Niat Ihrom Umrah ; Yaitu Niat Umrah dari Miqat

Diposting pada

Niat Ihrom Umrah ; Yaitu Niat Umrah dari Miqat Prihal ini penting sekali kita pelajari dan fahami, karena ada yg istirath da nada pula yang tidak. Pada Artikel ini fiqih.co.id  akan menuliskan secera rigkas Sesuai Kutipannya. Dan Ini Kami kutip dari beberapa pan fiqih haji.

Niat Ihrom Umrah ; Yaitu Niat Umrah dari Miqat

Seperti  yang akan kita bahas pada halaman ini yaitu mengenai niat ihrom umrah yang biasa dilafaszkan. Niat di sini adalah merupakan rukun, dan tidak bisa diganti dengan dam apapun. Namu ada juga hal yang tidak kalah pentingnya mengenai niat ihram istirath.

Niat Ihrom Umrah

Kami yakin bahwa semua calon jamaah umrah, tentu sudah sangat faham sekali bahwa niat adalah rukun. Maka sudah pasti apbila niat tersebut ditingalkan tentu saja umrahnya tidak sah.

Pada kesempatan ini kami aka sampaikan mengenai lafdz niat ihram umrah. Demikina juga akan kami sampaikan niat ihram umrah itirath.

Lafadz Niat Ihram Umrah

Lafadz Niatnya ini sedikitnya ada dua maca ucapan yaitu sebagai berikut;

لَبَيْكَ اللَّهُمَّ عُمْرَةً

Labbayka Allohumma ‘umrotan.

Artinya: Aku sambut panggilanMu Ya Allah untuk ber umroh.

Lafadz tersebut ialah lafadz yang palin pendek. Ada juga yang sedikit aga panjang yaitu:

نَوَيْتُ العُمْرَةَ وَأَحْرَمْتُ بِهَا لِلهِ تَعَالَى لَبَيْكَ اللَّهُمَّ عُمْرَةً

Nawaitul ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala labbaika Allahumma ‘umratan.

Artinya: “Aku niat melaksanakan umrah dan berihram karena Allah Swt. Aku sambut panggilan-Mu, ya Allah untuk berumrah”

Kemudian dilanjutkan dengan Talbiyah, sholawat dan doa;

Talbiyah

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ

Labbayka Allohuma Labbayk  Labbayka la-syari kalaka labbayk, inal-hamda wanni’mata laka walmulk la-syarikalak.

Artinya: Aku datang memenuhi panggilanMu Ya Allah, Aku datang memenuhi panggilanMu, Aku datang memenuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, Aku datang memenuhi panggilanMu, sesungguhnya puji, ni’mat dan segenam kekuasaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu.

Sholawat dan Doa

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اللَّهُمَّ إنِّيْ أسْئَلُكَ رِضَاكَ  وَالْجَنَّةَ  وَأعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ رَبَّنَا ءَاتِنَافِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma sholi ‘ala sayidina Muhammad wa’ala ali sayidina Muhammad, Allohumma iniy as-aluka ridhoka waljannata wana’udzubika min sakhotika wanar Robbana atina fidunia hasanah wafil-akhiroti hasanata waqina ‘adzabannar.

Artinya:Ya Allah berikan rahmat dan keselamatan atas penghulu kami Nabi Muhamad dan atas keluarganya. Ya Allah sesungguhnya aku bermohon kepadaMu keridhoanMu dan surga. Dan aku berlindung padaMu daripada murkaMu dan siksa neraka.  Wahai Tuhan kami brilah kami kebaikkan di dunia dan kebaikkan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.

Doa Ihrom

اللَّهُمَّ اِنِّيْ اُحَرِّمُ نَفْسِيْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ  عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِيْ يَاأرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allohumma ini uharimu nafsiy mingkuli ma haromta ‘alalmuhrimi farhamniy ya-arhamar rohimiyn.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diriku dari segala yang Engkau haramkan kepada orang yang ber ihrom karena itu rahmatilah aku ya Allah yang maha pemberi rahmat.

Lengkapnya Niat Ihrom

لَبَيْكَ اللَّهُمَّ عُمْرَةً، لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اللَّهُمَّ إنِّيْ أسْئَلُكَ رِضَاكَ  وَالْجَنَّةَ  وَأعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ رَبَّنَا ءَاتِنَافِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، اللَّهُمَّ اِنِّيْ اُحَرِّمُ نَفْسِيْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ  عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِيْ يَاأرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Kemudian dilanjutkan dengan bacaan Talbiyah

Selanjutnya kita bahas Ihrom Isytirath

Ihrom Isytirath

Apa itu ihram isytirath? Begini penjelasannya;

Ihram isytirat yaitu ihram yang disertai dengan syarat akan membatalkan ihram haji atau umrahnya, ketika terhalang oleh suatu masyaqqah atau kesulitan.

Lengkapnya klik pada link ini: Niat Ihrom Isytirath

Niat Ihrom Umrah
Niat Ihrom Umrah

Demikian Materi tentang ; Niat Ihrom Umrah ; Yaitu Niat Umrah dari Miqat semoga saja materi yang sesingkat ini dapat difahami oleh para pembaca. Mohon abaikan saja bila dalam materi tersebut tidak sefaham dengan para pembaca. Terimaksih kami ucapka atas kunjungannya.