Shalat Jamak Qashar : (Mengumpulkan Pada Satu Waktu Dan Meringkas)

2 min read

Shalat Jamak Qashar (Mengumpulkan Pada Satu Waktu Dan Meringkas).jpg

Shalat Jamak Qashar : (Mengumpulkan Pada Satu Waktu Dan Meringkas) – Pada kesemptan kali ini Fiqih.co.id akan menerangkan tata cara Shalat jamak sekaligus mengqasharnya. Pembahasan ini sebagai lanjutan dari pembahasan sebelumnya mengeanai Shalat Qashar dan Jamak.

Shalat Jamak Qashar : (Mengumpulkan Pada Satu Waktu Dan Meringkas)

Shalat Jamak artinya adalah dua shalat yang dikumpulkan dalam satu waktu. Sedang Shalat Qashar itu adalah Shalat yang diringkas dari empat menjadi dua.

Mukodimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ،  وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ الْكَرِيْمِ، سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ

Para Pembaca, Kaum Muslimiin muslimat, dan Para Santri, Rahimakumllah. Dalam pembahasan ini kami sampaikan tentang Jamak Shalat dan Qashar Shalat. Dan dalam pembahasannya tetap kami sesuaikan dengan aslinya dari Fathul qorib fiqih Madzhab Sayfi’i.

Oleh karena itu jika pembaca ada yang tidak sependapat dengan uraian ini, maka kami mohon ma’af. Dan untuk lebih jelsanya mari kita baca bersama uraian berikut ini:

Maksud Shalat Jamak

Dalam pembahasan yang lalu sudah cukup jelas mengenai shalat jamak. Adapun maksud Shalat jamak ituu jelas adalah mengumpulkan dua waktu shalat dalam satu waktu.

BACA JUGA :  Anggota sujud,  yang wajib menempel pada lantai dan

Mengumpulkan shalat itu adakalanya didahulukan, ada pula diakhirkan.

Maksud Jamak Taqdim

Adapun Maksud Jamak Taqdim itu artinya adalah mengumpulkan dua waktu didahulukan. Shalat Asar dikerjakan di waktu dzuhur itu namanya Jamak Taqdim. Demikian juga jika mengerjakan shalat ‘isya di waktu magrib.

Maksud Jamak Ta’khir

Adapun yang dimaksudkan dengan jamak ta’khir adalah mengumpulkan dua waktu diakhirkan. Shalat dzuhur dikerjakan pada waktu asar itu namanya jamak ta’khir. Demikian juga jika mengerjakan shalat magrib di waktu ‘isya.

Maksud Qashar

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan pada pembahasan yang lalu bahwa qashar adalah meringkas. Jadi asalnya empat rakaat diringkas menjadi dua rakaat. Adapun yang bisa shalat yang bisa diringkas iotu hanya shalat Dzuhur, ‘Ashar dan ‘Isya.

Maksud Jamak Qashar

Adapun yang dimaksud dengan Jamak Qashar itu adalah Mengumpulkan dua waktu sekaligus meringkas.

Menunaikan Shalat ‘Ashar hanya dua rakaat dan dikerjakan di waktu dzuhur itu namanya Qashar Jamak Taqdim.

Jika menunaikan shalat dzuhur dua rakaat dikerjakan pada waktu ‘asar setalah shalat ‘ashar, itu namanya Qashar Jamak Ta’khir.

Jamak Ta’khir ada perbedaan pendapat; Ada yang berpendapat harus tertib, ada juga yang berpendapat tidfak harus tertib. Tidak ada perbedaan dalam jamak taqdim.

Mengenai Jamak Ta’khir kami lebih memilih pada keterangan yang ada dalam Fathul-qorib.

Syarat Jamak dan Syarat Qashar

Sebagaimana yang sudah kami bahas sebelumnya, maka pada artikel yang ini kami tidak membahasnya. Jika antum ingin jelas syarat bolehnya jamak maka baca pada link ini. Shalat Jamak : (Mengumpulkan Dua Shalat Dalam Satu Waktu).  Dan bila antum ingin mengetahui secara jelas syarat bolehnya qashar maka antum klik saja pada link yang ini. Shalat Qashar : (Meringkas Yang Empat Rakaat Menjadi Dua Rakaat).

Niat Shalat Jamak Qashar

Niat itu tempatnya di hati tapi mengucapkan  niat itu hukumnya sunnah menurut dalam madzhab Syafi’i. Memposisikan niat itu bebbarengan dengan Takbirotul-Ihram. Untuk dapat menghadirkan niat di hati saat takbirotul-ihrom, maka ucapkanlah niat sebelum takbirotul-ihrom.

BACA JUGA :  Lima Waktu Yang Diharamkan : (Mengerjakan Shalat Di Dalamnya)

Mengucapkan niat sebelum takbirotul-ihrom sebaiknya dengan bahasa arab, tapi jika tidak mampu maka boleh dengan bahasa daerah.

Mengucapkan  niat sebelum Takbirotul-Ihrom bagi selain madzhab Syafi’i hukumnya: “Boleh”.

Pelaksanaan Qashar Jamak Taqdim

Jika kita di perjalanan atau dalam perantauan yang telah memenuhi syaratnya maka kita akan menunaikannya. Adapun Pelaksanaannya adalah mengqashar shalat dzuhur dulu kemudian setelah salam iqomah lagi untu Ashar.

Niat Shalat Qashar Dzuhur menjamak ‘Ashar.

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا مَجْمُوْعًا إِلَيْهِ الْعَصْرُ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (مَأْمُوْمًا / إِمَامًا)  لِلّٰهِ تَعَالى اللهُ أَكْبَرُ

Ushali Fardhodzuhri Rok’ataini Majmu’an Ilaihil-‘Ashru Mustaqbilal qiblati (Makmuman / Imaman) Lillha Ta’ala Allahu Akbar.

Artinya: Saya niat Shalat Dzuhur dua Rakaat secara ringkas digabungkan ‘Asharnya ke Dzuhur Menghadap Qiblat. (Jadi Imam / Jadi Makmum). Lillha Ta’ala Allahu Akbar.

Setalah Salam jangan jangan ada jeda yang lama, langsung iqomat lagi untuk menuanaikan ‘Ashar.

Niat Shalat Qashar ‘Ashar Jamak taqdim ke Dzhur.

أُصَلِّي فَرْضَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا مَجْمُوْعًا إِلَى الظُّهْرِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (مَأْمُوْمًا / إِمَامًا)  لِلّٰهِ تَعَالى اللهُ أَكْبَرُ

Ushali Fardhol-‘Ashri Rok’ataini Majmu’an Iladz-Dzuhri Mustaqbilal qiblati (Makmuman / Imaman) Lillha Ta’ala Allahu Akbar.

Artinya: Saya niat Shalat ‘Ashar dua Rakaat secara ringkas digabungkan ke Dzuhur Menghadap Qiblat. (Jadi Imam / Jadi Makmum). Lillha Ta’ala Allahu Akbar.

Niat Shalat Magrib Jamak taqdim ke ‘Isya.

أُصَلِّي فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مَجْمُوْعًا إِلَيْهِ الْعِشَاءُ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (مَأْمُوْمًا / إِمَامًا)  لِلّٰهِ تَعَالى اللهُ أَكْبَرُ

Ushali Fardhol-maghribi Tsalatsa Roka’atin Majmu’an Ilaihi-‘Isya-u Mustaqbilal qiblati (Makmuman / Imaman) Lillha Ta’ala Allahu Akbar.

Artinya: Saya niat Shalat magrib tiga Rakaat digabungkan ‘Isyanya ke Maghrib Menghadap Qiblat. (Jadi Imam / Jadi Makmum). Lillha Ta’ala Allahu Akbar.

Niat Shalat Qashar ‘Isya Jamak taqdim ke Maghrib.

أُصَلِّي فَرْضَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا مَجْمُوْعًا إِلَى الْمَغْرِبِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (مَأْمُوْمًا / إِمَامًا)  لِلّٰهِ تَعَالى اللهُ أَكْبَرُ

Ushali Fardhol-‘Isya-i Rok’ataini Majmu’an Ilal-Maghribi Mustaqbilal qiblati (Makmuman / Imaman) Lillha Ta’ala Allahu Akbar.

BACA JUGA :  Niat Shalat Jumat : Jadi Iamam, Makmum Dan Bacaannya.

Artinya: Saya niat Shalat ‘Isya dua Rakaat secara ringkas digabungkan ke Maghrib Menghadap Qiblat. (Jadi Imam / Jadi Makmum). Lillha Ta’ala Allahu Akbar.

Shalat Jamak Qashar (Mengumpulkan Pada Satu Waktu Dan Meringkas).jpg
Shalat Jamak Qashar (Mengumpulkan Pada Satu Waktu Dan Meringkas).jpg

Demikian Uraian kami tentang: Shalat Jamak Qashar : (Mengumpulkan Pada Satu Waktu Dan Meringkas) – Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Abaikan saja uraia kami ini jika pembaca tidak sependapat.Terima kasih atas kunjungannya. Wallahu A’lamu bish-showab.