil.

Niat Haji ini hampir sama dengan niat umrah. Lafadz niat ada yang melafdzkan seperti ini: “نَوَيْتُ الْحَجَّ وَأَحْرَمْتُ بِهِ لِلهِ تَعَالَى” ada juga yang melafadzkan seperti ini; “لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ حَجًّا” ini kedua duanya boleh mana saja yang paling disukai. Dan pada halaman ini kami akan tuliskan yang lebih singkat saja sekaligus disambungkan dengan talbiyah shlawat dan doa.

Niat Haji Dari Miqat

Kita ambil yang umum saja yaitu melafadzkan niat bareng-bareng di atas mobil ketika mobil sudah siap mau berangkat ke Padang rafah.

Adapun bacaan niatnya adalah sebagai berikut;

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ حَجًّا، لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اللَّهُمَّ إنِّيْ أسْئَلُكَ رِضَاكَ  وَالْجَنَّةَ وَأعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ رَبَّنَا ءَاتِنَافِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ اللَّهُمَّ اِنِّيْ اُحَرِّمُ نَفْسِيْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ  عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِيْ يَاأرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Kemudian dilanjutkan dengan bersama-sama bertalbiyah sampai datang ke pada rafah. Atau baik juga jika dibimbing oleh satu orang pembimbing.

Makna Niat Haji Dalam Bahasa Indonesia

Kusambut panggilanMu Ya Allah untuk berhaji. Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah, Aku datang memenuhi panggilanMu, Aku datang memenuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, Aku datang memenuhi panggilanMu, sesungguhnya puji, ni’mat dan segenap kekuasaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu.

Ya Allah berikan rahmat dan keselamatan atas penghulu kami Nabi Muhammad dan atas keluarganya. Ya Allah sesungguhnya aku bermohon kepadaMu keridhoanMu dan surga. Dan aku berlindung padaMu daripada murkaMu dan siksa neraka.

Wahai Tuhan kami brilah kami kebaikkan di dunia dan kebaikkan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.

Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diriku dari segala yang Engkau haramkan kepada orang yang ber ihrom karena itu rahmatilah aku ya Allah yang maha pemberi rahmat.

Doa Waktu masuk Arofah :

Sudah dipastikan bahwa semua jamaah sudah melafadzkan niat haji dari miqat, artinya itu ia sedang dalam pelaksanaan ibadah haji. Jadi selama mereka belum tahalul awal maka barhati-hati jangan sampai kena pelanggaran yang berakibat kena dam.

Setelah tiba di arafah maka kita akan memasuki tenda yang telah tersedia sesuai wilayah dan daerahnya masing-masing.

Di Padang Arafah ini mohon sempatkan baca doa sebagai berikut;

اللَّهُمَ إلَيْكَ تَوَجَهْتُ وَبِكَ اعْتَصَمْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَلْتُ اللَّهُمَ اجْعَلْنِيْ مِمَّنْ تُبَاهِيْ بِهِ الْيَوْمَ مَلَائِكَتَكَ إنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

Allohuma ilaika tawajahtu, wabika’tasomtu wa’alaikatawakaltu. Allohumaj-‘alni, miman tubahi bihil-yauma mala-ikataka, inaka ‘ala kuli syai-ingqodir

Artinya: Ya Allah hanya kepada Engkau aku menghadap, dengan Engkaulah aku berpegang teguh, pada Engkaulah aku berserah diri. Ya Allah, jadikanlah aku diantara orang yang hari ini Engkau banggakan di hadapan MalaikatMu sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa Wuquf :

Waktu wuquf itu setelah masuk waktu dzuhur di tempat itu jamaah akan menunaika sholat dzuhur qoshor dan qoshor jama’ taqdim asar. Selain itu jamaah juga akan mendengarkan khutbah wuquf.

Pada saat itu jamaah boleh baca doa sendiri-sendiri. Adapun doa yang dibaca ketika wuquf adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِيْ تَقُوْلُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُوْلُ الَّلهُمَّ لَكَ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي وَإلَيْكَ مَاَبِيْ وَلَكَ رَبِّيْ تُرَاثي اللَّهُمّ إنِّيْ أعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ الْأمْرِ. اللَّهُمَّ إنِّيْ أعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِئُ بِهِ الرِّيْحُ

Allohuma lakal hamdu, kaladzi taqulu, wakhoiron mima naqulu. Allohuma laka sholati, wanusuki wamahyaya, wamamati. Wa-ilaika ma-abi walaka robbi turosi. Allohuma ini a-‘uzubika min ‘azabil qobri, wa was-wasi sodri, wasyatatil-amri. Allohuma ini a’uzubika min syari ma taji-u bihirrih.

Makna Doa Wuquf

Artinya : Ya Allah segala puji untukMu, seperti apa yang Engkau fimankan dan yang baik dari apa-apa yang kami ucapkan. Wahai Allah, bagiMu solatku, ibadahku, hidupku dan matiku dan kepadaMu tempat kembaliku dan kepadaMulah pemeliharaan apa yang aku tinggalkan. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur, dan keragu-raguan dalam hati serta kesulitan segala urusan. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kejahatan yang di hembuskan oleh angin.

Pentup

Para pembaca rahima kumullah mudah-mudahan jamaah semuanya menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurah Aamiin.

Nagi saudarku semua yang kebtulan tidak cocok dengan materi ini, kami mohon maaf. Sengaja kami menuliskan ini karena ada dari beberapa jamaah kami yang memintanya.

Miqat Haji
Miqat Haji

Demikian uraian materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Miqat Haji, Dan Beberapa Doa Yang Mesti Dilafadzkan – mudah mudahan materi ini bisa membantu. Mohon kiranya  bagi jamaah yang kurang sependapat dengan materi ini kami harap untuk diabaikan saja. Kami menuliskan materi ini hanya menyiapkan saudara kami yang memerlukannya. Terimakasih atas kinjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq.