Haji Ifrad, Dikatakan Ihram Demikan Yaitu Haji Dulu Kemudian Umrah

Diposting pada

Haji Ifrad, Dikatakan Ihram Demikan Yaitu Haji Dulu Kemudian Umrah – Assalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh. Dhuyufullah, Para Tamu Allah yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pada bagian ini fiqih.co.id akan menyampaikan Materi mengenai Haji Ifrad atau dikatakan dengan Ihram Ifrad.

Dalam Materi ini kami sampaikan secara singkat dan ringkas. In Syaa Allah masih tetap bersambung ke materi berikutnya seputar ibadah haji yang kami dianggap penting utnuk dipelajari. Oleh karena itu tetap  berharap kiranya semangat membaca semua artikel yang berhubungan dengan urusan ibadah haji ini.

Haji Ifrad, Dikatakan Ihram Demikan Yaitu Haji Dulu Kemudian Umrah

Haji Ifrad ini adalah cara pelaksanaan hajinya dikerjakan terlebih dahulu. Setelah Haji selesai lalu kemudian menunaikan umrah masih di posisi tahun itu juga. Yang dimaksud dengan menunaikan umrah pada tahun tersebut artinya umrahnya masih pada musim haji tahun berjalan.

Cara pelaksanaan ibadah haji ifrad ini merupakan salah satu dari tiga cara pelaksanaan ibadah haji yang telah disepakati dan tidak ada khilaf. Jika seseorang mau menunaikan hajinya dengan cara ihram Ifrad maka wajib mendahulukan ihram haji.

Untuk lebih jelasnya terkait cara haji ifrad secara ringkas dan singkat akan kami terangkan di bawah ini. Silahkan antum baca semoga membatu.

Haji Ifrad

Gambaran Haji Ifrad sebagaiman diterangkan secara singkat dalam salah satu fiqih sebagai adalah sebagai berikut;

وَصُوْرَةُ الْإِفْرَادِ أَنْ يُحْرِمَ بِالْحَجِّ وَحْدَهُ، وَيَفْرُغُ مِنْهُ ثُمَّ يُحْرِمُ بِالْعُمْرَةِ، ثُمَّ شَرْطُ كَوْنِ الْإِفْرَدِ أَفْضَلُ مِنْهُمَا أَنْ يَعْتَمِرَ فِيْ تِلْكَ السَّنَةِ

Artinya; Gambaran Ihram Ifrad itu begini ; Hendaknya orang itu berihram haji dulu, kemudian setelah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan haji lalu ia berihram Umrah pula. Kemudian, syarat adanya ihram Ifrad lebih afdhal daripada Tamattuk dan Qiran, orang itu harus melakukan ibadah Umrah pada tahun itu juga.

Keutamaan Haji Ifrad

Jika antum menunaikan hajinya dengan cara ihram ifrad yakni mengerjakan haji dulu, setelah itu baru antum menunaikan umrah yang waktunya masih pada bulan dzul hijjah tahun itu, mka haji ifradnya itu lebih utama ketimbang haji tamttu atau haji qiran.

Akan tetapi jika antum menunaikan umrahnya sudah melewati dari bulan dzul hijjah tahun itu maka haji ifradnya tidak mendaptkan keutamaan.

Jadi intinya pelaksanaan haji ifrad ini lebh afdhol ketimbang haji tamattu atau haji qiran dengan catatan; setelah selelsai hajinya maka langsung menunaikan ihram umarh pada tahun itu juga yakni sebalum tanggal satu maharam.

Makruh Mengakhirkan Umarh

Dalam pelaksanaan haji ifrad itu dimakruhkan jika umrahnya dilaksanakan setelah tanggal satu bulan muharram tahun berikutnya.

Diterangkan dalam salah satu fiqih haji sebagai berikut;

فَلَوْ أَخَّرَ الْعُمْرَةَ عَنْ سَنَتِهِ فَكُلُّ مِنَ التَّمَتُّعِ وَالْقِرَانِ أَفْضَلُ مِنَ الْإِفْرَادِ لِأَنَّ تَأْخِرَ الْعُمْرَةِ عَنْ سَنَةِ الْحَجِّ مَكْرُوْهٌ

Artinya; Jadi andaikata orang itu menunda Umrahnya dari tahun itu, Tamattu dan Qiran adalah lebih utama daripada Ifrad. Sebab mengakhirkan Umrah dari tahun hajinya hukumnya makruh.

Dari keterangan tersebut bisa difahami bahwa bulan dzul hijjah itu bergandengan dengan bulan muhrram.

Dzulhijjah adalah akhir tahun dari pemanggalan hijriyah, sedangkan Muharram adalah awal tahun dari tahun hijriyah. Maka jika yang bersangkutan menunaikan umrah pada tanggal satu muharram, itu artinya dia sudah mengakhirkan umarahnya.

Jadi apabila yang menunaikan ihram dengan cara seperti tersebut dan kemudian tidak langsung dengan menunaikan umrahnya pada bulan dzul-hijjah tahun berjalan, maka yang lebih utama adalah tetap haji tamattu dan haji qiran.

Dalam pelaksanaan ihram ifrad ini tidak dikenakan Dam Nusuk. Dan untuk mengetahui macam-macam Dam nusuk in syaa Allah akan kami tulis di bagian yang lain dalam kategori haji.

Pentup

Para pembaca yang budiman dan baik hati, dengan uraian yang sangat singkat ini barangkali kurang begitu membantu. Oleh karenanya kepada semua jamaah calaon haji, terurtama yang akan melaksanakan dengan cara ihram ifrad mestinya banyak belajar dan bertanya kepada ahlinya supaya hajinya afdhol dan mabrur serta mabruroh Aamiin.

Kami mengimbau juga kepada semua jamaah calon haji kiranya dapat mengikuti manasik haji yang dibimbing oleh para pembimbing haji profesional bersertifikat. Puncak haji adalah kumpul di arafah baca pad link in; Wuquf di Arafah

"<yoastmark

Demikian ringkasan materi yang dapat kami sampaikan mengenai; Haji Ifrad, Dikatakan Ihram Demikan Yaitu Haji Dulu Kemudian Umrah – mudah mudahan materi ini sedikit membantu dapat bermanfaat. Mohon bagi jamaah yang tidak suka dengan materi ini untuk diabaikan saja. Kami menuliskan materi ini hanya buat saudara kami yang memang betul betul memerlukan saja. Materi ini juga bisa dijdaikan sebagai bahan Pemateri Manasik haji bagian fiqih haji. Terimakasih atas kinjungannya. Wallahul muwaffiq ila aqwamith thoriq.