Doa Setelah Tawaf, Dibaca di Multazam & Doa Minum Air Zamzam

Diposting pada

Doa Setelah Tawaf, Dibaca di Multazam & Doa Minum Air ZamzamDoa ini sebaiknya dibaca di multazam oleh jamaah setiap habis tawaf. Setiap kita selesai tawaf seyogoyanya bergeser ke lalu baca doa ini . Setelah itu mundur ke belakang searah maqam ibarhim, lalu tuanaikan shalat sunnah dua rakaat. Atau boleh minum air zamzam dulu dan baca doa.

Dhuyufur rahman Rahima kumullah, Pada halaman ini fiqih.co.id akan menuliskan doa setelah tawaf yang yang tidak kalah perlunya dibaca oleh jamaah umrah ataupun jamaah haji usai tawaf.

Selengkapnya silahkan jamaah kiranya berkenan membaca tulisan kami di bawah ini.

Doa Setelah Tawaf, Dibaca di Multazam & Doa Minum Air Zamzam

Para Tamu Allah yang dirahmati Allah Ta’ala, mari kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Semua jamaah umrah maupun jamaah haji, baik gelombang pertama maupun gelombang ke dua sudah dipastikan aka menunaikan tawaf.

Pada saat jamaah menunaikan tawaf ada beberapa doa yang mesti dilafadzkan, baik itu tawaf qudum, umrah wajib, sunnah ataupun tawaf iafdhah.

Pada halaman ini kami tuliskan doa yang pendek hanya dengan bertasbih saja setiap putaran, silahkan pelajari tulisannya di bawah ini.

Doa Setelah Tawaf

Setelah selesai Towaf sebaiknya bergeser sedikit kekanan dari arah sudut Hajar Aswad menghadap bagian dinding Ka’bah yang disebut Multazam dan berdo sesuai harapannya dg bahasa apapun. Namu kalau dalam kondisi krodit atau padat mak boleh cari tempat yang serah dengan multazam.

Salah satu doa  yang dianjurkan adalah sebagai berikut ;

اللَّهُمَّ يَارَبَّ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ اَعْتِقْ رِقَابَنَا وَرِقَابَ اَبَائِنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَإخْوَانِنَا وَاَوْلَادِنَامِنَ النَّارِ يَا ذَا الْجُوْدِ وَالْكَرَمِ وَالْفَضْلِ وَالْمَنِّ وَالْعَطَاءِ وَالْإحْسَانِ. الَّلهُمَّ أحْسِنْ عَاقِبتَنَا فِيْ الْأُمُوْرِ كُلِّهَا وَأجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْأخِرَةِ اللَّهُمَّ إنِّيْ عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَاقِفٌ تَحْتَ بَابِكَ مُلْتَزَمٌ بِأعْتَابِكَ مُتَذَلِلٌ بَيْنَ يَدَيْكَ أرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَأخْشَى عَذَابَكَ يَاقَدِيْمَ الْإحْسَانِ. الَّلهُمَّ إنِّي أسْئَلُكَ اَنْ تَرْفَعَ ذِكْرِيْ وَتَضَعَ وِزْرِيْ وتُصْلِحَ أمْرِيْ وَتُطَهِّرَ قَلْبِيْ وَتُنَوِّرَ لِي فِيْ قَبْرِي وَتَغْفِرَ لِيْ ذَنْبِيْ وَأَسْئَلُكَ الدَّرَجَاتِ الْعُلَى مِنَ الْجَنَةِ

Doa Setelah Tawaf Tulisan Indonesia

Bagi para jamaah yang kebetulan kurang mahir dalam tulisan arab maka kami tuliskan doanya dengan tulisan indonesia yait sebagai berikut;

Allohuma Ya Robalbaitil ‘atiq, a’tiq riqobana, wariqoba aba-ina, wa umahatina, wa ikhwanina waauladina minanar, yadzaljudi, walkaromi, walfadhli, walmani wal-‘itho-i, wal-ihsan. Allahuma ahsin ‘aqibatana, fil-umurikuliha, wa-ajirna min khizyi dunia, wa’adzabil- akhiroh. Allahuma ini ‘abduka wabnu ‘abdika waqifun tahta babika, multazamun bi a’tabika, mutadzalilun ba’ina yadaika,arju rohmataka, wa-akhsya ‘adzabaka yaqodimal-ihsan.

Allahuma ini as-aluka, antarfa-‘a dzikri, watadho-‘a wizri, watusliha amri, watuthohiro qolbi,  watunawiro li fiqobri, wataghfiro li dzanbi, wa-asluka darojatil’ula minal-janah.

Makna Doa Di Multazam

Artinya: Ya Allah yang memilihara Ka’bah ini, bebaskanlah diri kami, bapak dan ibu kami, saudar-saudara dan anak-anak kami dari siksa neraka, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, Dermawan dan yang mempunyai keutamaan, kemuliaan, kelebihan, anugerah, pemberian dan kebaikan. Ya Allah, perbaikilah kesudahan segenap urusan kami dan jauhkanlah dari kehinaan dunia dan siksa di akhirat. Ya Allah sesunggunya aku adalah hambaMu anak dari hambaMu, tegak berdiri merapat dibawah pintu Ka’bahMu menundukkan diri dihadapanMu sambil mengharapkan rahmatMu, kasih sayangMu, dan takut akan siksaMu. Wahai Tuhan Pemilik kebaikan abadi, aku mohon padaMu agar Engkau tinggikan  namaku, hapuskan dosaku, perbaiki segala urusanku, bersihkan hatiku, berilah cahaya kelak dalam kuburku. Ampunilah dosaku dan aku mohon padaMu martabat yang tinggi didalam surga.

Doa Minum Air Zam-zam

Setelah itu kemudian shalat sunah towaf dibelakang maqom Ibrohim dua roka’at terus berdo’a sebisanya, sampaikan hajat kita kepada Allah. Sesudah itu minumlah air zam-zam. Dan bacalah doa minum air zamzam sebagai berikut;

الَّلهُمَّ اِنْيْ أسْئَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقاً وَاسِعاً وَشِفَاءً مِنْ كُلِ دَاءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَاأرْحَمَ الرَحِمِيْنَ

Allohuma ini, as-aluka ‘ilman nafi’an, warizqon wasi’an, wasyifa-an mingkuli da,in wasaqomin birohmatika ya arhama rohimin

Artinya: Ya Allah aku mohon padaMu ilmu yang bermanfa’at, rizki yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit dan kepedihan dengan rahmatMu ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih.

Pentup

Para pembaca rahima kumullah mudah-mudahan jamaah semuanya menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurah Aamiin.

Tulisan doa setelah tawaf yang kami tuliskan di atas itu semoga berkenan. Kami mohon maaf bila ada uraian kamik yang barangkali tidak cocok dengan pendapat para pembaca.

Doa Setelah Tawaf
Doa Setelah Tawaf

Demikian ringkasan materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Doa Setelah Tawaf, Dibaca di Multazam & Doa Minum Air Zamzam – mudah mudahan materi ini bisa membantu. Mohon kiranya  bagi jamaah yang kurang sependapat dengan materi ini kami harap untuk diabaikan saja. Kami menuliskan materi ini hanya menyiapkan saudara kami yang memang benar benar memerlukan. Terimakasih atas kinjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq.