Tugas Malaikat & Namanya yang harus diketahui (WAJIB)

2 min read

Tugas Malaikat serta Nama-namanya yang harus diketahui

Tugas Malaikat & Namanya yang harus diketahui (WAJIB) – Pada lembaran ini fiqih.co.id akan menyampaikan materi tentang nama dan tugas malaikat. Selain itu juga kita penting sekali mengetahui dan hapal nama-nama Malaikat yang sepuluh.

Tugas Malaikat & Namanya yang harus diketahui (WAJIB)

Nama dan tugas malaikat, Sebagai umat islam yang beriman tentunya sudah majadi perkara yang wajib untuk mengetahu nama Malaikat yang sepuluh. Setelah mengetahui nama-namanya, maka penting juga untuk mengetahui tugas-tugasnya.

Mukadimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ  بِسْمِ اللهِ وَاَلْحَمْدُ ِللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِالله، الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، سَيِّدِنَا وَنَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ اِبْنِ عَبْدِ الله، وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَبِهِ وَ مَنْ وَلَاهْ. أَمَّا بَعْدُ 

Segala puji bagi Allah. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah ke haribaan Nabi agung Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam.  Para pembaca yang kami banggakan mari kita langsung saja ke pokok permasalah kita mengenai Nama Malaikat sepuluh dan tugasanya.

Nama-nama Malaikat 10

Iman kepada Malaikat adalah rukun iman yang kedua. Jika kita sebagai umta islam tidak percaya adanya Malaikat maka batallah imannya. Oleh karenaitu ummat islam wajib mengimani adanya Malaikat, termasuk juga mengetahui nama-nama Malaikat terutama yang sepuluh.

BACA JUGA :  Sifat Wajib Bagi Allah : Pengertian, Arti dan Dalilnya

Minimal ada tiga cara beriman kepada Malaikat yaitu;

  1. Meyakini dan mengakui keberadaannya Malaikat, ia dalah makhluknya Allah Ta’ala.
  2. Mempercayai nama Malaikat yang sudah disebutkan Allah dalam Al-Qur’an dan disampaika nabi dalam Sunnahnya.
  3. Percaya terhadap tugas-tugasnya para Malaikat masing-masing yang telah Allah tugaskan kepadanya.

Adapun nama-nama Malaikat yang sepuluh itu ialah;

  1. Jibril.
  2. Mikail.
  3. Isrofil.
  4. Izrail.
  5. Munkar.
  6. Nakir.
  7. Raqib.
  8. Atid.
  9. Malik.
  10. Ridwan.

Tugas-tugasnya Malaikat 10

Selain dari hafalnya dengan nama Maliakat yang sepuluh, tak kalah pentinya juga kita ajarkan Materi ini kepada anak-anak kita mengenai tugas-tugasnya Malaikat tersebut.

Adpaun tugas-tugasnya para Malaikat tersebut ialah sebagai berikut;

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril disebut juga dengan sebutan Ruhul Amin. Jibril adalah pemimpinnya para malaikat. Ia bertugas menyampaikan wahyu dan mengajarkannya kepada Nabi dan Rasul.

Yang menyampaikan Al-quran kepada Nabi Muhammad adalah Malaikat Jibril. Ketika Nabi Muhammad Isra dan Mi’raj jiga dikawal oleh Malaikat Jibril.

2. Malaikat Mikail

Mikail itu tugasnya mengirimkan rezeki dari Allah Ta’ala kepada manusia. Malaikat Mikail ini juga mengatur rezeki kepada makhluk-makhluk Allah yang lainnya, semisal tumbuh-tumbuhan dan hewan, dan hujan juga diatur oleh Malaikata Mikail.

3. Malaikat Isrofil

Tugas malaikat israfil adalah

Adapun tugas Malaikat Isrofil itu ialah meniup sangkakala di hari qiyamat. Untuk tiupan yang pertama ialah pertanda tibanya hari qiyamat. Kemudian Tiupan yang kedua ialah tiupan hari kebangkitan.

4. Malaikat Izroil

Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk Allah Ta’ala. Izroil ini disebut jugadengan sebutan malaikat malakul-maut.

Apabila Malaikat Izrail mencabut nyawa orang beriman maka dia memperlakukannya dengan lembut. Namun apabila ia mencabut naywanya orang kafir maka dia akan meperlakukannya dengan kasar kesulitan dan rasa sakit.

BACA JUGA :  Rukun Islam, Dalil hadits, Fiqih dan Penjelasannya

5. Malaikat Munkar

Munkar ia bertugas menjaga alam kubur dan menanyakan beberapa pertanyaan  kepada ruh manusia yang telah meninggal dunia.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir tugasnya sama dengan Munkar, yaitu bertanya di alam kubur. Kedua Malaikat Munkar dan Nakir tersebut akan bertanya tentang pokok permasalahan, misalnya;

Man Robbuka? (Siapa Tuhanmu?). Wa maa diinuka?, (Apa Agamamu?). Wa man Nabiyyuka?, (Siapa Nabimu?). Wa maa Kitabuka?, (Apa Kitabmu?). dan selanjutnya ialah;

Tugas malaikat raqib dan atid

Adapun tugas Rokib dan Atid secara ringkas ialah sabagai berikut pada noomor tujuh dan delapan.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib bertugas menuliskan amal baik manusia. Jadi apabila Manusia tersebut memiliki banyak amal sholihnya disbanding dengan amal jeleknya, maka ia akan masuk surga di hari pembalasan nanti.

8. Malaikat Atid

Adpun Malaikat Atid ia bertugas mencatat amal buruk. Jadi apabila Manusia mempunyai catatan amal keburukannya lebih banya dari pada amal sholihnya, maka ia akan masuk neraka.

9. Malaikat Malik

Malik ditugaskan menjaga pintu neraka. Malik ini dikatakan ia memiliki wujud yang sangar dan serem, bahkan api neraka pun takut kepada Malaikat Malik.

10. Malaikat Ridwan

Ridwan ditugaskn menjaga serta mengawasi surga dan menyambut seluruh hamba-hamba Allah yang mukmin agar masuk ke dalam surga.

Itula penjabaran tentang tugas-tuganya Malaikat yang sepuluh.

Ringkasan Tugas Malaikat 10

  1. Jibril, bertugas menyampaikan wahyu Allah kepada para nabi dan rosul.
  2. Mikail, bertugas memberi rezeki bagi setiap manusia.
  3. Isrofil, ditugaskan meniup sangkakala pada hari akhir.
  4. Izrail, ditugaskan sebagai pencabut nyawa.
  5. Munkar tugasnya bertanya kepada manusia di akhirat nanti.
  6. Nakir, tugasnya memeriksa amal perbuatan manusia ketika orang tersebut hidup di dunia.
  7. Raqib, mempunyai tugas mencatat segala amal baik.
  8. Atid, mempunyai tugas mencatat segala perbuatan buruk.
  9. Malaikat Malik, menjaga pintu neraka.
  10. Dan Malaikat Ridwan, menjaga pintu surga.
BACA JUGA :  Rukun Iman, Arti, Dalil hadits, Fiqih dan Penjelasannya

 

"<yoastmark

Demikian Uraian Materi tentang; Tugas Malaikat & Namanya yang harus diketahui (WAJIB) – Semoga materi ini bermanfaat buat para pelajar. Juga tak kalah pentingnya buat anak-anak kita di rumah masing-masing.

Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf bila terdapat salah atau khilaf. Abaikan saja uraian ini jika pembaca merasa tidak cocok. Wallahul-Muwaffiq.