Panjang Umur : Anugerah Allah untuk perbanyak kebaikan

1 min read

Panjang umur adalah anugerah Allah

Panjang Umur : Anugerah Allah untuk perbanyak kebaikan – Pada halaman ini fiqih.co.id akan menyampaikan materi mengenai Panjang Umur Anugerah Allah untuk perbanyak kebaikan. Dan untuk uraian mengenai perihal ini simak penjelasannya di bawah ini.

Panjang Umur : Anugerah Allah untuk perbanyak kebaikan

Usia panjang adalah merupakan anugerah dari Allah Suubhanahu wa Ta’ala. Jangan sia-siakan kesemptan umur panjang dengan tidak memperbanyak kebaikan. Perbanyak sujud dan amalan-amalan yang baik pada kesempatan tersebut. Simak Uraian singkatnya pada dua hadits di bawah ini.

Mukodimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

الـحَمْدُ للهِ، وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى مَنْ لَا نَبِيَ بَعْدَهُ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ابْنِ عَبْدِ اللهِ وَهُوَ رَسُوْلُ اللهِ، وَبَعْدَهُ

Puji dan Syukur senantiasa kita panjatka ke hadhirat Allah Subhanahun wa Ta’ala. Shalawat dan Salam senantias kita bacakan untuk baginda Nabi Agung Muhammad ﷺ. Pembaca yang kami yang dirahmati Allah di bawah ini kami akan sampaiakan dua hadits tentang bersujud dan ber’amal.

Jangan Sia-siaka Umur Panjang

Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian. Mati adalah laksana pintu, tidak ada seorang pun yang tidak melewatinya. Umur manusia sudah ditentukan Allah. Bersyukurlah kepadaNya bagi setiap orang yang diberi kesempat umur panjang.

Jangan sia-siakan kesempatan umur, sebab sebaik-baik orang adalah yang umurnya panjang dan banyak kebaikannya.

Jangan sampai menyesal stelah mmenjadi penghuni kubur. Penyesalan di alam kubur sudah tidak berguna.

Mari kita perhatikan baik-baik penjelasan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam berikut;

عَنْ أَبِيْ صَفْوَانَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُسْرٍ الْأَسْلَمِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم: خَيْرُ النَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ، رَوَاهُ التَّرْمِذِيُّ وَقَالَ: حَدِيثُ حَسَنٌ

Artinya:  Dari Abu Shafwan iaitu Abdullah bin Busr al-Aslami r.a., katanya: “Rasulullah ﷺ bersabda:

BACA JUGA :  Hukum Sholat Taubat, Yang perlu antum semua pelajari

“Sebaik-baik manusia ialah orang yang panjang usianya dan baik kelakuannya”.

Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan ia mengatakan bahawa ini adalah Hadis hasan.

Memperbanyak Sujud

Kita sebagai munusia yang sudah diciptakan oleh Allah cukup sempurna. Kita tidak kekurangan suatu apapun, semua sudah Allah siapkan buat kita manusia.

Dalam pada ini kita manusia diperintah Allah untuk membaca apa yang sudah Allah ciptakan buat manusia. Segala sauatu yang ada di bumi ini adalah untuk kemaslahatan kita manusia. Perbanyaklah bermohon dan bersujud padaNya. Setiap orang yang sujud padaNya pasti Allah akan mengangkat derajatnya.

Perhatikan penjelasan Rasulullah shllallahu ‘alaihi wa Sallam dalam Hadits berikut ini:.

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ اللَّهِ، وَيُقَالُ: أَبُوْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: عليكَ بِكَثْرةِ السُّجُودِ، فإِنَّك لَنْ تَسْجُد لِلّٰهِ سَجْدةً إلاَّ رفَعكَ اللَّهُ بِهَا دَرجَةً، وحطَّ عنْكَ بِهَا خَطِيئَةً،  رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya; Dari Abu Abdillah, dikatakan dengan nama Abu Abdir Rahman, iaitu Tsauban, hamba sahaya Rasulullah ﷺ, r.a, katanya; “Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda:

“Hendaklah engkau memperbanyak bersujud, sebab sesungguhnya engkau tidaklah bersujud kepada Allah sekali sujud. melainkan dengannya itu Allah mengangkatmu sedarjat dan dengannya pula Allah menghapuskan satu kesalahan dari dirimu”. (Riwayat Muslim)

Keterangan hadits

Allahu a’lam bish-showab, Rasulullah a’lamu bimurdihi. Sekedar menurut hemat kami, bisa ia bisa tidak. Jadi pengertian dua hadits tersebut adalah memberikan keterangan kepada kita bahwa:

  1. Umur Panjang adalah kesempatan berharga untuk menumpuk-numpuk kebaikan sebanyak-banyakna, karena pada kesempatan situlah menjadi sebaik-baiknya manusia.
  2. Jelas bahwa tidak semua orang diberi umur panjang.
  3. Tidak ada yang tau kapan kematian menjemput.
  4. Beribadah kepada Allah jangan sampai terkalahkan oleh urusan keduniaan.
  5. Banyaknya bersujud, pasti diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  6. Dengan sujud yang banyak pasti diampuni dosanya oleh Allah Ta’ala.
BACA JUGA :  Mayat berhutang, Ternyata Ruhnya masih tergantung pada hutangnya
Panjang umur adalah anugerah Allah
Panjang umur adalah anugerah Allah

Demikian uraian Materi ringkas mengenai: Panjang Umur : Anugerah Allah untuk perbanyak kebaikan Semoga pembaca terinspirasi. Abaikan saja materi ini, jika pembaca merasa tidak sependapat.Terima kasih atas kunjungannya. Wallahul-muwaffiq.