Doa Memakai Pakaian, Tulisan Arab, Latin dan Artiny

Diposting pada

Doa Memakai Pakaian, Tulisan Arab, Latin dan Artinya – Yang tidak kalah pentingnya untudiamalkan. Dan pada halaman ini fiqih.co.id  akan memberikan materi menganai doa tersebut.

Pada pembahasan kali ini kami akan tuliskan bacaan doa memakai pakaian, dengan tulisan arab, indonesia dan disertai artinya dengan singkat dan lengkap.

Doa Memakai Pakaian, Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok bagi masing masing orang di dunai ini. Dengan pakaian ini tentunya bisa melindungi manusia dari rasa panas, dingin atau kepanaan dan kedinginan juga berfungsi sebagai penutup aurat.

Ada sebuah perkataan yang menerangkan bahwa: “Kehormatan diri itu terletak pada perkataan sedangkan kehormatan raga ia  terletak pada pakaian”.

Ungkapan tersebut telah membeberkan bahwa menutup aurat adalah suatu pembuktian dari sifat dasar manusia yang memiliki ras malu berusaha untuk selalu menutupi badannya.

Sebab maalah tersebut betapa sederhana sekali bentuknya, akan tetapi usaha untuk menutupi tubuh itu senantiasa ada dalam diri manusia.

Pakaian Di Satu Daerah

Ada beberapa orang daerah tertentu, misalnya orang Papua, mereka dapat kita lihat bahwa mereka mengenakan “Koteka” untuk pria dan mengenakan  “dali likal” untuk perempuannya.

Meskipun busana tersebut hanya menutupi pada bagian tertentu saja dari tubuh mereka yang dianggap wajib, akan tetapi hal tersebut sudah menjadi usaha dalam menutupinya.

Ide dasar buat menutupi aurat tersebut dapat kita lihat dari kisah beliau Nabi Adam, Hawa dan syetan. Yang mana kisah tersebut, setan membisikan pikiran jahatnya kepada Adam dan Hawa agar menampakkan pada keduanya apa yang tertutup dari mereka, yaitu auratnya.

Bisikan Syetan

Allah SWT berfirman dalam QS. Al Araf ayat 20, yaitu:

فَوَسۡوَسَ لَہُمَا الشَّیۡطٰنُ لِیُبۡدِیَ لَہُمَا مَا وٗرِیَ عَنۡہُمَا مِنۡ سَوۡاٰتِہِمَا وَ قَالَ مَا نَہٰکُمَا رَبُّکُمَا عَنۡ ہٰذِہِ الشَّجَرَۃِ اِلَّاۤ اَنۡ تَکُوۡنَا مَلَکَیۡنِ اَوۡ تَکُوۡنَا مِنَ الۡخٰلِدِیۡنَ

Artinya : “Setan membisikkan pikiran jahat kepada mereka, “Tuhan kamu melarang kamu mendekati pohon ini, supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (di surga).”

Lantas diterangkan juga dalam QS. Surat Al Araf ayat 22, yakni:

فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَۃَ بَدَتۡ لَہُمَا سَوۡاٰتُہُمَا وَ طَفِقَا یَخۡصِفٰنِ عَلَیۡہِمَا مِنۡ وَّرَقِ الۡجَنَّۃِ

Artinya : “Setelah mereka merasakan (buah) pohon (terlarang) itu, tampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga…”

Terlihat jelas bahwa ide dasar yang ada dalam jiwa manusia yakni “tertutupnya aurat”.

Hanya saja, sebab godaan syetan maka aurat manusia menjadi terbuka. Jadi ide ‘membuka aurat’ adalah idenya dari syetan, sebab itulah tanda kehadiran setan yaitu terbukanya aurat.

Doa Memakai Pakaian

SSetelah memperhatikan keterangan tersebut, para ulama menyimpulkan bahwasanya pada hakikatnya menutup aurat adalah fitrah manusia yang  diaktualisasikan pada saat ia memiliki kesadaran.

Dalam perihal ini kesadaran pada sifat kemanusiannya, semakin kuat pula keinginan untuk menutupi auratnya, memelihara kehormatan dan menjaga rasa malunya.

Pada titik rendah ini manusia sebenarnya telah kehilangan kesadarannya dan tertipu oleh niat jahatnya syetan.

Dari peritiwa sejara tersebut, maka ada suatu pelajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yakni doa memakai pakaian.

Bacaan Doa Memakai Pakaian

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bismillaahi, Allaahumma Innii As-aluka Min Khairihi Wa Khairi Maa Huwa Lahuu Wa’a’uu Dzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu

Artinya: “Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau yang telah memakaikan pakaian itu kepadaku, aku meminta kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya (pakaian) dan kebaikan apa saja yang ia dibuat untuknya. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa saja yang ia dibuat untuknya.“ (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Hakim).

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

 Alhamdu Lillaahil Ladzii Kasaanii Haadzaa Wa Rozaqoniihi Min Ghoiri Hawlim Minni Wa Laa Quwwatin.

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku.” (HR. seluruh penyusun kitab Sunan, kecuali Nasa’i).

Makna Doa Memakai Pakaian

Berikut ini adalah makna dari doa memakai pakaian sesuai dengan sunah Rasulullah SAW, antara lain:

Rasa Syukur Kepada Allah

Dalam doa memakai pakaian itu, kita diajarkan agar selalu bersyukur kepada Allah. Karena Allah SWT yng sudah menciptakan pakaian, memberi pakaian dan menciptakan kesadaran untuk berpakaian.

Setelah memuji-Nya atas nikmat yang telah diberikan, kemudian kita meminta kebaikan kepada Allah SWT.

Oleh karena itu kita dapat berdoa:

اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ

“As-aluka Min Khairihi Wa Khairi Maa Huwa Lahuu”

Artinya : “Aku meminta kepada-Mu dari kebaikannya dan kebaikan apa yang dibuat untuknya”.

Dengan doa memkai pakaian itu, kita disasdarkan oleh kenyataan bahwa pakaian merupakan kenikmatan yang selanjutnya kan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT.

Dengan pakaian dapat menjadi suatu yang dapat membawa kebaikan dan dapat juga membawa keburukan. Pakaian adalah sesuatu yang dapat menghasilkan ganjran pahala dan dapat juga mengakibatkan mendapatkan dosa.

Meminta Perlindungan Dari Keburukan Berpakaian

Lain dari pada meminta kebaikan, pada doa berpakaian kita juga memohon perlindungan dari segala macam keburukn yang disebabkan oleh pakaian.

Sebagaimana kita baca dalam doa itu:

Maka, selain meminta kebaikan, dalam doa berpakian ini kita juga berlindung dari keburukan yang ditimbulkan oleh pakaian.

وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Wa’a’uu Dzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu

Artinya : “Dan, aku berlindung dengan-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang dibuat untuknya”.

Doa Memakai Pakaian
Doa Memakai Pakaian

Demikian penjelasan materi mengenai ; Doa Memakai Pakaian, Tulisan Arab, Latin dan Artinya – semoga materi ini bermanfaat