Penyembelihan Qurban : Tata Cara Dan Doannya Dari Nabi

2 min read

Penyembelihan Qurban Tata Cara Dan Doannya Dari Nabi.jpg

Penyembelihan Qurban : Tata Cara Dan Doannya Dari Nabi – Dalam Penyembelihan Qurban tentunya harus sesuai Tuntunan. Maka dalam hala ini kami Fiqih.co.id akan menerangkannya.

Penyembelihan Qurban : Tata Cara Dan Doannya Dari Nabi

Dalam Tata cara Penyembelihan Qurban yang baik semestinya ada bacaa Takbir dan doa. Selain itu pula hewan qurban mestinya dihadapkan kea rah kiblat. Keterangan secar rinci kami tulis di bawah ini.

Mukadimah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ  وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ

Puji dan syuku senan tiasa kita panjatkan ke hadhirat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semoga shalawat dan salam-Nya tetap tercurah ka haribaan nabi agung Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Pembaca yang kami banggakan, mengenai proses penyembelihan hewan qurban mari kit baca uaraiannya berikut ini:.

Penyembelihan Qurban

Sudah bukan hal yang gharib (Yakni asing) bagi kita ummat islam mengenai qurban. Berqurban bisa dengan kambing yang jenisnya banyak sekali. Semua jenis kambing boleh buat qurban asal sudah mememnuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Demikian juga dengan hewan sapi.

Namun bila dalam penyembelihan hewan quraban tersebut tidak sesuai syar’i maka tentunya sembelihan tersebut tidak sah. Maka sabiknya sebelum kita melakukan penyembelihan siapkan terlebih dahulu segala peralatan yang dibutuhkan.

BACA JUGA :  Hukum Pinjam Uang di Bank; Dalam Islam Ada Beberapa Pandangan

Tata Cara Penyembelihan Qurban

  1. Seperti yang sudah kami sampaikan uraiannnya pada artikel sebelumnya, bahwa : Sunnah Penyembelihan Qurban, maka pada pembahasan yang ini kami sampiakan sesuai dari keterangan yang dimuat pada tema tersebut.
  2. Binatang Qurban seyogianya tidak diikat ketika akan disembelih supaya dia leluasa saat melepaskan ruhnya.
  3. Namun dalam keadaan tertentu karena terpaksa, maka tidak masalah binatang qurban tersebut diikat ketika mau disembelih.
  4. Binatang Qurban baik sapi, unta maupun kambing sebaiknya dihadapkan kea kiblat pada waktu penyembelihan.
  5. Upayakan dengan sebaik-baiknya agar alat tajam seperti piasau atau yang lainnya untuk memotong hewan tersebut harus setajam mungkin.
  6. Penyembelihan yang paling baik adalah satu kali sayatan yang dapat memutuskan krongkongan dan urat saluran nafas. Akan tetapi jika terpaksa karena m,emang kita belum terlatih maka tidak mengapa seperti yang sudah berjalan selama ini, yang terpenting harus putus apa yang wajib diputuskan dalam syarat sahnya menyembelih sebelum alat penyembelih tersebut diangkat.
  7. Membaca Takbir.
  8. Membaca Doa
  9. Niat dan baca Basmallah

Bacaan Takbir Tulisan Arabic

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ

Tulisan Indonesia

Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd.

Artinya: “Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah”.

Bacaan Takbir Yang Panjang Tulisan Arabic

Dalam Penyembelihan Qurban maka disunnahkan membaca Takbir sebagai berikut:

اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ ـ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ ـ اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

اَللَّهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً ـ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَلاَنَعْبُدُ اَلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَبِدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ . اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

Takbir Panjang Tulisan Indonesia

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar walillaahil-hamd.

BACA JUGA :  Shalat Sunnah Fajar, Tata Cara Dan Yang Dilakukan Setelahnya

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wasubhaanallaahi bukrataw-wa ashillaa.

Laa-ilaaha illallallahu walaa na’budu illaa iyyaahu Mukhlishiina lahuddiin Walau karihal-kaafiruun Walau karihal munafiqun Walau karihal musyrikun.

 Laa-ilaaha-illallaahu wahdah, shadaqa wa’dah, wanashara ‘abdah, wa a’azza jundah, wahazamal-ahzaaba wahdah.

Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar walillaahil-hamd.

Makna Takbir tersebut dalam bahasa indonesia

Artinya : Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar. Tidak ada Tuhan  melainkan Allah dan Allah Mahabesar.

Allah Mahabesar dan segala puji hanya bagi Allah.

Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar. Allah maha besar dengan segala kebesaran, Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya.

Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore. Tiada Tuhan kecuali Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya.

Tidak ada Tuhan selain Allah dengan ke Esaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan ke Esaan-Nya. Tidak ada Tuhan selain Allah, Allah maha besar.  Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.

Basmalah, Shalawat dan Doa Qurban Ringkas Arabic

Penyembelihan Qurban Sunnah baca Basmallah dan sholawat

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ فَتَقَبَّلَ مِنْ ……. بن / بنت …….. سبوتكن نما أوراڠ يڠ فوۑا قُرْبَنْ، والحمد لله رب العالمين

Basmalah, Shalawat dan Doa Qurban Ringkas Indonesia

Bismillaahiwallaahir-rohmanir-rohiim. Allahumma sholli wasallim ‘ala sayidina Muhammad. Allahumma Hadzihi mingka wa ilaika fatqobbal min …… bin/binti……. (Sebutkan Nama orang yang berqurban), wlahamdulillahi robbil-‘alamin.

Niat Menyembelih Qurban Arabic

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذَا الْمَعْزَ / الْغَنَمَ أًضْحِيَةَ ……. بن / بنت …….. سبوتكن نما أوراڠ يڠ فوۑا قُرْبَنْ أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Niat Menyembelih Qurban Indonesia

A’udzu billahi minasy-syaithonir rojiym. Nawaitu An Adzbaha Hadzal- Ma’za / ghoanama, Udhhiyata …… bin/binti……. (Sebutkan Nama orang yang berqurban)  Ay-yaqtho’a khulquma wal mari-a Fardhol-lillahi T’a’ala, Allahu-Akbar – Allahu-Akbar – Allahu-Akbar – Allahu-Akbar Bismilahir rohmanir rohim.

BACA JUGA :  Doa Panjang Umur, Sehat badan, Terang Hati, Tetap iman & Banyak rezeki

Makna dalam bahasa indonesia

Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Aku niat Menyembelih Kambing ini / Domba ini Qurbannya ………. Bin / binti …… (Sebutkan Nama orang yang berqurban) untuk memutskan tenggorokan dan kerongkongannya fardhu karena Allah Ta’ala.

Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

"<yoastmark

Demikian ulasan tentang Penyembelihan Qurban : Tata Cara Dan Doannya Dari Nabi Semoga Uraian Penyembelihan Qurban ini bermanfaat bagi yang sependapat. Mohon Abaikan saja uraian kami ini, jika pembaca tidak sependapat. Terimakasih atas kunjungannya. Yang baikdan benar dari Allah dan yang salah mutlak dari pribadi saya. Wallahu A’lamu bish-showab.

Doa Khatam Al-Quran, Arab, Indomesia dan Terjemahannya

Rate this post Doa Khatam Al-Quran, Arab, Indomesia dan Terjemahannya – Pada halaman ini fiqih.co.id akan menuliskan tentang Doa Khatam Al-Quran. Di dalam penulisan...
admin
4 min read

Doa Setelah Khatam Al-Quran Praktis tinggal baca Arab dan…

Rate this post Doa Setelah Khatam Al-Quran Praktis tinggal baca Arab dan Indonesianya – Para Pembaca Rahimakumullah, di halaman yang ini fiqih.co.id akan menulis...
admin
4 min read